Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Biodata Narasumber 2 Kompetensi yang Diharapkan Tujuan Umum. Memiliki pengetahuan dan mampu mengelola keuangan sekolah dengan prinsip pengelolaan yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Biodata Narasumber 2 Kompetensi yang Diharapkan Tujuan Umum. Memiliki pengetahuan dan mampu mengelola keuangan sekolah dengan prinsip pengelolaan yang."— Transcript presentasi:

1

2 Biodata Narasumber 2

3 Kompetensi yang Diharapkan Tujuan Umum. Memiliki pengetahuan dan mampu mengelola keuangan sekolah dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efesien Tujuan Khusus 1. Mengidentifikasi sumber-sumber keuangan sekolah 2. Mengidentifikasi alokasi keuangan sekolah 3. Mengidentifikasi makanisme pertanggungjawaban sekolah

4 LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DAN ALOKASI WAKTU PENDAHULUAN (5 menit) REFLEKSI 5 MENIT KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 (70 menit) PENJELASAN OJL 10 menit KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 (60 MENIT) KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 (70 MENIT) PENUTUP 5 menit 1.Pengantar 5 2.Kasus 35 3.Tugas-25 4.Refleksi 5 1.Pengantar 5 2.Kasus 20 3.Kasus-20 4.Latihan 20 5.Refleksi 5 1.Pengantar 5 2.Latihan 20 3.Tugas 20 4.Refleksi 5

5 Apersepsi 1.Apa yang dilakukan pihak sekolah terhadap dana yang digunakan? 2.Sebutkan jenis biaya pendidikan yang anda ketahui? 3.Sebutkan jenis biaya pengeluaran sekolah? 4.Dari manakah sumber keuangan sekolah didapatkan? 5.Apa yang anda ketahui transaparansi pengelolaan keuangan sekolah? 6.Jelaskan Akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah?

6 Informasi Umum Kegiatan Pembelajaran 1.Mengidentifikasi Sumber- sumber Keuangan Sekolah 2.Alokasi Keuangan Sekolah 3.Mekanisme Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah

7 Kegiatan Pembelajaran menit 1.Sumber-sumber Pemasukan 2.Tujuan Manajemen Keuangan Sekolah 3.Prinsip Manajemen Keuanga Mengidentifikasi Sumber- sumber Keuangan Sekolah

8 Kasus 1. Bentuk Kelompok (satu kelompok terdiri dari 4 – 5 orang sesuaikan jumlah peserta ), 2.Diskusikan Kasus pada halaman 7 -8 pada kasus Rintisan sekolah SSN. 3.Hasil diskusi dipresentasikan.

9 Kasus dari halaman 7-8 Untuk sekolah Rintisan SSN medapatkan bantuan pendanaan dari pusat selama 4 tahun dan setiap tahun dievaluasi, setiap tahunnya pendanaan dari pusat semakin kecil, tetapi pendanaan dari daerah (kabupaten) tiap tahunnya semakin besar. Di sekolah yang saya pimpin terdapat Perda yang berbunyi ”setiap Satuan Pendidikan di wilayahnya tidak boleh memungut dana sepeserpun dari masyarakat”. Pada tahun ketigapelaksanaan Rintisan SSN sekolah saya menghadapi suatu masalah keuangan, karena bantuan dan dari kabupaten tidak semakin bertambah tetapi malah semakin menurun, padahal pelaksanaan sekolah Rintisan SSN harus tetap berjalan dan masih memerlukan dana yang cukup besar. Bagaimana usaha anda utuk mencari dana agar sekolah anda tetap berjalan sesuai dengan rencana.

10 Tugas Jawablah pertanyaan pada bagian D no.1 dan 2 pada halaman 8. Jawaban dikumpulkan secara individual.

11 Tugas bagian D no.1 dan 2 pada halaman 8 1. Selama Saudara menjadi guru di sekolah tempat anda bertugas: a. Kegiatan apa saja yang dilakukan di sekolah dalam bidang manajemen keuangan? b. Apakah prinsip-prinsip manajemen keuangan sudah mewarnai kegiatan tersebut? Kalau sudah apa alasan Saudara dan kalau belum prinsip yang mana? c. Apa yang dapat Saudara sarankan agar manajemen keuanganbisadilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen keuangan? 2.Identifikasi sumber dana yang terdapat di sekolah!

