Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Memory merupakan/komponen sistem komputer yang berfungsi menyimpan data bersifat sementara atau permanen. Memori Terbagi atas 2 jenis  Memori Internal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Memory merupakan/komponen sistem komputer yang berfungsi menyimpan data bersifat sementara atau permanen. Memori Terbagi atas 2 jenis  Memori Internal."— Transcript presentasi:

1

2 Memory merupakan/komponen sistem komputer yang berfungsi menyimpan data bersifat sementara atau permanen. Memori Terbagi atas 2 jenis  Memori Internal  Memori Eksternal

3  Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor tanpa perantara modul I/ O.  Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat.

4 Memori ini disebut dengan memori program karena CPU mengambil Instruksi dari memori ini.Memori utama secara fungsional mengorganisir lokasi.setiap lokasi menyimpan sejumlah bit tertentu yang tetap. kapasitas dari suatu memori adalah : jumlah lokasi dikalikan dengan word lenght. Word length menunjukkan jumlah bit pada setiap lokasi. Setiap lokasi dalam memori mempunyai sebuah alamat yang unik dan dinyatakan dalam notasi biner atau heksadesimal

5  Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.  Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak.  mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

6  Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses  Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran  Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan

7  adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca.

8  Memeriksa isi CMOS (Compmentary Meta-Oxyde Semiconductor  Memuat penanganan interupsi (interupt handlers) dan pengendali peranti (device driver).  Menginisialisasi register dan manajemen daya listrik  Melakukan pengujian perangkat keras (POST atau the power-on self-test) untuk memastikan bahwa semua perangkat keras dalam keadaan baik  Menampilkan pengaturan-pengaturan pada sistem  Menentukan peranti yang akan digunakan untuk menjalankan program (ex. : hard disk)  Mengambil isi boot sector

9  PROM (Progammable Read-Only-Memory) ◦ PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan program oleh pemakai ◦ PROM tak bisa dihapus.  EPROM (Erasable Programmable Read-Only- Memory) Berbeda dengan PROM, isi EPROM dapat dihapus setelah diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.  EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only0Memory) ◦ dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus secara elektris melalui program ◦ Salah satu jenis EEPROM adalah Flash Memory. Flash Memory biasa digunakan pada kamera digital, konsol video game, dan cip BIOS

10

11

12  jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer Dihidupkan  menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat

13

14

15 Berada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu kepada memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya yang lebih tinggi, metode menggunakan cache memory bertujuan untuk meningkatkan kinerja sistem.

16  Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.  Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak.  mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

17  1. Berdasarkan Jenis Akses Data - DASD (Direct Access Storage Device) di mana ia mempunyai akses langsung terhadap data. Contohnya : Magnetik (floppy disk, hard disk),Removeable hard disk ( Flash disk),Optical Disk.(CD) -SASD (Sequential Access Storage Device) : Akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik.

18 a. Punched Card atau kartu berlubang b. Magnetic Disk c. Optical Disk d. Magnetic Tape


Download ppt "Memory merupakan/komponen sistem komputer yang berfungsi menyimpan data bersifat sementara atau permanen. Memori Terbagi atas 2 jenis  Memori Internal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google