Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CYBER COMPETITION Robotic.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CYBER COMPETITION Robotic."— Transcript presentasi:

1 CYBER COMPETITION Robotic

2 DESKRIPSI KEGIATAN Pada lomba ini, kategori yang akan dilombakan adalah “Autonomous Sumo Robot". Peserta dari tiap sekolah akan berkompetisi dalam tim yang beranggotakan maksimal 3 orang dengan 1 orang pembimbing, untuk merancang dan membangun sebuah robot yang memiliki kekuatan untuk mendorong keluar lawannya dari sebuah arena pertandingan

3 RULE AUTONOMOUS SUMO ROBOT

4 PERATURAN PESERTA Setiap peserta harus terdaftar di sekolah
Peserta merupakan pelajar tingkat SMA dan sederajat 1 tim maksimal terdiri dari 3 orang 1 tim harus dari sekolah yang sama

5 PERATURAN UMUM Peserta diharapkan untuk menghadiri Technical Meeting
Peserta harus datang tepat waktu Pada saat pertandingan berlangsung, peserta tidak diperbolehkan. menggunakan perangkat komunikasi Meminjam sesuatu dari tim lain tidak diperbolehkan Pelatih, fasilitator, dan pengamat dilarang memasuki kawasan pertandingan Peserta yang melanggar aturan atau berlaku curang akan dikenakan sanksi (diskualifikasi) atas pertimbangan dari dewan juri atau panitia Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

6 SPESIFIKASI ROBOT Robot dapat berupa robot set kit/modifikasi atau robot yang dibuat sendiri oleh peserta Ukuran maksimal panjang 30 cm x lebar 30 cm x tinggi 30 cm Berat maksimal 2 kg Tidak diperbolehkan menggunakan benda tajam dengan ukuran kurang dari 0,3 mm sebagai alat untuk menyerang lawan Dilarang menggunakan remote control Sumber tegangan maksimal 12 volt. Diperbolehkan untuk membawa satu set baterai cadangan (sesuai dengan jumlah baterai yang digunakan) dan alat-alat (Obeng, dll) Dilarang melakukan pengisian baterai pada saat kompetisi

7 PERATURAN PERTANDINGAN
Pertandingan akan dimulai dari garis start yang sudah ditentukan Sebelum pertandingan dimulai, peserta diberi waktu 1,5 jam untuk merakit robot dan memprogram robot. Lalu dikarantina Setiap pertandingan terdiri dari 3 ronde dengan alokasi waktu maksimal 3 menit per ronde. Urutan pertandingan ditentukan oleh undian.

8 ARENA Arena berbentuk lingkaran dengan jari-jari : 60 cm
Ada garis hitam di sekitar tepi arena Ada 2 garis hitam dengan panjang 24 cm di tengah arena sebagai garis start robot Jarak antara 2 garis : 24 cm Tebal garis ± 3 cm Tinggi arena ± 3 cm 60 cm 24 cm 24 cm 3 cm

9 SISTEM PERTANDINGAN Robot harus dapat beroperasi dengan hanya satu kali menahan tombol (fully-autonomous) Penjurian dimulai setelah aba-aba dari juri Robot yang sudah ditempatkan di arena tidak boleh disentuh oleh para kontestan kecuali telah diizinkan oleh juri Saat pertandingan dimulai, robot harus menabrak satu sama lain Robot akan dinyatakan menang apabila dapat mendorong lawan keluar Robot yang pertama kali keluar dinyatakan kalah Robot yang merusak arena akan didiskualifikasi atas pertimbangan juri dan komite Robot tidak boleh menghancurkan robot lawan Kompetisi menggunakan sistem gugur

10 KRITERIA PENJURIAN Pemenang ditentukan berdasarkan:
Robot dapat mendorong lawannya keluar arena (hingga bagian semua robot keluar arena) Jika robot lawan terbalik, maka robot lawan dinyatakan kalah Robot yang telah memenangkan 2 ronde dalam 1 game, atau jika pada suatu ronde waktu telah habis, maka dinyatakan seri dan pemenang ditentukan pada ronde selanjutnya dan maju ke pertandingan selanjutnya (system gugur) Turnamen akan berlanjut sampai diperoleh robot yang dapat bertahan hingga akhir turnamen


Download ppt "CYBER COMPETITION Robotic."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google