12 Refleksi Simak Halaman 9 1.Apa saja yang telah saya lakukan berkaitan dengan materi kegiatan belajar ini? 2.Bagaimana pikiran/perasaan saya tentang materi kegiatan belajar ini? 3.Apa saja yang telah saya lakukan yang ada hubungannya dengan materi kegiatan ini tetapi belum ditulis di materi in 4.Materi apa yang ingin saya tambahkan? 5.Bagaimana kelebihan dan kekurangan materi materi kegiatan ini? 6.Manfaat apa saja yang saya dapatkan dari materi kegiatan ini? 7.Berapa persen kira-kira materi kegiatan ini dapat saya kuasai? 8.Apa yang akan saya lakukan?

13 Kegiatan Pembelajaran menit 1. Penggunaan Dana Rutin Alokasi Keuangan Sekolah 2. Penggunaan Dana BOS Catatan: Referensi KB 2 yang disarankan: a.Panduan Penyusunan RKASS b.Panduan BOS 20111

14 Kasus-1 Bentuk Kelompok (satu kelompok terdiri dari 4 – 5 orang sesuaikan jumlah peserta ), Diskusikan Kasus-1 pada halaman 16 tentang kekurangan dana disekolah. Hasil diskusi dipresentasikan.

15 Kasus-1 dari halaman Sekolah A mendapatkan dana dari pemerintah sebesar Rp ,-, dari block grant Rp ,- dari orang tua siswa Rp dari koperasi sekolah Rp ,-. Keseluruhan dana tersebut sudah dialokasikan untuk kegiatan- kegiatan tertentu dalam rapatsecara rinci. Pada saat melaksanakan salah satu kegiatan, ada kegiatan yang tidak teranggarkan atau diperhitungkan pada anggaran semula. Bagaimana anda mensiasati kekurangan dana untukalokasi kegiatan tersebut (diskusikan dalam kelompok kecil)

16 Kasus-2 Bentuk Kelompok (satu kelompok terdiri dari 4 – 5 orang sesuaikan jumlah peserta ), Diskusikan Kasus-2 pada halaman 16 tentang Penyusunan RKAS. Hasil diskusi dipresentasikan.

17 Kasus-2 dari halaman Sekolah anda mendapat Sumber dana dari pemerintah, sumbangan dari orangtua siswa, perusahaan di sekitar sekolah, dan usaha mandiri berupa kantin dan koperasi sekolah. Jumlah keseluruhan anggaran lebih kurang Rp ,00/ tahun. Dana tersebut digunakan untuk kegiatan pemenuhan 8 standar nasional pendidikan (SNP); Jumlah guru 25 orang dan jumlah siswa 500 orang. Berdasarkan data diatas (kasus 2), anda diminta membuatRencana KegiatandanAnggaran Sekolah (RKAS) secara berkelompok dengan menggunakan contoh Format di bawah ini (perlu diperhatikan kesesuaian sumber dana dengan alokasi pengeluaran). Satu kelompok cukup mengerjakan 2 jenis standar saja.

18 Tugas Kerjakan latihan no.1 dan 2 pada halaman 16. Jawaban dikumpulkan secara individual.

19 Kasus/Tugas dari halaman 16 1.Coba klasifikasikan penggunaan dana di sekolah yang terkait dengan dana rutin dan BOS. 2.Jika di sekolah terdapat dana komite, untuk kegiatan apa saja dana tersebut dialokasikan

20 Refleksi, simak halaman 17 1.Apakah kelebihan dan kekurangan materi dalam Kegiatan Belajar 2? 2.Jikaadakekurangannya, bagaimana Anda mengatasi kekurangannya? 3.Bagaimana pemahaman Anda terhadap Kegiatan Belajar 2? 4.Jika sudah menguasai, bagaimana pemanfaatan materi ini untuk meningkatkandimensi kompetensi manajerial Anda? 5.Bagaimana meningkatkan peran Anda sebagai Calon KepalaSekolah dalam kompetensi manajerial di sekolah?. 6.Jika belum menguasai, bagaimana upaya Anda selanjutnya?

