Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALUYSIUS PANDU SAPUTRA, 4101404559 KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALUYSIUS PANDU SAPUTRA, 4101404559 KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN."— Transcript presentasi:

1 ALUYSIUS PANDU SAPUTRA, KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ALUYSIUS PANDU SAPUTRA - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - alpandu_mat pada domain ymail.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Nurkaromah D., M. Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Wardono, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009

4 Abstrak Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di SMP Negeri 26 Kota Semarang, sebagian besar siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang mengalami kesulitan pada mata pelajaran matematika. Saat siswa dihadapkan dengan bentuk aljabar yang memuat variabel, banyak dari siswa mengalami kesulitan. Mengingat hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang masih kurang dalam materi pokok persamaan linear satu variabel, maka diperlukan langkah-langkah yang dapat mempermudah pemahaman dan penyelesaian masalah matematika. Pembelajaran dengan suasana belajar aktif yang memberikan kesempatan siswa untuk memperoleh pemahaman sendiri, dapat diterapkan dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI pada materi pokok persamaan linear satu variabel efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 275 siswa yang terbagi dalam 7 (tujuh) kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Terpilih sampel penelitian, yaitu siswa VII G sebagai kelas eksperimen dan siswa VII F sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas VII D. Hasil penelitian berdasarkan uji t dua sampel, diperoleh thitung = 1,73 > ttabel = 1,673 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H 0 ditolak. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 72,51 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 67,15. Kedua kelas mempunyai rata-rata > 65, dan rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini berarti pembelajaran dengan pendekatan PMRI efektif terhadap hasil belajar. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan PMRI efektif terhadap hasil hasil belajar pada meteri pokok persamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kota Semarang. Disarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan kreatifitas dalam pembuatan soal, yaitu lebih mengaitkan masalah pada soal dengan kegiatan sehari-hari dan membimbing siswa untuk lebih mandiri dalam menyelesaikan soal sehingga keaktifan siswa dapat lebih ditingkatkan.

5 Kata Kunci Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

6 Referensi Anni, Catharina Tri Psikologi Belajar. Semarang: MKK UNNES. Anonim Matematika SMP kelas VII. Semarang: Pemerintah Kota Semarang. Arikunto, S Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Cunayah, Cucun Kompetensi Matematika untuk SMP/MTs. Kelas VII Semester 1 dan 2. Bandung: Yrama Widya. Darsono, Max Belajar dan Pembelajaran. Semarang: MKK UNNES. Hudojo, Herman Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikjen Dikti P2LPTK Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang. Prayogi, Ade Candra Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Matematika. Di download dari Andre Candra Prayogi’s Blog, pada tanggal 21 September Poerwadarminta, W.J.S Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Purwanto, Drs. M. Ngalim Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remadja Karya CV. Sudijono, Prof. Drs. Anas Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sudjana Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugandi, Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press. Suharta, Putu Gusti I Matematika Realistik: Apa dan Bagaimana?. (diakses dan didownload tanggal 20 September 2008). Suherman, H. Erman Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI. Sujono Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud Dikjen Dikti P2LPTK. Surapranata, Sumarna Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Rosda Widiharto, Rachmadi Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. (didownload tanggal 18 Oktober 2008). Zulkardi Makalah RME. Bandung: Jurusan Matematika UPI Bandung. Didownload dari tanggal 18 Oktober 2008.

7 Terima Kasih


Download ppt "ALUYSIUS PANDU SAPUTRA, 4101404559 KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERSAMAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google