Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sarana berfikir ilmiah Sarana berfikir ilmiah. A. Sejarah Keperawatan Internasional Keperawatan sebagai suatu pekerjaan sudah ada sejak manusia ada di.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sarana berfikir ilmiah Sarana berfikir ilmiah. A. Sejarah Keperawatan Internasional Keperawatan sebagai suatu pekerjaan sudah ada sejak manusia ada di."— Transcript presentasi:

1 Sarana berfikir ilmiah Sarana berfikir ilmiah

2 A. Sejarah Keperawatan Internasional Keperawatan sebagai suatu pekerjaan sudah ada sejak manusia ada di bumi ini, keperawatan terus berkembang sesuai dengan kemajuan peradaban teknologi dan kebudayaan. Konsep keperawatan dari abad ke abad terus berkembang, berikut adalah perkembangan keperawatan di dunia.

3 Perkembangan keperawatan di dunia terdiri atas: 1.Sejak zaman manusia itu diciptakan (manusia itu ada)/Zaman Purba. 2.Zaman keagamaan. 3.Zaman masehi. 4.Zaman permulaan abad Zaman sebelum perang dunia kedua. 6.Masa selama perang dunia kedua. 7.Masa pascaperang dunia dua. 8.Periode tahun 1950.

4 B. Sejarah Perkembangan Keperawatan di Indonesia Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia telah banyak dipengaruhi oleh kolonial penjajah diantaranya Jepang, Belanda dan Inggris. Dalam perkembangannya di Indonesia dibagi menjadi dua masa diantaranya:  Pertama, masa sebelum kemerdekaan  Kedua, masa setelah kemerdekaan Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia telah banyak dipengaruhi oleh kolonial penjajah diantaranya Jepang, Belanda dan Inggris. Dalam perkembangannya di Indonesia dibagi menjadi dua masa diantaranya:  Pertama, masa sebelum kemerdekaan  Kedua, masa setelah kemerdekaan

5 C. Sejarah keperawatan islam Banyak perawat-perawat muslim tidak mengenal Rufaidah binti Sa’ ad, banyak dari mereka yang hanya mengenal tokoh keperawatan yang berasal dari dunia barat yaitu Florence Nighttingale seorang tokoh keperawatan yang berasal dari Inggris.

6 Nexxxttt… Rufaidah adalah perawat profesional pertama dimasa sejarah islam. Beliau hidup di masa Nabi Muhammad SAW di abad pertama Hijriah /abad ke-8 Sesudah Masehi, dan diilustrasikan sebagai perawat teladan, baik dan bersifat empati.

7 D. Dampak Sejarah Terhadap Profil Perawat Indonesia Sejarah adalah setiap peristiwa atau kejadian di masa lampau yang menyenangkan maupun memilukan. Sejarah bukan sebatas cerita untuk generasi mendatang yang ditulis sekadar untuk dihafalkan. Setiap manusia memiliki sejarah masing- masing, baik yang ber¬sifat individual, komunal, maupun nasional. Sama halnya dengan sejarah perjuangan bangsa.

8 Kesimpulan Keperawatan merupakan sebuah ilmu dan profesi yang memberikan pelayanan kesehatan guna untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat. Keperawatan ternyata sudah ada sejak manusia itu ada dan hingga saat ini Profesi keperawatan berkembang dengan pesat. Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia tidak hanya berlangsung di tatanan praktik, dalam hal ini layanan keperawatan, tetapi juga di dunia pendidikan keperawatan.

9 Tidak asing lagi, pendidikan keperawatan memberi pengaruh yang besar terhadap kualitas la-yanan keperawatan. Karenanya, perawat harus terus meningkatkan kompe¬tensi dirinya, salah satunya melalui pendidikan keperawatan yang berkelanjutan.

10 sekian sekian Terima kasih Any Quastion


Download ppt "Sarana berfikir ilmiah Sarana berfikir ilmiah. A. Sejarah Keperawatan Internasional Keperawatan sebagai suatu pekerjaan sudah ada sejak manusia ada di."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google