Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan II. Pegawai bagian produksi sebanyak 100 orang, dengan 3 cara pembayaran upah, yaitu harian, satuan dan borongan. Jumlah pegawai yang menerima.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan II. Pegawai bagian produksi sebanyak 100 orang, dengan 3 cara pembayaran upah, yaitu harian, satuan dan borongan. Jumlah pegawai yang menerima."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan II

2 Pegawai bagian produksi sebanyak 100 orang, dengan 3 cara pembayaran upah, yaitu harian, satuan dan borongan. Jumlah pegawai yang menerima upah harian, satuan dan borongan adalah sebagai berikut: Semua pegawain harian, penerima upah satuan, dan penerima upah borongan tidak dimasukkan program jamsostek dan pensiun. Jenis UpahJumlah Pegawai Harian30 orang Satuan40 orang Borongan30 orang

3  UPAH HARIAN Pegawai harian sebanyak 30 orang tersebut menerima upah per hari dengan tarif upah yang berbeda-beda. Tarif upah tersebut adalah sebagai berikut: Rata-rata setiap bulan takwin pegawai harian bekerja selama 30 hari kerja dan upah dibayarkan setiap bulan. Status dari masing-masing pegawai harian adalah tidak kawin. Jumlah PegawaiTarif Upah Per Hari 15 orangRp ,00 10 orangRp ,00 5 orangRp ,00

4  UPAH SATUAN Setiap rumah yang dibangun oleh PT Delta Budi Mas diberi sebuah sumur. Untuk pembuatan sumur tersebut, perusahaan menggunakan sistem pengupahan yang dibayar berdasarkan atas jumlah satuan yang dihasilkan. Tarif upah per buah sumur adalah Rp ,00 dan dibayarkan tiap minggu. Dalam 1 minggu (6 hari kerja) dihasilkan sebanyak 6 buah sumur dan dikerjakan oleh 2 orang. Status semua pegawai tersebut adalah tidak kawin. Sumur mulai dikerjakan pada tanggal 2 Februari 2013 dan selesai dikerjakan semuanya pada bulan februari  UPAH BORONGAN PT Delta Budi Mas memberikan sebuah taman untuk setiap rumah T 100. Taman tersebut dikerjakan oleh pegawai dengan upah borongan. Tarif upah borongan untuk setiap taman adalah Rp ,00. Pekerjaan dapat diselesaikan selama 4 hari dan semua taman selesai dikerjakan pada bulan Maret Status semua pegawai tersebut adalah tidak kawin.

5 1. HONORARIUM PENCERAMAH Dalam rangka meningkatkan pengetahuan pengusaha real estate yang ada di Palembang, PT Delta Budi Mas ditunjuk oleh Ketua Cabang REI untuk menyelenggarakan lokakarya sehari. Untuk keperluan tersebut pada tanggal 17 Januari 2013 PT Delta Budi Mas memanggil seorang insinyur ternama untuk memberikan ceramah dan kepada penceramah diberikan honorarium sebesar Rp ,00.

6 2. HONORARIUM KOMISARIS Setiap Komisaris PT Delta Budi Mas bukan sebagai pegawai tetap. Pada bulan Maret 2013 perusahaan memberikan honorarium kepada setiap komisaris sebesar Rp , HONORARIUM TENAGA AHLI Tuan Jaya Wijaya seorang arsitek, pada bulan Februari 2013 menerima honorarium sebesar Rp ,00 dari PT Delta Budi Mas sebagai imbalan atas pemberian jasa arsitek yang telah dilakukannya.

7 4. KOMISI PENJAJA BARANG DAGANGAN Pada bulan Maret 2013 PT Delta Budi Mas mengadakan pameran di Palembang Square. Untuk keperluan tersebut perusahaan mengambil 2 orang wanita cantik untuk menjaga pameran. Kepada penjaga pameran tersebut diberikan komisi sebesar Rp ,00 untuk setiap rumah yang dijualnya. Rumah yang berhasil dijual selama pameran adalah 10 unit. 5. JASA PRODUKSI KEPADA MANTAN PEGAWAI Tuan Hadi Setiawan pada tanggal 1 Februari 2013 telah berhenti bekerja pada PT Delta Budi Mas karena pensiun. Pada bulan Maret 2013 Tuan Hadi Setiawan menerima jasa produksi dari PT Delta Budi Mas sebesar Rp ,00.