21 Kegiatan Pembelajaran menit 1. Pelaporan dan Penggunaan Keuangan Sekolah Mekanisme Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah 2. Bukti Pendukung SPJ Catatan: Referensi KB 3 yang disarankan: a.Panduan Penyusunan RKAS b.Panduan BOS 2011 c.Bahan Ajar SPJ Kegiatan Sekolah

22 Latihan Bentuk Kelompok (satu kelompok terdiri dari 4 – 5 orang sesuaikan jumlah peserta ), Diskusikan Kasus-1 latihan halaman tentang Pertangungjawaban keuangan sekolah. Hasil diskusi dipresentasikan.

23 Latihan dari halaman Di sekolah anda yang saudara pimpin sejumlah dana yang harus segera dipertanggungjawabkan karena sudah mendekati akhir tahun anggaran. Pada saat yang bersamaan ada anak seorang guru sakit keras dan memerlukan dana yang cukup untuk pengobatan. Guru yang bersangkutan mohon bantuan dana kepada sekolah, padahal dana tersebut sudah teralokasikan untuk kegiatan dalam waktu yang mendesak. Jika Anda memutuskan memberikan bantuan kepada guru tersebut, bagaimana cara Anda sebagai kepala sekolah mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut

24 Tugas Individual Kerjakan latihan halaman 21. Jawaban dikumpulkan secara individual.

25 Tugas dari halaman 21 1.Identi f ikasi masalah-masalah yang terkait dengan menejemen pelaporan yang ada di sekolah anda bertugas 2.Apa saja yang dapat dipakai sebagai bukti pendukung dalam meng-SPJ-kan suatu laporan

26 Refleksi KB-3, simak halaman 21 1.Apa saja yang telah saya lakukan berkaitan dengan materi kegiatan belajar ini? 2.Bagaimana pikiran/perasaan saya tentang materi kegiatan belajar ini? 3.Apa saja yang telah saya lakukan yang ada hubungannya dengan materi kegiatan ini tetapi belum ditulis di materi in 4.Materi apa yang ingin saya tambahkan? 5.Bagaimana kelebihan dan kekurangan materi materi kegiatan ini? 6.Manfaat apa saja yang saya dapatkan dari materi kegiatan ini? 7.Berapa persen kira-kira materi kegiatan ini dapat saya kuasai? 8.Apa yang akan saya lakukan?

27 On The Job Learning Penjelasan 10 menit

28 Kegiatan Dalam OJL 1.mengadakan orientasi ke sekolah. 2.mengobservasi dan mempelajari program- program kegiatan manajemen keuangan 3.mengadakan dialog dan diskusi dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru tentang manajemen keuangan di sekolah. 4.menyusun laporan praktek lapangan 5.menarik kesimpulan.

29 On The Job Learning 2. Penugasan Melaporkan pelaksanaan keuangan sekolah (menggunakan Lembar Kerja Lapangan)

30 Lembar Kerja Lapangan NoKOMPONEN 1 Perencanaan Manajemen Keuangan di sekolah 2Penyusunan RAPBS 3Kiat penggalian dana 4Ragam penggunaan anggaran 5Pembukuan keuangan 6 Pengawasan penggunaan anggaran 7Proses pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan sekolah

31 CENDERAWASIH BURUNG IRIAN TERIMAKASIH CUKUP SEKIAN


Download ppt "Biodata Narasumber 2 Kompetensi yang Diharapkan Tujuan Umum. Memiliki pengetahuan dan mampu mengelola keuangan sekolah dengan prinsip pengelolaan yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google