Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama : Andika Dwi Prakoso (05) Andre Hartian S (06) Ariel Nabilah (08) Mahesa Antariksa (23) Syafa Azuraa (39)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama : Andika Dwi Prakoso (05) Andre Hartian S (06) Ariel Nabilah (08) Mahesa Antariksa (23) Syafa Azuraa (39)"— Transcript presentasi:

1 Nama : Andika Dwi Prakoso (05) Andre Hartian S (06) Ariel Nabilah (08) Mahesa Antariksa (23) Syafa Azuraa (39)

2 Bab 2 Perangkat dan Koneksi Internet A.Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (Personal Computer) yang di hubung-hubungkan menggunakan protokol Transmission Control Protocol / Internet Protokol (TCP/IP). Jaringan komputer dibagi menjadi empat kelompok, yaitu jaringan komputer lokal, jaringan komputer metropolitan, jaringan komputer skala luas, dan interjaringan.

3 1. Jaringan komputer lokal(Local Area Network/LAN) Local Area Network (LAN) merupakan jaringan pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus. Jarak yang dapat di jangkau oleh LAN kurang lebih 10 km. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor, sekolah, atau pabrik-pabrik untuk memakai resource secara bersama dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya

4 2. Jaringan Komputer Metropolitan(Metropolitan Area Network atau MAN) Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan yang terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas tertentu. Jarak maksimum yang dapat di jangkau oleh MAN adalah 80 km. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.

5 3. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network atau WAN) Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area yang sangat luas, antar pulau, negara, benua, dan bisa mencapai luar angkasa. WAN juga dapat juga menjadi network pribadi. Contohnya perusahaan yang memiliki kantor-kantor di berbagai negara terdapat memiliki WAN yang menghubungkan kantor-kantor tersebut melalui hubungan telepon, satelit, dan teknologi lainnya. Wan biasanya terdiri dari LAN yang diinterkoneksikan.

6 4. Interjaringan (Inconnection Network atau Internet) Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung. Sebuah jaringan Internet membutuhkan peralatan jaringan, seperti repeater (penguat sinyal), bridge (penghubung antarjaringan), router (pengatur lalu lintas dalam jaringan), dan gateway. Komputer terhubung ke internet dengan menggunakan modem yang terkoneksi ke sebuah Internet Service Provider (ISP). Jika pengguna yang ingin terkoneksi ke internet menggunakan ISP, maka ISP harus menyediakan tempat atau terminal yang digunakan untuk mengakses jaringan yang disebut Point of Presence (POP).

7

8 Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang erdapat di kantor atau di rumah. Jenis hubungan ini disebut DIAL UP CONNECTION

9 1) Unit Komputer

10 Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah data digital menjadi data analog pada saat komputer mengirimkan data. Modem Eksternal Modem Internal

11 Gambar di atas ini menunjukan arsitektur jaringan telepon wireline secara umum  PSTN (Public Switched telephone Network) atau sering juga disebut Wireline telephone system jaringan telepon yang menggunakan kabel sebagai media trasmisi yang menghubungkan terminal pelanggan dengan system jaringan telepon.  Diperlukan juga jasa perusahaan penyedia jaringan (ISP= Internet Service Provider). Karena ISP sebuah perusahaan yang menjadi penyedia layanan akses internet agar terhubung dengan internet.

12 Skema Leased Line  Leased line adalah jalur telepon yang digantikan fungsi nya menjadi jalur Internet.  Pengertian Leased Line leased line [sambungan kabel khusus dan one to one / tidak terbagi]. Leased linekecepatan 64kb – 128kb.

13  Pada hubungan leased line diperlukan perangkat router. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan  Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.  Router menggunakan Internetwork Operating System (IOS) untuk menjalankan file konfigurasi. File tersebut berisi instruksi dan parameter yang mengontrol alur lalu lintas data melalui router,

14 Guglielmo Marconi

15 Fungsi : Menangkap dan memancarkan gelombang radio Antena WirelessRouter Fungsi : Menentukan jalur terbaik, saat proses perpindahan data

16 Internet Gelmbang radio ditangkap antena Data dikirim ke router Data dikirim ke komputer

17 Kelebihan : Penggunaan yang praktis Instalasi yang mudah Kekurangan : Kecepatan data yang lebih lambat Biaya peralatan yang lebih mahal Sinyal yang sering putus (intermittence)

18

19 Hub Station Fungsi : Mengontrol seluruh operasi jaringan komunikasi Satelit Geostasioner Fungsi : Memancarkan gelombang radio yang diterima dari operator

20 Outdoor Unit Antena Fungsi : Menangkap dan memancarkan gelombang RF RFT (Radio Frequency Terminal ) LNA Fungsi : Memperkuat sinyal yang datang Fungsi : Memperkuat sinyal yang akan dipancarkan SSPA Up/Down Converter Fungsi : Mengkonversi sinyal RF ke IF atau sebaliknya

21 Indoor Unit Modem VSAT Fungsi : Mencampurkan dan memisahkan antara sinyal 70 mhz dengan sinyal informasi digital

22 Kelebihan : Instalasi yang cepat Jangkauan yang jauh Kekurangan : Ketergantungan jaringan terhadap cuaca Memakan tempat, terutama piringanya

23

24 Langkah langkah dalam membuat pengaturan koneksi komputer dengan Internet melalui dial up connection. 1.) Dari tombol Start, pilih Control Panel. 2.) Pilih Network Connection pada jendela Control Panel.

25 3.) Pilih Create New Connection

26 4.) Klik Next pada New Connection Wizard

27 5.) Pilih Connect to the Internet untuk memilih jenis koneksi jaringan, kemudian klik Next.

28 6.) Pilih Set up my connection manually untuk membuat pengaturan koneksi secara manual, kemudian klik Next.

29 7.) Pilih Connect using a dial-up modem untuk memilih jenis koneksi dial up, kemudian klik Next.

30 8.) Isi nama koneksi dengan nama mudah diingat. Misalnya, Dial Up Connection. Kemudian, klik Next.

31 9.) Isikan nomor telepon yang akan diakses, misalnya untuk Telkomnet Instan adalah Kemudian, klik Next.

32 10.) Isikan User name: Password: telkom, dan Confirm Password: telkom untuk membuat account. Kemudian, klik Next

33 12.) Untuk meyakinkan bahwa pengaturan telah berhasil, buka kembali jendela Control Panel, kemudian pilih Network Connection. Jika ada ikon Dial Up Connection, maka pengaturan telah berhasil.

34 D. Sambungan Internet dengan Dial Up Dial up adalah istilah teknologi untuk akses internet dengan menggunakan jaringan telepon. Langkah – langkah nya adalah sebagai berikut :

35 1. Klik tombol Start 2. Pilih Connect To, kemudian klik Dial Up Connection

36 3.) Setelah muncul kotak dialog Connect Dial Up Connection, ketikkan Password yang sudah disetting

37

38 6. Komputer akan langsung terhubung ke internet

39


Download ppt "Nama : Andika Dwi Prakoso (05) Andre Hartian S (06) Ariel Nabilah (08) Mahesa Antariksa (23) Syafa Azuraa (39)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google