Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIM 201 SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN MEMILIKI POTENSI UNTUK MEMPERLUAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MANAJER MELEBIHI KEMAMPUAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIM 201 SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN MEMILIKI POTENSI UNTUK MEMPERLUAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MANAJER MELEBIHI KEMAMPUAN."— Transcript presentasi:

1 SIM 201 SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN MEMILIKI POTENSI UNTUK MEMPERLUAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MANAJER MELEBIHI KEMAMPUAN NORMALNYA.

2 SIM 202 KECERDASAN BUATAN (AI) ADALAH KEGIATAN MEMBERIKAN PADA MESIN SEPERTI KOMPUTER KEMAMPUAN UNTUK MENAMPILKAN PERILAKU YANG DIANGGAP CERDAS JIKA ITU DIAMATI PADA MANUSIA. AI MERUPAKAN APLIKASI KOMPUTER TERCANGGIH, YANG MENCOBA MENYERUPAI BEBERAPA JENIS PENALARAN MANUSIA.

3 SIM 203 AI DITERAPKAN DI BIDANG BISNIS DALAM BENTUK SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN YANG MENGGUNAKAN PENGETAHUAN MANUSIA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH. JENIS SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN PALING POPULER ADALAH SISTEM PAKAR.

4 SIM 204 SISTEM PAKAR ADALAH PROGRAM KOMPUTER YANG MENCOBA UNTUK MEWAKILI PENGETAHUAN DARI MANUSIA DALAM BENTUK HEURISTIC. HEURISTIC MERUPAKAN SUATU ATURAN PRAKTIS ATAU ATURAN DUGAAN YANG BAIK.

5 SIM 205 DAYA TARIK SISTEM PAKAR KONSEP SISTEM PAKAR DIDASARKAN PADA ASUMSI BAHWA PENGETAHUAN PAKAR DAPAT DITANGKAP DALAM PENYIMPANAN KOMPUTER DAN KEMUDIAN DITERAPKAN OLEH ORANG LAIN SAAT DIBUTUHKAN.

6 SIM 206 PERBEDAAN ANTARA SISTEM PAKAR DAN DSS ADALAH KEMAMPUAN SISTEM PAKAR UNTUK MENJELASKAN ALUR PENALARANNYA DALAM MENCAPAI SUATU PEMECAHAN TERTENTU. SANGAT SERING, PENJELASAN MENGENAI CARA PEMECAHAN DIPEROLEH LEBIH BERHARGA DARI PEMECAHAN ITU SENDIRI.

7 SIM 207 MODEL SISTEM PAKAR TERDIRI : 1. USER INTERFACE MEMUNGKINKAN PEMAKAI UNTUK BERINTERAKSI DENGAN SISTEM PAKAR. 2. KNOWLEDGE BASE MENYIMPAN AKUMULASI PENGETAHUAN DARI MASALAH TERTENTU YANG AKAN DISELESAIKAN.

8 SIM INFERENCE ENGINE MENYEDIAKAN KEMAMPUAN PENALARAN YANG MENAFSIRKAN ISI KNOWLEDGE BASE. 4. DEVELOPMENT ENGINE PAKAR DAN ANALIS SISTEM MENGGUNAKAN DEVELOPMENT ENGINE UNTUK MENCIPTAKAN SISTEM PAKAR.

9 Cara Kerja Sistem Pakar Pengetahuan (knowledge) dalam sistem pakar diwakili oleh aturan- aturan (rules). Aturan satu dengan yang lain dihubungkan membentuk diagram pohon, dan sistem pakar akan memproses ini. Komponen SP yang memproses adalah Inference engine. Ada 2 cara Inference engine memproses aturan yaitu dengan cara forward reasoning (forward chaining) yaitu aturan-aturan diperiksa satu persatu urut mulai dari muka (forward). Setiap aturan (rule) yang diperiksa, inference engine akan mengevaluasi apakah aturan ini berkondisi benar atau salah, dan backward reasoning (backward chaining/reverse reasoning), inference engine akan menganggap aturan sebagai suatu masalah atau hipotesis yang akan diselesaikan permasalahannya. Inference engine memeriksa aturan mulai dari aturan-aturan terakhir yang memberikan hasil. SIM 209

10 10 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN SISTEM PAKAR : KEUNTUNGAN SISTEM PAKAR BAGI MANAJER : 1. MEMPERTIMBANGKAN LEBIH BANYAK ALTERNATIF. SISTEM PAKAR MEMUNGKINKAN MANAJER UNTUK MEMPERTIMBANGKAN LEBIH BANYAK ALTERNATIF DALAM PROSES MEMECAHKAN MASALAH.

11 SIM 2011 CONTOH : MANAJER KEUANGAN YANG BIASANYA HANYA MAMPU MENELUSURI KINERJA TIGA PULUH SAHAM DENGAN BANTUAN SISTEM PAKAR DAPAT MENELUSURI KINERJA 300 SAHAM PADA PERUSAHAANNYA.

