Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Dandy Maslow.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Dandy Maslow."— Transcript presentasi:

1 Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Dandy Maslow

2 Menu Sumber-Sumber Pertumbuhan Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Dan Kenaikan Produktivitas Permintaan Agregatif Dan Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang Dan Faktor Pertumbuhannya Faktor Penggerak Pertumbuhan Ekonomi Dalam Menanggulangi Kemiskinan Peranan Penting Pemerintah Dalam Pertumbuhan Ekonomi

3 Pendahuluan Once one starts to think about... [differences in growth rates among countries], it is hard to think about anything else. ROBERT E. LUCAS, JR., (1995 NOBEL PRIZE WINNER IN ECONOMICS)

4 Pendahuluan Mengapa beberapa negara tumbuh pesat sementara yang lain tumbuh lambat atau tidak sama sekali? Seperti kutipan pembukaan menunjukkan, mungkin tidak ada pertanyaan yang lebih penting dalam ilmu ekonomi. Dari tahun 1990 sampai 2005, menurut Bank Dunia, ekonomi Amerika tumbuh pada tingkat tahunan 3,2 persen, sedangkan China tumbuh 10,3 persen per tahun dan Rusia menurun (rata-rata) sebesar 1,2 persen per tahun. Mereka adalah contoh dari perbedaan pertumbuhan ekonomi yang sangat besar. Faktor-faktor apa menjelaskan perbedaan tersebut?

5 Definisi Pertumbuhan ekonomi adalah ekspansi berkelanjutan dari kemungkinan produksi diukur sebagai peningkatan PDB riil selama periode waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi yang cepat dan dipertahankan selama beberapa tahun dapat mengubah sebuah negara miskin menjadi kaya.

6 Definisi Kita mendefiniskan tingkat pertumbuhan ekonomi sebagai perubahan persentase tahunan GDP riil. Untuk menghitung tingkat pertumbuhan ini, kita menggunakan rumus :

7 Definisi Tingkat pertumbuhan PDB riil menyatakan seberapa cepat ekonomi total berkembang. Langkah ini berguna untuk memberitahu kita tentang kemungkinan terjadinya perubahan keseimbangan kekuatan ekonomi antara negara- negara. Tapi itu tidak memberitahu kita tentang perubahan standar hidup. Standar hidup dalam suatu perekonomian tergantung pada kemampuan perekonomian untuk memproduksi barang dan jasa

8 Definisi

9

10 THE GROWTH PROCESS: FROM AGRICULTURE TO INDUSTRY Semua masyarakat menghadapi keterbatasan karena sumber daya dan teknologi yang tersedia untuk mereka. Pertumbuhan ekonomi memperluas batas- batas ini dan pergeseran masyarakat kemungkinan batasan produksi ke atasdan ke kanan. Ada variasi yang cukup besar di seluruh dunia dalam tingkat pertumbuhan. Beberapa negara-khususnya di Asia Tenggara-tampaknya menjadi contoh. Proses di mana beberapa negara kurang berkembang, negara-negara miskin mengalami pertumbuhan yang tinggi dan mulai mengejar daerah yang lebih maju dikenal sebagai konvergensi.

11 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Sumber pertumbuhan ekonomi suatu negara atau suatu wilayah dapat dilihat atau diukur dari tiga pendekatan yaitu, pendekatan faktor produksi (Neo Klasik), pendekatan sektoral dan pendekatan pengeluaran.

12 THE THREE PILLARS OF PRODUCTIVITY GROWTH Modal Untuk teknologi tertentu dan tenaga kerja yang diberikan, produktivitas tenaga kerja akan lebih tinggi bila persediaan modal lebih besar. Teknologi Untuk memberikan masukan tenaga kerja dan modal, produktivitas tenaga kerja akan lebih tinggi ketika teknologi yang lebih baik. Kualitas Tenaga Kerja: Pendidikan dan Pelatihan Untuk diberikan modal, tenaga kerja, dan teknologi, produktivitas tenaga kerja akan lebih tinggi bila tenaga kerja memiliki lebih pendidikan dan pelatihan.

