Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ATA 2014/2015 Bab 5 : Fungsi dan Formula pada Ms Excel.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ATA 2014/2015 Bab 5 : Fungsi dan Formula pada Ms Excel."— Transcript presentasi:

1 ATA 2014/2015 Bab 5 : Fungsi dan Formula pada Ms Excel

2 Fungsi dan formula/ rumus dalam Excel mempunyai pengertian yang berbeda. Rumus/ Formula berupa instruksi matematika dalam suatu sel/ range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik : +,-,,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi yang terdapat dalam Excel ada ratusan yang siap pakai, diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.

3 Rumus dengan Referensi Sel Relatif Sel relatif atau sel bebas adalah alamat sel yang jika disalin (dicopy) menyesuaikan dengan tempat atau lokasi yang baru. Dengan contoh, rumus untuk menghitung perkalian pada sel D3 adalah =B3*C3. Sel D4 diisi dengan menyalin rumus dari sel D3 atau dengan istilah lain rumus tersebut disalin dan ditempatkan di sebelah kanan. Rumus pada sel D4 secara otomatis akan terisi =B4*C4. Anda perhatikan kedua contoh diatas, jika alamat sel relatif disalin ke arah bawah, kolom alamat sel tersebut tetap sedangkan baris akan menyesuaikan dengan tempat yang baru. Sebaliknya jika disalin ke arah samping, posisi baris alamat sel tersebut tetap, sedangkan kolom akan menyesuaikan dengan posisi yang baru. Alamat sel relatif disebut juga dengan istilah sel bebas, artinya posisi kolom dan baris tidak terkunci (posisi terkunci diawali dengan tanda $).

4

5 Rumus/ Formula dengan Referensi Sel Semi Absolut  Rumus dengan Referensi Sel Semi Absolut Sel semi absolut ditandai dengan $ pada salah satu posisi; kolom atau baris, dengan kata lain semi absolut dibagi atas absolut kolom, misalnya $A4, dan absolut baris, misalnya B$3.  Alamat sel absolut kolom (contoh $A4) jika disalin ke posisi baru, kolom yang bersangkutan selalu tetap sedangkan baris akan menyesuaikan dengan posisi baru. Alamat sel absolut baris (contoh B$3) jika disalin ke posisi baru, baris yang bersangkutan selalu tetap, sedangkan kolomnya akan mengikuti posisi yang baru.  Tanda $ untuk menunjukkan absolut (kolom atau baris) atau tekan F4 dengan menempatkan pointer pada alamat sel yang akan diabsolutkan. Misalnya, pada sel A5, jika ditekan tombol F4 hasilnya menjadi $A$5, jika ditekan F4 pada posisi yang sama untuk kedua kalinya, hasilnya adalah A$5, tekan F4 sekali lagi akan menjadi $A5.

6 Rumus/ Formula dengan Referensi Sel Semi Absolut

7 Rumus/ Formula dengan Referensi Sel Absolut Rumus dengan Referensi Sel Absolut Sel absolut berarti sel tersebut baik kolom maupun barisnya terkunci (absolut kolom dan baris), sebagai contoh $B$4 jika sel tersebut disalin, posisi kolom dan barisnya tetap.

8 Rumus/ Formula dengan Referensi Sel Absolut

9 Fungsi Bantu Statistik  Max (Range) : mencari nilai terbesar (maksimum) dari suatu range. BU : =MAX(range sel)  Min (Range) : mencari nilai terkecil (minimum) dari suatu range. BU : =MIN(range sel)  Sum (Range) : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu range. BU : =SUM(range sel)  Average (Range) : mencari nilai rata-rata dari suatu range. BU : =AVERAGE(range sel)  Count (Range) : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range. BU : =COUNT(range sel)

10 Fungsi Bantu Logika  Fungsi AND BU : AND(Logical 1,logical 2,…,logical 30) Digunakan untuk menguji argumen (kondisi atau syarat) apakah bernilai benar atau salah. Apabila ada salah satu argumen yang bernilai salah, maka fungsi akan menghasilkan nilai FALSE (salah), walaupun ada argumen lain yang benar. Fungsi akan menghasilkan nilai TRUE (benar) jika semua kondisi atau syarat benar  Fungsi OR. BU : OR(Logical 1,logical 2,…,logical 30) Digunakan untuk menguji argumen (kondisi atau syarat) apakah bernilai benar atau salah. Apabila ada salah satu argumen yang bernilai benar, maka fungsi akan menghasilkan nilai TRUE (benar), walaupun ada argumen lain yang bernilai salah. Fungsi akan menghasilkan nilai FALSE (salah) jika semua kondisi atau syarat salah.

11 Fungsi Bantu Logika  Fungsi NOT BU : NOT(Logical) Menghasilkan kebalikan logika.  Fungsi IF BU : IF(Logical Text,Value True,Value False) Merupkan fungsi yang akan menghasilkan nilai logika TRUE (benar) atau FALSE (salah) berdasarkan kriteria yang disyaratkan

12 Fungsi Bantu Logika

13 Matur Nuwun


Download ppt "ATA 2014/2015 Bab 5 : Fungsi dan Formula pada Ms Excel."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google