12 SIM MENERAPKAN LOGIKA YANG LEBIH TINGGI. MANAJER YANG MENGGUNAKAN SISTEM PAKAR DAPAT MENERAPKAN LOGIKA YANG SAMA SEPERTI SEORANG PAKAR YANG SANGAT AHLI DIBIDANGNYA. 3. MENYEDIAKAN LEBIH BANYAK WAKTU UNTUK MENGEVALUASI HASIL KEPUTUSAN. MANAJER DAPAT MEMPEROLEH NASIHAT DARI SISTEM PAKAR.

13 SIM MEMBUAT KEPUTUSAN LEBIH KONSISTEN. KOMPUTER TIDAK MERASAKAN HARI BAIK ATAU HARI BURUK SEPERTI MANAJER MANUSIA. SETELAH PENALARAN DIPROGRAM DALAM KOMPUTER, MANAJER TAHU BAHWA PROSES SOUSI YANG SAM AKAN DIIKUTI UNTUK TIAP MASALAH.

14 SIM 2014 KEUNTUNGAN SISTEM PAKAR BAGI PERUSAHAAN : 1. KINERJA PERUSAHAAN LEBIH BAIK. KARENA MANAJER PERUSAHAAN MEMILIKI KEMAMPUAN YANG LEBIH LUAS DALAM MEMCAHKAN MAALAH MELALUI PENGGUNAAN SISTEM PAKAR, MEKANISME PENGENDALIAN PERUSAHAAN MENINGKAT. PERUSAHAAN LEBIH MAMPU MEMENUHI TUJUANNYA.

15 SIM MEPERTAHANKAN PENGENDALIAN ATAS PENGETAHUAN PERUSAHAAN. SISTEM PAKAR MEMBERIKAN KESEMPATAN UNTUK MEMBUAT PENGETAHUAN PEGAWAI YANG BERPENGALAMAN TERSEDIA UNTUK PEGAWAI YANG BARU DAN KURANG BERPENGALAMAN SERTA MENYIMPAN PENGETAHUAN ITU DALAM PERUSAHAAN.

16 SIM 2016 KERUGIAN SISTEM PAKAR BAGI PERUSAHAAN DUA KARAKTERISTIK SISTEM PAKAR MEMBATASI KEMAMPUANNYA SEBAGAI ALAT PEMECAH MASALAH BISNIS. 1. SISTEM PAKAR TIDAK MENANGANI MASALAH YANG TIDAK KONSISTEN. 2. SISTEM PAKAR TIDAK DAPAT MENERAPKAN PENILAIAN PADA PEMECAHAN MASALAH SEMI- TERSTRUKTUR ATAU TIDAK TERSTRUKTUR.

17 Aplikasi-aplikasi Sistem Pakar di Bisnis 1. Keputusan Manajemen (Analisis pinjaman, Evaluasi kinerja perusahaan) 2. Diagnostik (Analisis varian, Diagnostik program perangkat lunak) 3. Penjadwalan (penjadwalan produksi, penjadwalan proyek) 4. Konfigurasi (Konfigurasi komputer yang diinginkan, konfigurasi susunan pabrik) 5. Pemilihan (pemilihan materi bahan mentah, pemilihan mesin) 6. Pengendalian (pengendalian mesin produksi, pengendalian sediaan) 7. Internal audit (pemriksaan kas, pemeriksaan piutang dagang) 8. Pajak (pengisian SPT) SIM 2017

18 Pengembangan Sistem Pakar 1. Studi Awal => bertujuan untuk mempelajari domain dari permasalahan dan kelayakan apakah dapat dibuatkan sistem pakarnya atau tidak. Dilakukan oleh analis sistem 2. Pemilihan perangkat lunak => menentukan perangkat lunak sistem pakar yg akan digunakan, apakah akan membangun sendiri inference engine atau menggunakan ES shell. Dilakukan oleh analis sistem bersama pemakai sistem. 3. Pemilihan pakar => untuk diambil pengetahuannya, dilakukan oleh analis sistem bersama dengan pemakai sistem. 4. Pengambilan pengetahuan => mengumpulkan dokumen-dokumen yang ada dan mewawancarai pakar yang akan diambil pengetahuannya, dilakukan oleh analis sistem bersama knowledge engineer. SIM 2018

19 Membangun sistem pakar => melibatkan ke empat pihak dengan langkah-langkah: mengidentifikasi sasaran (goal), mengidentifikasi atribut item-item dan nilai-nilainya, menderivasi aturan-aturan, dan membuat prototip. 6. Menguji sistem => melibatkan analis sitem, pakar (untuk memberikan komentar apakah sdh sesuai dgn pengetahuan yang diambil darinya) dan pemakai sistem. 7. Mengimplementasikan sistem => sistem pakar yang sdh diuji dan diterima kemudian diimplementasikan, yang terlibat analis sistem dan pemakai sistem 8. Mengoperasikan sistem =>Pemakai sistem kemudian mengoperasikan sistem pakar ini 9. Merawat sistem => Sistem pakar perlu dirawat dan dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan perkembangannya. Yang terlibat dalam tahap ini adalah analis sistem, pemakai sistem dan pakar. SIM 2019 Pengembangan Sistem Pakar

20 SIM 2020

21 SIM 2021


Download ppt "SIM 201 SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN MEMILIKI POTENSI UNTUK MEMPERLUAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MANAJER MELEBIHI KEMAMPUAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google