13 Y = 3 * K 1/3 L 2/3

14 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Sumber pertumbuhan ekonomi dari pendekatan sektoral yaitu dilihat dari sektor-sektor ekonomi. Sektor ekonomi dalam hal ini dapat dibagi dalam 3 sektor saja yaitu sektor primer (pertanian dan pertambangan), sektor sekunder dan kontruksi serta sektor tersier (jasa-jasa). pendekatan pengeluaran yang meliputi konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah dan selisih ekspor dengan impor.

15 Permintaan Agregatif Dan Pertumbuhan Ekonomi Pertumbuhan ekonomi bisa bersumber dari pertumbuhan permintaan agregat (AD) dan pertumbuhan penawaran agregat (AS). Dari sisi AD, peningkatan AD di dalam ekonomi bisa terjadi karena nilai Output, yang terdiri atas permintaan masyarakat (konsumen), perusahaan, dan pemerintah meningkat.

16 Kebijakan Makroekonomi Kebijakan pertumbuhan: Memastikan bahwa perekonomian menopang tingkat pertumbuhan jangka panjang yang tinggi dari PDB potensial (meskipun belum tentu tingkat pertumbuhan tertinggi) Kebijakan stabilisasi: Menjaga PDB riil cukup dekat dengan PDB potensial dalam jangka pendek, sehingga masyarakat tidak akan terkendala oleh pengangguran tinggi atau inflasi yang tinggi

17 Kebijakan Pemerintah Kebijakan pemerintah dapat mencoba untuk mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi dalam banyak cara: dengan mendorong tabungan dan investasi, mendorong investasi dari luar negeri, mengembangkan pendidikan, mempromosikan kesehatan yang baik, menjaga hak milik/property rights dan stabilitas politik, yang memungkinkan perdagangan bebas, dan mempromosikan penelitian dan pengembangan teknologi baru.

18 Negara Berkembang Dan Faktor Pertumbuhannya Masalah ekonomi yang dihadapi negara- negara berkembang seringkali cukup berbeda dari yang dihadapi negara-negara industri. Pilihan kebijakan yang tersedia untuk pemerintah juga mungkin berbeda. Meskipun demikian, alat-alat analisis ekonomi tetap berguna dalam memahami ekonomi negara-negara kurang berkembang seperti dalam memahami ekonomi AS

19 LIFE IN THE DEVELOPING NATIONS: POPULATION AND POVERTY Realitas pusat kehidupan di negara-negara berkembang adalah kemiskinan. Meskipun ada keragaman yang cukup besar di negara-negara berkembang, sebagian besar orang di kebanyakan negara berkembang sangat miskin menurut standar AS.

20 Ekonomi Pembangunan Hampir semua negara-negara berkembang memiliki kelangkaan modal fisik relatif terhadap sumber daya lainnya, terutama tenaga kerja. Hipotesis lingkaran setan dari kemiskinan mengatakan bahwa negara-negara miskin tidak bisa lepas dari kemiskinan karena mereka tidak bisa mampu untuk menunda konsumsi-yaitu, untuk menyimpan-untuk melakukan investasi. Dalam bentuk mentah, hipotesis ini salah karena beberapa negara makmur berada di satu waktu lebih miskin dari banyak negara berkembang saat ini. Namun, seringkali sulit untuk memobilisasi tabungan efisien di banyak negara berkembang.

21 Gangguan Pertumbuhan & Perkembangan Fisik & Otak Ibu Hamil Bayi Rendah IQ dan EQ Pendidikan Mutu Tenaga Kerja rendah Kesejahteraan Sosial Ekonomi (rendah) Balita Kemiskinan (gangguan kesehatan dan gizi ) Sumber: Ascobat Gani (2000) Siklus Pewarisan Kemiskinan Antar Generasi

22 Ekonomi Pembangunan Sumber daya manusia -pendidikan dan keterampilan yang diwujudkan dalam kerja- memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi.