8 6. KONSULTAN ASING Pada bulan Februari 2013 Direksi PT Delta Budi Mas mengundang seorang konsultan asing bernama Mr. Stefen Horner untuk jangka waktu 2 bulan, yaitu bulan Februari 2013 dan Maret 2013, dengan tujuan agar perusahaannya semakin berkembang. Mr. Stefen Horner berstatus kawin tanpa anak dan memperoleh gaji sebesar US$1.000 sebulan. Kurs yang berlaku adalah Rp ,00 per US$ HADIAH ATAU PENGHARGAAN Lili adalah seorang pemain tenis yang bertempat tinggal di Indonesia, menjadi juara dalam Turnamen Wimbledon pada bulan Februari Atas kejuaraan tersebut PT Delta Budi Mas ikut berpartisipasi untuk memberikan penghargaan. Pada tanggal 17 Maret 2013 Lili menerima uang penghargaan dari perusahaan sebesar Rp ,00..

9 Gaji pegawai tetap dialokasikan sebagai berikut:  50% untuk bidang usaha perumahan,  30% untuk bidang usaha perdangangan besi beton,  20% untuk bidang usaha pemborongan bangunan.  Upah harian, dialokasikan sebagai berikut  75% untuk bidang usaha perumahan,  5% untuk bidang usaha perdagangan besi beton,  20% untuk bidang usaha pemborongan bangunan.  Upah satuan dan borongan dibebankan pada bidang usaha perumahan.  Honorarium yang jumlahnya tidak dihitung atas dasar banyaknya hari, kecuali komisi penjaja barang dagangan dan honorarium penceramah, dialokasikan sebagai berikut:  50% untuk bidang usaha perumahan,  30% untuk bidang usaha perdagangan besi beton,  20% untuk bidang usaha pemborongan bangunan.  Sedangkan komisi penjaja barang dagangan dan honorarium penceramah dibebankan ke bidang usaha.

10 Dengan menggunakan kertas kerja yang ada, kerjakan perintah- perintah berikut ini.  Buatlah perhitungan PPh pasal 21 dan 26.  Buatlah daftar gaji dan jurnal untuk mencatat terjadinya biaya gaji dan upah untuk bulan Januari, Februari, Maret 2013 pada kertas kerja yang tersedia. Untuk bulan-bulan setelah bulan januari, cara penyelesaian daftar gaji untuk pegawai tetap hanya ditulis sub jumlahnya saja. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat waktu, tetapi dalam praktik yang sesungguhny harus diisi lengkap.  Buatlah SSP PPh pasal 21 dan 26 untuk bulan Januari s.d. Maret tahun Gunakan formulir SSP yang tersedia.  Buatlah SPTM PPh pasal 21 dan 26 untuk bulan Januari, Februari, Maret tahun Ikuti prosedur berikut ini:  Ambil formulir SSP yang sudah diisi sesuai sesuai dengan instruksi butir 4.

11  Ambil formulir SPTM PPh pasal 21 dan 26 untuk bulan Januari s.d Maret tahun 2013 yang tersedia.  Isi formulir SPTM PPh pasal 21 dan 26 (sesuai dengan instruksi butir 5b) tersebut.  Ambil formulir bukti pemotongan PPh pasal 21 dan 26 yang sudah diisi sesuai dengan instruksi butir 2.  Jadikan satu bundel formulir yang ada pada instruksi butir 5a,5c dan 5d.

12 Buatlah SPT masa PPh pasal 21 bulan Desember 2013 untuk PT Delta Budi Mas. Ikuti prosuder berikut ini:  Ambil formulir SPT PPh pasal 21 Desember 2013 yang tersedia. Khusus lampiran 1721-A1 yang seharusnya dibuat untuk seluruh pegawai tetap, dalam pratikum ini cukup dibuat untuk 3 orang pegawai pertama saja.  Isi formulir SPT PPh pasal 21 bulan Desember 2013 tersebut.  Ambil fomulir SSP yang tersedia.  Isi formulir SSP teersebut berkaitan dengan SPT PPh pasal 21 bulan Desember 2013.

13  Jadikan satu bundel formulir yang ada pada instruksi butir 5b dan 5d. Catatan:  SSP = Surat Setoran pajak  SPTM= Surat Pemberitahuan Masa  SPT= Surat Pemberitahuan  PPh= Pajak Penghasilan


Download ppt "Pertemuan II. Pegawai bagian produksi sebanyak 100 orang, dengan 3 cara pembayaran upah, yaitu harian, satuan dan borongan. Jumlah pegawai yang menerima."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google