Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh: FB: Titik Lusiani

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh: FB: Titik Lusiani"— Transcript presentasi:

1 1 (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh: FB: Titik Lusiani

2 2 Pertemuan 2. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS : Mahasiswa dapat membuat flowchart sebagai bentuk penyajian algoritma dalam menyelesaikan masalah

3 3 1.Algoritma ? 2.Teknik Penyajian Algoritma ? 3.Dua teknik penyajian algoritma ?

4 4 Algoritma merupakan pola pikir yang terstruktur yang berisi tahap- tahap penyelesaikan masalah. Algoritma disajikan dengan menggunakan dua teknik, yaitu tulisan dan gambar

5 5 Penyajian algoritma Dalam bentuk tulisan, dengan menggunakan metode english structure dan pseudocode Dalam bentuk gambar, antara lain: –Structure chart –Hierarchy plus Input/Output –Flowchart

6 6 Flowchart Untuk memudahkan algoritma, secara umum digambarkan suatu diagram alir / flowchart.

7 7 Flowchart Definisi : suatu bagan terurut untuk menggambarkan alur yang terjadi pada suatu proses. Kegunaan : –Memudahkan penelusuran alur proses. –Mempercepat proses pencarian lokasi kesalahan dalam pemrograman. –Dokumentasi.

8 8 SIMBOL-SIMBOL PADA FLOW CHART 1. TERMINAL SYMBOL Digunakan untuk mengawali atau mengakhiri instruksi yang akan dilaksanakan. Digunakan untuk mengawali atau mengakhiri instruksi yang akan dilaksanakan. Contoh : START END 2. INPUT/OUTPUT SYMBOL Digunakan untuk membaca dan menulis data/informasi oleh komputer. Digunakan untuk membaca dan menulis data/informasi oleh komputer. Contoh : CETAK JUMLAH CETAK JUMLAH MASUK - KAN NO. MASUK - KAN NO.

9 9 4. DECISION SYMBOL Digunakan untuk menentukan proses mana yang akan diambil dari dua proses yang berbeda berdasarkan suatu kondisi / persyaratan yang diajukan. Digunakan untuk menentukan proses mana yang akan diambil dari dua proses yang berbeda berdasarkan suatu kondisi / persyaratan yang diajukan. Contoh : HARGA > 100 T T Y Y 3. PROCESSING SYMBOL / OPERATION SYMBOL Digunakan untuk melakukan proses, baik yang berupa perhitungan maupun berupa perubahan harga suatu variabel. Digunakan untuk melakukan proses, baik yang berupa perhitungan maupun berupa perubahan harga suatu variabel. LUAS PJ. LB Contoh :

10 10 5. PREPARATION SYMBOL Digunakan untuk menunjukan harga awal. NO. 1 H Jml./3 Contoh : 6. CONNECTOR SYMBOL Digunakan untuk menghubungkan urutan proses yang terputus dalam satu halaman yang sama. Digunakan untuk menghubungkan urutan proses yang terputus dalam satu halaman yang sama.

11 11 7. OFF-PAGE SYMBOL Digunakan untuk menghubungkan urutan proses yang terputus pada halaman yang berbeda. Digunakan untuk menghubungkan urutan proses yang terputus pada halaman yang berbeda. 8. PREDEFINED PROCESS SYMBOL Contoh : PROSES HITUNG PROSES HITUNG 9. FLOW LINE SYMBOL

12 ANNOTATION FLAG SYMBOL FOR A 1 to 5 CETAK A A A Contoh : 11. LOOPING / REPEATING SYMBOL Digunakan untuk menggambarkan adanya proses yang dilakukan secara berulang-ulang selama kondisi / syarat yang diajukan masih terpenuhi. Digunakan untuk menggambarkan adanya proses yang dilakukan secara berulang-ulang selama kondisi / syarat yang diajukan masih terpenuhi.

13 13 OPERATOR & OPERAND Operator & Operand adalah 2 elemen dasar pada proses operasi. Operator & Operand adalah 2 elemen dasar pada proses operasi. Operator adalah tanda untuk melakukan operasi terhadap data atau variabel, sedang operand adalah data atau variabel yang dikenai operasi tersebut. Operator adalah tanda untuk melakukan operasi terhadap data atau variabel, sedang operand adalah data atau variabel yang dikenai operasi tersebut. Berdasarkan jenisnya, operator dibagi : Operator untuk perintah penugasan. 1. Operator Assignment ( ) Contoh : A A 3 3

14 14 Tanda operator untuk perhitungan matematika. 2. Operator Aritmatika Operator matematika yang ada, sesuai dengan hirarki urutannya adalah : Operator matematika yang ada, sesuai dengan hirarki urutannya adalah : Tanda kurung ( ) Pangkat Kali, Bagi Jumlah, Selisih ** atau atau > > *, / +, - 3. Operator String Jumlah Selisih

15 15 4. Operator Relasi Perbandingan Sama dengan Lebih besar, Lebih kecil Lebih besar sama dgn, Lebih kecil sama dgn Tidak sama dengan = = > atau < >=, <= = atau <> 5. Operator Logika NOT 1 1 X10X10 X10X10 NOT X 0 1 NOT X 0 1

16 AND X0011X0011 X0011X0011 Y0101Y0101 Y0101Y0101 X AND Y 0 1 X AND Y OR X0011X0011 X0011X0011 Y0101Y0101 Y0101Y0101 X OR Y 0 1 X OR Y 0 1

17 17 COUNTER, ACCUMULATOR & SWITCHING Merupakan istilah-istilah umum yang digunakan dalam pemrograman. Merupakan istilah-istilah umum yang digunakan dalam pemrograman. 1. COUNTER Variabel yang digunakan untuk menghitung berapa kali suatu loop blok akan diulang atau berapa kali blok telah diulang. Variabel yang digunakan untuk menghitung berapa kali suatu loop blok akan diulang atau berapa kali blok telah diulang. 2. ACCUMULATOR Variabel yang isinya adalah jumlah atau hasil proses total pada suatu loop. Variabel yang isinya adalah jumlah atau hasil proses total pada suatu loop.

18 18 3. SWITCHING Variabel yang hanya berisi dua kondisi. Variabel tersebut dapat berupa variabel boolean, dimana isinya adalah benar (True) atau salah (False), ataupun variabel numerik, dimana isinya ditentukan 0 atau 1. Variabel tersebut dapat berupa variabel boolean, dimana isinya adalah benar (True) atau salah (False), ataupun variabel numerik, dimana isinya ditentukan 0 atau 1. Variabel switching biasanya digunakan untuk mengatur alur instruksi pada suatu program, misal : Setiap 20 baris pencetakan, pencetakan akan pindah halaman dan akan dicetak header. Variabel switching biasanya digunakan untuk mengatur alur instruksi pada suatu program, misal : Setiap 20 baris pencetakan, pencetakan akan pindah halaman dan akan dicetak header.

19 19 Contoh Kasus (1) Buatlah algoritma dan flowchart untuk menghitung dan menampilkan luas lingkaran! Solusi: Input : jari-jari lingkaran (r) Proses : L = Pi * r * r Output : tampilkan L

20 20 Algoritma : 1.Mulai 1.[Memasukkan data jari-jari lingkaran] Input R 2. [Menghitung luas lingkaran] L = Pi * R * R 3. [Menampilkan luas lingkaran] Print L 4. [Proses selesai]

21 21 Flowchart : Input : Jari-Jari (r) Mulai Hitung : L = Pi * r * r Cetak: "Luas = ", L Selesai


Download ppt "1 (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh: FB: Titik Lusiani"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google