Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RULI BUDI WIBOWO, 3353405081 Strategi Pengembangan Investasi Daerah di Kabupaten Wonosobo.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RULI BUDI WIBOWO, 3353405081 Strategi Pengembangan Investasi Daerah di Kabupaten Wonosobo."— Transcript presentasi:

1 RULI BUDI WIBOWO, Strategi Pengembangan Investasi Daerah di Kabupaten Wonosobo.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RULI BUDI WIBOWO - NIM : PRODI : Ekonomi Pembangunan - JURUSAN : Ekonomi Pembangunan - FAKULTAS : Ekonomi - ruli_bw pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Amin Pujiati, SE., M.Si. - PEMBIMBING 2 : Dra. Y. Titik Haryati, M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul Strategi Pengembangan Investasi Daerah di Kabupaten Wonosobo.

4 Abstrak Salah satu kunci utama untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi tertentu guna mengejar ketertinggalan adalah melalui pengembangan investasi daerah dengan cara memperbaiki iklim investasi. Dalam rangka pengidentifikasi dan pemecahan permasalahan investasi daerah serta kesinergiannya dengan strategi nasional, maka perlu disusun kerangka kebijakan untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi investasi di Kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan sampel sebanyak 17 responden yang terdiri dari pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan masalah investasi di Kabupaten Wonosobo yang terdiri dari Aparatur Pemerintah (BAPPEDA Bidang Ekonomi, Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu, dan Setda Bag. Perekonomian& Penanaman Modal) serta dari Asosiasi Pengusaha (KADIN dan Pengusaha). Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive quota sampling. Variabel Penelitian ini sesuai dengan yang digunakan oleh KPPOD dalam penelitiannya mengenai daya tarik investasi daerah tahun 2004 yaitu meliputi variebel kelembagaan, sosial politik, ekonomi daerah, tenaga kerja, dan infrastruktur fisik. Alat analisis yang digunakan adalah AHP (Analytical Hierarchy Proccess). Berdasarkan hasil penelitian, potensi dan peluang investasi di Kabupaten Wonosobo terdapat dalam sektor pertanian, sektor perdagangan, hotel, dan restoran, sektor industri pengolahan, dan sektor jasa-jasa. Sedangkan, penentu daya tarik investasi yang memiliki bobot paling besar adalah faktor kelembagaan dengan bobot sebesar 34.1%, kemudian diikuti oleh faktor sosial politik sebesar 17.3%. Diurutan ketiga adalah faktor tenaga kerja dengan bobot 16.6% dan diurutan keempat adalah faktor infrastruktur fisik sebesar 16.2%. Terakhir adalah faktor ekonomi daerah dengan bobot sebesar 15.8%. Saran yang dianjurkan yaitu perlunya komitmen yang tegas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo mengenai konsistensi peraturan dan penegakan hukum terhadap berbagai praktik-praktik pungutan ilegal yang mengganggu kegiatan usaha. Serta mengarahkan para calon investor untuk menginvestasikan modalnya pada sektor-sektor unggulan, dan menyakinkannya bahwa Kabupaten Wonosobo merupakan daerah yang tepat untuk berinvestasi.

5 Kata Kunci Potensi Investasi Daerah, Peringkat Daya Tarik Investasi, Analytical Hierarchy Proccess (AHP)

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Azis, Iwan Jaya Ilmu Ekonomi Regional dan Beberapa Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : LP FE UI Azwar, Saifuddin Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Basri, Faisal Perekonomian Indonesia : Tantangan dan Harapan Bagi Kebangkitan Indonesia. Jakarta : Erlangga BPS Kabupaten Wonosobo Wonosobo Dalam Angka Wonosobo Dumairy Perekonomian Indonesia. Jakarta : Erlangga Halim, Abdul Analisis Investasi. Jakarta : Salemba Empat Koentjaraningrat Aspek manusia Dalam Penelitian Masyarakat. Gramedia : Jakarta KPPOD Daya Tarik Investasi Kabupaten / Kota di Indonesia. Jakarta : KPPOD Kuncoro, Mudrajad dan Anggi Rahajeng ” Daya Tarik Investasi dan Pungli di DIY”. Jurnal Ekonomi Kuncoro, Mudrajad Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta : Erlangga Kuncoro, Mudrajad Otonomi Dan Pembangunan Daerah. Jakarta : Erlangga Mankiw. N. Gregory Teori Makro Ekonomi. Jakarta : Erlangga Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif (Revised Ed ). Bandung : Remaja Rosdakarya Nuryadin, Didi dan Jamzani Sodik ”Kajian Strategi Pengembangan Investasi Daerah Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Dalam Jurnal Media Ekonomi, Volume 13 No. 2. Hal Yogyakarta: UPN Veteran Permadi, Bambang Analytical Hierarchy Proccess (AHP). Jakarta : PAU EK UI Sukirno, Sadono Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta : Raja Grafindo Persada Samuelson, Paul A dan William D.Nordhous Macroeconomics. Seventh Edition. New York : Mcgraw-Hill Setda Bagian Perekonomian dan Penanaman Modal Kinerja Investasi Daerah Kabupaten Wonosobo Tahun Wonosobo Setda Bagian Perekonomian dan Penanaman Modal Potensi & Peluang Investasi di Kabupaten Wonosobo. Wonosobo Todaro, Michael P Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga Widodo, Tri Perencanaan Pembangunan Aplikasi Komputer (Era Otonomi Daerah). Yogyakarta : UPP STIM YKPN

7 Terima Kasih


Download ppt "RULI BUDI WIBOWO, 3353405081 Strategi Pengembangan Investasi Daerah di Kabupaten Wonosobo."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google