23

24 Ekonomi Pembangunan Negara-negara berkembang sering terbebani oleh tidak memadai modal sosial, mulai dari fasilitas kesehatan masyarakat dan sanitasi yang buruk dengan jalan yang tidak memadai, telepon, dan sistem pengadilan. Modal sosial tersebut sering mahal untuk disediakan, dan banyak pemerintah tidak dalam posisi untuk melakukan banyak proyek terkait itu karena mereka terlalu mahal. Birokrasi yang tidak efisien dan korup juga berperan dalam memperlambat pembangunan ekonomi di berbagai tempat.

25 Ekonomi Pembangunan Karena negara maju ditandai dengan bagian besar dari output dan kesempatan kerja di sektor industri, banyak negara berkembang tampaknya percaya bahwa pembangunan dan industrialisasi yang identik. Dalam banyak kasus, negara-negara berkembang telah mengejar industri dengan mengorbankan pertanian, dengan hasil yang beragam. Bukti terbaru menunjukkan bahwa beberapa keseimbangan antara industri dan pertanian mengarah ke hasil yang terbaik.

26 Ekonomi Pembangunan Banyak studi ekonomi baru fokus pada pemahaman bagaimana memotivasi individu untuk mengambil tindakan yang mendukung intervensi kebijakan: untuk menggunakan alat-alat kesehatan dengan baik, untuk menghadiri sekolah, untuk menerima vaksinasi.

27 DEVELOPMENT INTERVENTIONS Pertumbuhan penduduk yang cepat adalah karakteristik dari banyak negara berkembang. Keluarga besar dapat bersikap rasional ekonomis karena orang tua membutuhkan dukungan di usia tua mereka atau karena anak-anak menawarkan sumber penting tenaga kerja. Namun, memiliki banyak anak tidak berarti keuntungan bersih bagi masyarakat secara keseluruhan. Pertumbuhan penduduk yang cepat dapat meletakkan beban pada sudah terbebani pelayanan publik seperti pendidikan dan kesehatan.

28 Keys to Economic Development Fitur utama yang dimiliki oleh negara-negara yang mencapai tingkat yang lebih tinggi dari pembangunan ekonomi adalah: perlindungan hak milik, peluang yang signifikan bagi warga mereka untuk memperoleh pelatihan dan pendidikan, kebijakan yang memungkinkan perusahaan- perusahaan baru dan industri untuk menggantikan yang lebih tua, dan menghindari hambatan proteksionis yang menghambat perdagangan internasional.

29 Lesson Learned dari India dan China China telah mengadopsi cara pragmatis, pendekatan bertahap untuk pengembangan, tajam secara berbeda dengan cara yang mengadopsi beberapa tahun yang lalu di Polandia. Pendekatan Cina telah disebut Guohe moshi, atau "Menyeberangi sungai dengan merasakan sebagai batu loncatan." Dalam hal sektor, sebagian besar pertumbuhan China telah didorong oleh manufaktur. Fokus pada manufaktur adalah salah satu alasan bahwa konsumsi energi dan lingkungan isu China telah meningkat begitu pesat dalam dekade terakhir. Di India, industri jasa telah memimpin pertumbuhan, khususnya di industri perangkat lunak. Singkatnya, jelas bahwa tidak ada resep tunggal untuk pembangunan.

30 THE TRANSITION TO A MARKET ECONOMY Para ekonom umumnya sepakat pada enam persyaratan untuk keberhasilan transisi dari sosialisme ke sistem berbasis pasar: (1) stabilisasi ekonomi makro, (2) deregulasi harga dan liberalisasi perdagangan, (3) privatisasi, (4) Pembentukan lembaga pendukung pasar, (5) jaring pengaman sosial, dan (6) bantuan eksternal.

31 Untuk dipelajari Pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi Pembebasan bea cukai/hambatan tarif perdagangan terhadap pertumbuhan ekonomi Pengaruh tabungan dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Rule of 70


Download ppt "Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Dandy Maslow."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google