Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CRISIS CENTER Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Bidang Pengabdian Masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CRISIS CENTER Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Bidang Pengabdian Masyarakat."— Transcript presentasi:

1 CRISIS CENTER Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Bidang Pengabdian Masyarakat

2 Indonesia akhir- akhir ini..

3 Ibu kota kita... Kadang-kadang. Bundaran HI Jakarta hampir tenggelam terendam banjir

4 Tempat tinggal saudara kita di Manado Banjir bandang di Manado, 19 orang tewas rumah rusak (merdeka.com)

5 Rumah saudara kita.. Setanah air. Ribuan rumah di Jakarta terendam banjir.

6 Saudara kita di Demak - Jepara Kedalaman air yang merendam ratusan rumah warga bervariasi antara 50 cm hingga 1-3 meter. masih ada 49 jiwa dari 12 keluarga yang masih di pengungsian. Sebanyak 328 rumah terendam banjir. Hanya sebagian yang mengungsi.

7 CRISIS CENTER Crisis Center (CC) Merupakan suatu program kerja yang bergerak dalam hal penanggulangan bencana. Kita tidak pernah menginginkan bencana, tetapi hanya ingin berusaha sigap dan tanggap setiap kali terjadi bencana.

8 Latar belakang - Penyaluran bantuan bencana alam yang cenderung terlambat karena menunggu penggalangan dana terlebih dahulu. Padahal bantuan di perlukan segera. - Ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi ujian.

9 Tujuan Meningkatkan peran dan aksi ISMKI terhadap bencana yang terjadi di Indonesia Menciptakaan suatu sistem aksi tanggap bencana cepat dan efektif Menciptakan koordinasi antar wilayah dalam hal tanggap bencana Mengajak seluruh mahasiswa kedokteran Indonesia untuk terlibat dalamaksi peduli bencana

10 DESKRIPSI suatu program yang bergerak dalam hal aksi tanggap bencana. Dilaksanakan di seluruh institusi Dilaksanakan sesuai SOP dan ketentuan dari ISMKI. Setiap pengmas institusi wajib memiliki program Crisis Center (CC) Setiap pengmas institusi wajib memiliki satu PJ CC tetap selama satu kepengurusan.

11 CRISIS CENTER PRE-BENCANA TANGGAP-BENCANA PASCA-BENCANA

12 I. PREBENCANA

13 PRE-BENCANA 1.Pencerdasan ke masa kampus (institusi). 2.Pemetaan daerah rawan bencana di Indonesia. 3.Pelatihan tanggap bencana dan medis oleh masing-masing institusi. 4.Kegiatan penggalangan dana secara kontinu / rutin oleh semua institusi. (dengan SOP ISMKI)

14 1. Pencerdasan ke masa kampus (institusi) Semua institusi wajib mengikuti dan membantu menyebarluaskan informasi yang diberikan akun ISMKI. (twitter, FB, line, dsb)

15 2. Pemetaan daerah rawan bencana Mendata daerah-daerah rawan bencana Indonesia. Dilaksanakan oleh PJ CC dan CE wilayah berkoordinasi dengan Pengmas institusi. Peta di distribusikan keseluruh institusi

16 3. Pelatihan tanggap becana dan medis Kegiatan ini bersifat edukasi mengenai bencana. Untuk materi dan pengaturan pelaksanaan akan ditetapkan dari setiap Institusi. Pelaksanaannya bekerjasama dengan lembaga yang berkompeten memberikan materi kebencanaan. Konsep pelatihan bersifat flexibel.

17 CE ISMKI PENGMAS INSTITUSI LEMBAGA BERKOMPETENSI MATERI : TANGGAP BENCANA & Medik PELATIHAN

18 4. PENGUMPULAN DANA RUTIN CC “STIKER DONASI”

19 Pengumpulan dana rutin CC bertujuan untuk mengumpulkan dana bantuan siaga. Di laksanakan sesuai dengan SOP yang telah di tetapkan.

20 CRISIS CENTER ISMKI Nasional MAHASISWA KEDOKTERAN WIlayah DANA SIAGA BENCANA BENCANA ALAM INDONESIA DANA TANGGAP BENCANA PENYALURAN BANTUAN OLEH CRISIS CENTER ISMKI SOP PENGUMPULAN DANA KONTINU CC Institusi

21 SOP PENGUMPULAN DANA CC DI INSTITUSI

22 Pengumpulan donasi dilakukan oleh pengmas Institusi dan dikordinasi oleh wilayah.

23 CC menawarkan stiker donasi seharga Rp ,00 yang di rilis setiap tahun.

24 Opsi pembayaran : 1.Sekali bayar 2.Dua (2) kali angsur (Rp 7500/ per semester) 3.Tiga (3) kali angsur (Rp 5000/ 4 bulan)

25 Stiker di distibusikan paling lambat bulan April 2015 oleh ISMKI melalui Pengmas Institusi.

26 II. Tanggap Bencana

27 TANGGAP BENCANA 1.konsolidasi (NM) cepat : (Informasi terkait besarnya bencana, dampak, bantuan yang diperlukan, korban, dll) 2.Pemetaan kondisi dan infromasi dengan daerah terkait melalui institusi terdekat oleh CE ISMKI. 3.Kegiatan tepat guna untuk galang dana oleh masing- masing institusi dengan SOP pengumpulan dana CC. 4.Penyaluran dana secara tepat (berdasarkan informasi) dan cepat.

28 TANGGAP BENCANA Penyaluran bantuan oleh CC melalui institusi atau wilayah terdekat Transfer ke rekening CC Penggalangan dana TANGGAP oleh institusi Konsolidasi cepat Bencana

29 III. Pasca bencana

30 PASCA-BENCANA Memberikan bantuan yang bersifat “recovery” dan follow-up terhadap daerah bencana. Mempublikasikan dan melaporkan hasil kerja.

31 TERIMAKASIH

32 #BAKTIISMKI #KalauBukanKitaSiapaLagi


Download ppt "CRISIS CENTER Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Bidang Pengabdian Masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google