Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS- JENIS SURAT/ DOKUMEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS- JENIS SURAT/ DOKUMEN."— Transcript presentasi:

1

2 KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS- JENIS SURAT/ DOKUMEN

3 Pengertian : 1. Dokumen Adalah surat-surat atau benda-benda yang berharga, termasuk rekaman yang dapat dijadikan sebagai alat bukti untuk mendukung keterangan supaya lebih meyakinkan. 2. Dokumentasi Adalah suatu kegiatan mencari, mengumpulkan, menyusun, menyelidiki, meneliti dan mengolah serta memelihara dan menyiapkan dokumen baru sehingga lebih bermanfaat.

4 1. Berdasarkan Kepentingannya 2. Berdasarkan Bentuk Fisiknya

5 D OKUMEN B ERDASARKAN K EPENTINGANNYA T ERDIRI D ARI : 1. Dokumen pribadi Yaitu dokumen yang menyangkut kepentingan perorangan. 2. Dokumen niaga Yaitu dokumen yang berkaitan dengan perniagaan. 3. Dokumen sejarah Yaitu dokumen yang berkaitan dengan sejarah.

6 Dokumen berdasarkan bentuk fisiknya terdiri dari : 1.Dokumen literer Adalah dokumen yang ada karena dicetak, ditulis, digambar atau direkam (dikumpulkan di perpustakaan). 2.Dokumen korporil Adalah dokumen yang berupa benda bersejarah (dokumen ini dikumpulkan di museum). 3.Dokumen privat Adalah dokumen yang berupa surat/arsip (disimpan dengan sistem kearsipan).

7 Pengertian : 1. Surat Adalah suatu sarana untuk menyampaikan pernyataan atau informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak lain. 2. Surat Menyurat (Korespondensi) Adalah suatu kegiatan untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara pihak yang satu dengan yang lainnya, dan dilaksanakan dengan berkirim surat.

8 Tujuan Penulisan Surat 1. Ingin menyampaikan warta/informasi kepada pihak lain 2. Ingin mendapat balasan/tanggapan dari pihak yang dikirim tentang informasi yang disampaiakan tersebut 3. Memperlancar arus informasi, sehingga informasi yang diterima jelas dan tidak salah tangkap

9 Fungsi Surat 1. Duta / wakil / utusan dari organisasi / penulis 2. Alat pengingat 3. Dokumen historis 4. Media komunikasi 5. Alat bukti tertulis 6. Barometer kemajuan kantor 7. Otak tata usaha

10 Berdasarkan Sifat Surat 1. Surat pribadi (Prive) Adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan Surat setengah resmi

11 2. Surat dinas swasta atau surat resmi Adalah surat yang isinya berkenaan dengan soal tugas dalam suatu organisasi. 3. Surat sosial Adalah surat yang berisi kepentingan sosial dan dibuat oleh lembaga–lembaga sosial.

12 4. Surat niaga Adalah surat yang berisi soal–soal perdagangan yang dibuat oleh perusahaan yang dikirimkan kepada para langganan. 5. Surat dinas pemerintah Adalah surat yang berisi masalah–masalah administrasi pemerintah yang dibuat oleh instansi pemerintah.


Download ppt "KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS- JENIS SURAT/ DOKUMEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google