Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RIZA ULDIN ALAKHYARI, 4201401037 Rancang Bangun Rangkaian RLC untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magent.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RIZA ULDIN ALAKHYARI, 4201401037 Rancang Bangun Rangkaian RLC untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magent."— Transcript presentasi:

1 RIZA ULDIN ALAKHYARI, Rancang Bangun Rangkaian RLC untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magent

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RIZA ULDIN ALAKHYARI - NIM : PRODI : Pendidikan Fisika - JURUSAN : Fisika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam PEMBIMBING 1 : Agus Yulianto - PEMBIMBING 2 : Sujarwata - TGL UJIAN :

3 Judul Rancang Bangun Rangkaian RLC untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magent

4 Abstrak Telah dilakukan rancang bangun rangkaian RLC untuk menampilkan kurva histeresis magnetik pada layar osiloskop. Komponen-komponen yang baik untuk membuat rangkaian RLC ini terdiri dari resistor R1=1Ω dan R2=10 kΩ, kapasitor C = 0,1 μf, serta induktor L= 0,0063 H. Rancang bangun ini menggunakan toroida sebagai sumber medan magnet untuk diketahui kurva histeresis magnetiknya. Toroida dibuat dengan menggunakan inti besi lunak berjari-jari dalam 2,1 cm dan dililit dengan kumparan berdiameter 0,45 mm. Tampilan berupa kurva histeresis magnetik diperoleh setelah rangkaian RLC dihubungkan ke osiloskop dan pada sumber sinyal berupa Audio Frequensy Generator (AFG). Rangkaian RLC tersebut telah diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran pada mahasiswa Prodi Fisika semester V tahun 2005 FMIPA UNNES. Pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk demonstrasi dengan desain evaluasi berupa pre-test post-test. Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis dengan metode statistik. Nilai koefisien korelasi biserial yang diperoleh dari analisis tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa yang cukup signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 2,66. Sedangkan dari uji kesamaan hasil dua rata-rata didapatkan hasil antara pre-test dan post-test mengalami perbedaaan yang positif ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil post-test setelah demonstrasi alat. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa alat ini dapat digunakan sebagai alat pembelajaran mata kuliah yang membahas tentang kurva histeresis magnetik.

5 Kata Kunci Toroida, Kurva histeresis, Osiloskop.

6 Referensi Alonso, M dan Finn, E.J Dasar-Dasar Fisika Universitas Medan dan Gelombang. Terjemahan lea. P dan Kusnul, H Jakarta: Erlangga. Hadi, Sutrisno Statistika Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset Halliday, D dan Resnick, R Fisika jilid 2. Terjemahan Pantur Silaban dan Erwin Sucipto Jakarta: Erlangga. Lawrence H V Ilmu dan Teknologi Bahan. Alih Bahasa Ir. Sriati Djaprie. Jakarta: Erlangga LEN-LIPI Perencanaan dan Pembuatan Transformator Skala Kecil. Bandung: UNIDO/UNDP. Marthen, K Fisika B untuk SMU Kelas 3. Jakarta: Eralngga Paul Gluck. High School for Sciense and Arts. Jerusalem: Israel (Physic Education) Sears, F W Listrik Magnet. Terjemahan M. Muslimin Bandung: Ganesha. Subino Konstruksi dan Analisis Tes (suatu pengantar kepada teori tes dan pengukuran). Jakarta: DEPDIKBUD/DIKTI. Sudjana Metode Statistika. Bandung:Tarsito Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Surya, Y. dan Ananta, S Fisika 3 SMA. Klaten: Intan Pariwara. ……… Olimpiade Fisika Kelas II Cawu Pertama. Jakarta: Primatika Cipta. Sutrisno dan Tan Ik Gie Fisika Dasar Listrik Magnet dan Termodinamika. Jakarta: Erlangga William H. Hayt, Jr Elektromagnetika Teknologi. Jakarta: Erlangga.

7 Terima Kasih


Download ppt "RIZA ULDIN ALAKHYARI, 4201401037 Rancang Bangun Rangkaian RLC untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magent."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google