Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Copyright©MasYong Operating System 1 SISTEM OPERASI Operating System Concepts Oleh : Mufadhol, S.Kom fb : materi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Copyright©MasYong Operating System 1 SISTEM OPERASI Operating System Concepts Oleh : Mufadhol, S.Kom fb : materi."— Transcript presentasi:

1 Copyright©MasYong Operating System 1 SISTEM OPERASI Operating System Concepts Oleh : Mufadhol, S.Kom fb : materi mufadhol

2 Copyright©MasYong Operating System 2 Apakah Sistem Operasi Itu ?... Sebuah sistem operasi adalah program terpenting dari program-program yang terdapat dalam sistem komputer. Pada umumnya program sistem operasi hanya dieksekusi selama beberapa waktu saja (transien) tetapi sistem operasi berjalan secara terus menerus selama komputer masih dalam keadaan aktif. Jadi sistem operasi dapat dianggap sebagai program kontrol yang bertugas untuk menjalankan program-program lain yang ada dalam komputer.

3 Copyright©MasYong Operating System 3 Definisi Sistem Operasi Sistem Operasi adalah software yang mengontrol hardware, jadi hanya berupa program biasa Sistem Operasi adalah software yang mengontrol hardware, jadi hanya berupa program biasa Program yang menjadikan hardware lebih mudah untuk digunakan Program yang menjadikan hardware lebih mudah untuk digunakan Kumpulan program yang mengatur kerja hardware sesuai dengan keinginan user Kumpulan program yang mengatur kerja hardware sesuai dengan keinginan user Sebagai manajer sumber daya atau pengalokasian sumber daya komputer Sebagai manajer sumber daya atau pengalokasian sumber daya komputer Sebagai program pengendali program lain Sebagai program pengendali program lain Sebagai kernel, yaitu program yang terus menerus running selama komputer dihidupkan Sebagai kernel, yaitu program yang terus menerus running selama komputer dihidupkan Sebagai guardian yang menjaga komputer dari berbagai kejahatan komputer. Sebagai guardian yang menjaga komputer dari berbagai kejahatan komputer.

4 Copyright©MasYong Operating System 4 TUJUAN MEMPELAJARI SISTEM OPERASI Agar dapat merancang sendiri sistem operasi Agar dapat merancang sendiri sistem operasi Dapat memodifikasi sistem yang telah ada sehingga sesuai dengan kebutuhan Dapat memodifikasi sistem yang telah ada sehingga sesuai dengan kebutuhan Agar dapat memilih diantara berbagai alternatif sistem operasi Agar dapat memilih diantara berbagai alternatif sistem operasi Dapat memaksimalkan penggunaan sistem operasi Dapat memaksimalkan penggunaan sistem operasi Menerapkan konsep sistem operasi kedalam aplikasi lain. Menerapkan konsep sistem operasi kedalam aplikasi lain.

5 Copyright©MasYong Operating System 5 Tujuan Adanya Sistem Operasi Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan nyaman untuk digunakan Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan nyaman untuk digunakan Sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan dengan cara yang efisien Sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan dengan cara yang efisien Sistem operasi harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yang efektif, pengujian, dan penerapan sistem baru tanpa mengganggu layanan sistem yang sudah ada. Sistem operasi harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yang efektif, pengujian, dan penerapan sistem baru tanpa mengganggu layanan sistem yang sudah ada.

6 Copyright©MasYong Operating System 6 Jadi dengan alasan sulitnya memahami bahasa mesin, sehingga tujuan utama dari sistem operasi adalah : Sebagai perantara interaksi manusia dengan komputer Sebagai perantara interaksi manusia dengan komputer Efisiensi kerja. Efisiensi kerja.

7 Copyright©MasYong Operating System 7 SEJARAH SISTEM OPERASI MENURUT : TANENBAUM GENERASI PERTAMA (1940 – 1950) 1.Pada tahun 1940-an komputer elektronik yang pertama tidak mempunyai sistem operasi 2.Pada tahun 1950-an sistem operasi pertama dikenalkan oleh The General Motors Research Labolatories pada IBM 701 dan disebut dengan Singlestream Batch Processing System 3.Komponen utamanya berupa tabung ruang hampa udara 4.Hanya bisa digunakan untuk menghitung (+, - dan *)

8 Copyright©MasYong Operating System 8 SEJARAH SISTEM OPERASI MENURUT : TANENBAUM GENERASI KEDUA (1960-AN) GENERASI KEDUA (1960-AN) Sudah dapat melakukan beberapa tugas sekaligus Sudah dapat melakukan beberapa tugas sekaligus Mengenal multi programming Mengenal multi programming Mendukung adanya timesharing Mendukung adanya timesharing Komponen utama transistor Komponen utama transistor Input memakai punch card. Input memakai punch card.

9 Copyright©MasYong Operating System 9 SEJARAH SISTEM OPERASI MENURUT : TANENBAUM GENERASI KETIGA (1970-AN) GENERASI KETIGA (1970-AN) Muncul istilah software engineering Muncul istilah software engineering Mulai mengembangkan enkripsi dan dekripsi Mulai mengembangkan enkripsi dan dekripsi Mengenal multiprocessing Mengenal multiprocessing Real time system Real time system Device independence Device independence Spooling (simultaneous peripheral operation on line) Spooling (simultaneous peripheral operation on line) Komponen utama berupa IC. Komponen utama berupa IC.

10 Copyright©MasYong Operating System 10 SEJARAH SISTEM OPERASI MENURUT : TANENBAUM GENERASI KEEMPAT (1980-AN) GENERASI KEEMPAT (1980-AN) Dekade personal komputer (PC) Dekade personal komputer (PC) Berkembang teknologi mikroprosesor Berkembang teknologi mikroprosesor Mengenal adanya distributed computing Mengenal adanya distributed computing Pemakaian software aplikasi Pemakaian software aplikasi Arsitektur berkembang hingga aplikasi 32 bit dengan teknologi pipeline Arsitektur berkembang hingga aplikasi 32 bit dengan teknologi pipeline

11 Copyright©MasYong Operating System 11 SEJARAH SISTEM OPERASI MENURUT : TANENBAUM GENERASI KELIMA (1990-AN) GENERASI KELIMA (1990-AN) Multi proccessor Multi proccessor Multi media Multi media GUI (graphical user interface) GUI (graphical user interface) Multi threading. Multi threading.

12 TUGAS Carilah perbedaan antara : 1. Multitasking 2. Multiprogramming 3. multiprocessing Copyright©MasYong Operating System 12


Download ppt "Copyright©MasYong Operating System 1 SISTEM OPERASI Operating System Concepts Oleh : Mufadhol, S.Kom fb : materi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google