Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Part I. Parallel and Distributed Computing Part II. Cluster Computing Part III Grid Computing TEKNOLOGI GRID COMPUTING Ir. H. Sumijan, M.Sc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Part I. Parallel and Distributed Computing Part II. Cluster Computing Part III Grid Computing TEKNOLOGI GRID COMPUTING Ir. H. Sumijan, M.Sc."— Transcript presentasi:

1 Part I. Parallel and Distributed Computing Part II. Cluster Computing Part III Grid Computing TEKNOLOGI GRID COMPUTING Ir. H. Sumijan, M.Sc

2 Pendahuluan 1. Para ilmuwan dan peneliti baik di lembaga penelitian, pendidikan maupun perusahaan memasuki suatu masa di mana kebutuhan akan tenaga komputasi dan kapasitas penyimpanan data jauh melebihi dari kapasitas yang tersedia. 2. Sistem Komputasi, sistem penyimpanan data dan sistem jaringan komputer memperlihatkan pertumbuhan yang sangat pesat baik dalam kapasitas maupu kemampuan, sementara harga dari sistem- sistem tersebut mengalami kecepatan penurunan yang tajam.

3 Kemampuan komputasi, kapasitas penyimpanan data dan kecepatan transmisi data bertambah dua kali lipat masing-masing pada setiap kurun waktu 18, 12, 9 bulan dan dalam waktu bersamaan harga teknologi tersebut turun lebih kurang setengahnya Pertumbuhan teknologi jaringan yang lebih pesat dibandingkan dengan teknologi lainnya merubah cara berkolaborasi antar ilmuwan dan periset; untuk memecahkan suatu masalah mereka tidak dibatasi hanya dengan menggunakan sumber daya lokal saja.

4 Dengan tersedianya jaringan yang sangat cepat dan murah, sumber daya komputasi dapat dipakai secara bersama, data yang besar dapat dipindahkan dari basis data atau sensor ke komputer jauh, sensor dapat dihubungkan dengan sesamanya dan dengan komputer dan penyimpan data, serta pemakai, komputer dan penyimpanan data dapat dihubungkan pada suatu lingkungan kolaborasi untuk menghindarkan pengeluaran biaya perjalanan.

5 Perpaduan harmonis teknologi-teknologi inti ini yang disertai dengan permintaan yang kuat bagi tersedianya tenaga komputasi dan kapasitas penyimpanan data yang besar telah memberikan kontribusi dalam pembentukan sebuah prasarana yang sangat kuat (powerful) bagi aplikasi konsumen dan bisnis, yang terwujud dalam bentuk teknologi baru Komputasi Grid (Grid Computing).

6 Komputasi grid telah dipakai untuk memecahkan masalah-masalah komputasi berkinerja tinggi, baik itu di lembaga riset maupun di perusahaan, seperti analisa data pada high energy physics dan nuklir [1], riset iklim (climate research) [2] serta analisa dan pencarian data pada masalah penemuan obat (drug discovery problem) [3].

7 - Masalah komputasi berkinerja tinggi pada grid dipecahkan dengan menggunakan komputasi paralel (parallel computation). Komputasi paralel adalah metodologi untuk merancang aplikasi agar dapat dieksekusi pada lingkungan komputer paralel. - Model untuk pembuatan program tersebut adalah parallel programming.

8 Pemrograman paralel dapat menggunakan model MPI atau GridRPC. MPI adalah teknik pemrograman yang berdasarkan data parallel dengan Single Program Multiple Data (SPMD) sedangkan GridRPC adalah merupakan teknik pemrograman yang berdasarkan task parallel dengan model client/server.

9 Pengertian Komputasi Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Pada zaman sekarang ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

10 Secara umum Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah- masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

11 Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

12 Pengertian Komputasi Modern Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann ( ).

13 Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya. Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

14 Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi: 1.Akurasi (big, Floating point) 2.Kecepatan (dalam satuan Hz) 3.Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel) 4.Modeling (NN & GA) 5.Kompleksitas

15 Jenis-jenis Komputasi Modern Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut : 1.Mobile computing Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

16

17 Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi. Yang termasuk mobile computing: –laptop dengan wireless LAN –mobile phone –wearable computer –Personal Digital Assistant (PDA) dengan Bluetooth atau IRDA

18 Wearable Computer adalah Suatu computer yang “ditanamkan / embedded” di dalam sebuah peralatan yang dapat digunakan oleh manusia

19 2. Grid computing Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah : 1.Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat. 2.Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka. 3.Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

20

21

22 3. Cloud computing Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

23

24

25 Gmail dan Yahoo mail sebenarnya kita sudah lama menggunakan teknologi cloud computing, hanya saja kita tidak sadar tentang teknologi tersebut. salah satu contohnya adalah layanan seperti Gmail dan Yahoo Mail yang sering kita gunakan. Google Docs dan Office 365 jika dulu untuk membuat dokumen kita harus menggunakan software word processing seperti Microsoft Office yang harganya lumayan mahal, kini kita dapat membuat dokumen dengan mudah dan gratis, yaitu dengan menggunakan Google Docs. Google Docs merupakan layanan cloud computing milik google yang berfungsi untuk membuat berbagai jenis dokumen. kita dapat menyimpan dokumen-dokumen kita pada server dan mengaksesnya dimana pun kita berada. Dropbox dan Ubuntu One layanan lain yang menerapkan cloud computing adalah dropbox dan ubuntu one. kedua layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file-file yang berada di komputer mereka ke storage dropbox atau ubuntu one dengan cara sinkronisasi.

26 Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah ini :’  Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.  Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.  Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.  Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.

27 Gracias Spanyol Terima Kasih Indonesia Xie Mandarin Syukron Arab Ghamsa-Hamnida Korea Arigato Jepang Syukria India Grazie Italia


Download ppt "Part I. Parallel and Distributed Computing Part II. Cluster Computing Part III Grid Computing TEKNOLOGI GRID COMPUTING Ir. H. Sumijan, M.Sc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google