Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kuliah 18 Sept 2012 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kuliah 18 Sept 2012 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi"— Transcript presentasi:

1 Kuliah 18 Sept 2012 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi

2 Apa beda Skripsi, Tesis & Disertasi? Skripsi = tulisan Tesis = usulan Disertasi = sanggahan Sumber: tentang apa? tentang suatu teori

3 1.Teori = ? 2.Mengapa perlu ditulis, diusulkan & disanggah? 3.Memilih teori pendidikan yang perlu dipermasalahkan. 4.Hubungan masalah teori dan masalah praktek.

4 1. Teori = ? Penjelasan berdasarkan pengamatan dan penalaran. Himpunan proposisi-proposisi yang saling berkaitan.

5 Sumber: Student motivation theories (http://en.wikiversity.org/wiki/Motivation_and_emotio n/Textbook/Motivation/Student_motivation_theories)http://en.wikiversity.org/wiki/Motivation_and_emotio n/Textbook/Motivation/Student_motivation_theories

6

7 Proposisi = hubungan antara dua atau lebih konstruk Konstruk = konsep yang terstruktur (mempunyai definisi, dimensi-dimensi & variabel-variabel/item-item) Hipotesis = hubungan antara dua atau lebih variabel

8 Proposisi(-proposisi) yang diteliti dinyatakan dengan suatu model/kerangka konsep yang mendiskripsikan peran dan hubungan antara konstruk2. Wujud model/kerangka konsep: narasi, rumus matematik dan/atau diagram. Peran konstruk: prediktor/penyebab, kriterion/akibat, moderator atau mediator.

9 9 Moderator Prediktor/ Penyebab Kriterion/ Akibat Mediator Hubungan antar konstruk: korelasi atau kausasi. V1

10 Hipotesis = Hubungan antara dua atau lebih variabel Variabel = benda, sifat dan kegiatan yang dapat diamati dari suatu unit pengamatan yang bervariasi intra-unit (inter-waktu) dan/atau inter-unit Unit pengamatan = subyek penelitian (kenapa bukan obyek penelitian?)

11 2. Mengapa perlu ditulis, diusulkan & disanggah? Karena teori2 “bermasalah” – bersifat tentatif (i.e., belum selesai, belum lengkap, belum disepakati). Yang dapat dipermasalahkan pada Skripsi: Apakah konstruk(-konstruk)nya valid? Bagaimana mengukur secara valid variabel2nya?

12 KonstrukProposisi ValidKonsistenValidKonsistenLengkap Skripsi√√ Tesis√√√√ Disertasi√√√√√ Tesis: Apakah peran dan hubungan konstruk2nya sudah tepat? Disertasi: Apakah semua proposisi yang valid sudah tercakup? Tabel Masalah Penelitian:

13 Bagaimana kalau Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa S3 tidak “linier”?

14 3. Memilih Teori Pendidikan yang perlu dipermasalahkan Baca-baca (browse) makalah2 di berkala2 ilmu2 sosial & perilaku (mulai dari yang terkini) yang memuat laporan penelitian empirik yg menguji suatu teori pendidikan yang berpangkal pada satu/gabungan bbp Teori Pembelajaran. Dari daftar rujukannya lacak ke belakang makalah2 penelitian empirik sebelumnya, makalah2 review dan makalah2 konsep.

15 Kelompokkan makalah2 tsb menurut kolom2 Tabel Masalah Penelitian di barisan Disertasi. Identifikasi peluang2 untuk menyempurnakan teori pendidikan tsb. Rumuskan masalah2 penelitian Rancang teori pendidikan sanggahan (lihat syarat2 model teori yang baik) dan Rancang metoda penelitiannya.

16 4. Hubungan Masalah Teori & Masalah Praktek Proposisi2 dari teori tsb diuji pada populasi unit analisis yang sesuai. Unit Analisis dapat berupa individu, diad, kelompok, organisasi, kawasan, periode waktu. (Apa bedanya dgn U. Pengamatan?) Rekomendasi untuk praktek & penelitian lebih lanjut didasarkan atas kesimpulan hasil penelitian (i.e., Proposisi2 didukung/tidak didukung hasil penelitian).

17 Pendahuluan/Latar Belakang A.Latar belakang dari teori dan populasi yang digunakan untuk menguji teori tsb. B.Masalah penelitian (= masalah teori). C.Tujuan penelitian (apa yang akan dikerjakan peneliti untuk memecahkan masalah2 tsb). D.Manfaat penelitian (untuk menyempurnakan teori dan/ataumemperbaiki praktek apa).

18 E.Keaslian penelitian (perbaikan teori dan rancangan metoda penelitian yg akan dibuat dibandingkan penelitian2 terkini sebelumnya) Catatan: Laporan penelitian yg tidak asli (i.e., yg palsu) adalah laporan penelitian yang mengandung plagiasi tulisan/ gagasan atau data/informasi yang dimanipulasi/direka

19 Apa beda Tesis & Makalah Berkala? jour·nal 1. Catatan harian. 2. Koran (terutama harian). 3. Berkala atau majalah, terutama yg diterbitkan utk kelompok khusus. 4. Notulen (minutes), proceedings. 5. Bookkeeping. (http://dictionary.reference.com/browse/journal)http://dictionary.reference.com/browse/journal


Download ppt "Kuliah 18 Sept 2012 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google