Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aneka Peranti Lunak Apa saja gerangan?. Mengidentifikasi peranti lunak yang digunakan dalam sistem informasi Indikator : menunjukkan macam- macam peranti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aneka Peranti Lunak Apa saja gerangan?. Mengidentifikasi peranti lunak yang digunakan dalam sistem informasi Indikator : menunjukkan macam- macam peranti."— Transcript presentasi:

1 Aneka Peranti Lunak Apa saja gerangan?

2 Mengidentifikasi peranti lunak yang digunakan dalam sistem informasi Indikator : menunjukkan macam- macam peranti lunak, membedakan fungsi peranti lunak. Materi pokok : macam-macam peranti lunak beserta fungsinya. Software adalah kumpulan komponen dari satu sistem pengolahan data yang menunjang terlaksananya tugas dari sistem komputer. Inti fasilitas perangkat lunak terdiri atas perancangan sistem dan program.

3 Perancangan Sistem Data Jenis data yang akan diolah. Jaringan pengolahan data. Jenis informasi yang dihasilkan. Penyajian data : simbol (huruf, angka, tanda baca)  lisan, tulisan. Penggambaran data : di memory dinyatakan sebagai sinyal atau tanda elektronis  0 off, 1 on  binary.

4 PROGRAM Sistem operasi, membantu pengoperasian sistem komputer, mengontrol, mengatur kegiatan pemrosesan di dalam sistem itu. Paket program, dibuat khusus untuk suatu kebutuhan, misal perkantoran (pengolah kata, basis data, kertas kerja, presentasi, publikasi).

5 PROGRAM Program aplikasi, disusun untuk segala jenis pengolahan terhadap suatu sistem informasi. Program utilitas, untuk menunjang sistem operasi, contoh : anti virus, disk doctor, dll.

6 BAHASA KOMPUTER Dengan bahasa itu, manusia dapat berkomunikasi dengan komputer, memakai kata-kata terbatas, diuraikan per langkah dengan urutan sederhana dan logis. Bahasa yang dipakai adalah bahasa level rendah (kode mesin, kode perakitan) dan bahasa level tinggi.

7 Bahasa Level Rendah Instruksi pada bahasa mesin terdiri atas angka nol dan satu, formatnya terdiri atas operasi + alamat.Kode mesin tergantung pada tipe mesin yang dipakai (machine dependent language). Karena kode bahasa mesin sulit diingat, diganti dengan mnemonic /singkatan untuk kode perakitan, terjemahan oleh assembler.

8 Bahasa Level Tinggi Bahasa ini tergantung pada persoalan yang dihadapi, problem orientated language. Bahasa ini memungkinkan manusia memakai sebagian kata-kata bahasa Inggris dan kode-kode matematika. Contoh : fortran, cobol, basica, pascal, PL/1, RPG, dll.


Download ppt "Aneka Peranti Lunak Apa saja gerangan?. Mengidentifikasi peranti lunak yang digunakan dalam sistem informasi Indikator : menunjukkan macam- macam peranti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google