Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EVOLUSI Materi Perkuliahan Disusun Oleh : Beny Supriyanto, S.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EVOLUSI Materi Perkuliahan Disusun Oleh : Beny Supriyanto, S.Pd."— Transcript presentasi:

1

2 EVOLUSI Materi Perkuliahan Disusun Oleh : Beny Supriyanto, S.Pd

3

4 DEFINISI EVOLUSI Evolusi adalah perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama Evolusi yang terjadi pada organisme yang hidup dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Evolusi Progresif 2. Evolusi regresif Evolusi adalah perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama Evolusi yang terjadi pada organisme yang hidup dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Evolusi Progresif 2. Evolusi regresif

5 Evolusi progresif : Evolusi yang menghasilkan spesies yang memungkinkan untuk dapat bertahan hidup. Evolusi regresif : Evolusi yang menghasilkan spesies yang memungkinkan untuk tidak dapat bertahan hidup. Evolusi progresif : Evolusi yang menghasilkan spesies yang memungkinkan untuk dapat bertahan hidup. Evolusi regresif : Evolusi yang menghasilkan spesies yang memungkinkan untuk tidak dapat bertahan hidup.

6 BEBERAPA TOKOH SEBELUM PENCETUS EVOLUSI SEBELUM DARWIN  Erasmus Darwin dengan bukunya “ Zoomania “ Kehidupan itu berasal dari asal mula yang sama

7 BEBERAPA TOKOH SEBELUM PENCETUS EVOLUSI SEBELUM DARWIN  Jean Baptiste Lamarck dengan bukunya “Philosophie Zoologique” Diwariskannya sifat ( hukum Use and Disuse )

8 BEBERAPA TOKOH SEBELUM PENCETUS EVOLUSI SEBELUM DARWIN  Thomas Robert Maltus dengan bukunya “Essay on the principle of population” perjuangan untuk hidup TThomas Robert Maltus dengan bukunya “Essay on the principle of population” perjuangan untuk hidup

9 BEBERAPA TOKOH SEBELUM PENCETUS EVOLUSI SEBELUM DARWIN  George Cuvier,teorinya dikenal dengan “katatropisme” Setiap spesies tercipta secara terpisah

10 BEBERAPA TOKOH SEBELUM PENCETUS EVOLUSI SEBELUM DARWIN  Anaximander (yunani),250 Th SM, menyatakan bahwa manusia berasal dari sejenis makhluk yang menyerupai ikan.

11 Kegagalan teori evolusi diatas dikarenakan tidak dapatnya menjelaskan tentang proses adaptasi makhluk hidup dalam lingkungan juga mekanisme interaksi lingkungan dengan makhluk hidup, sehingga pengertian evolusi cenderung hanya bersifat gagasan dan tidak menyangkut bagaimana evolusi itu terjadi dan kemana arah evolusi tersebut. Kegagalan teori evolusi diatas dikarenakan tidak dapatnya menjelaskan tentang proses adaptasi makhluk hidup dalam lingkungan juga mekanisme interaksi lingkungan dengan makhluk hidup, sehingga pengertian evolusi cenderung hanya bersifat gagasan dan tidak menyangkut bagaimana evolusi itu terjadi dan kemana arah evolusi tersebut.

12

13 EVOLUSI MAHLUK HIDUP MENURUT DARWIN Pada tahun 1859, C. Darwin menerbitkan bukunya dengan judul “On the Origin of Spesies by Means of natural Selection or the Preservation of Fafoured Races in the Struggle for Life”.

14 Gagasan C. Darwin dan Alfred Wallace tentang evolusi ditandai atas tiga observasi dan dua kesimpulan: Observasi 1. tidak ada tekanan dari lingkungan, makhluk hidup cenderung untuk memperbanyak diri seperti deret ukur. Observasi 2. Dalam kondisi lapangan,meskipun anggota populasi sering berubah dalam jangka waktu yang panjang, besarnyan populasi adalah tetap. Gagasan C. Darwin dan Alfred Wallace tentang evolusi ditandai atas tiga observasi dan dua kesimpulan: Observasi 1. tidak ada tekanan dari lingkungan, makhluk hidup cenderung untuk memperbanyak diri seperti deret ukur. Observasi 2. Dalam kondisi lapangan,meskipun anggota populasi sering berubah dalam jangka waktu yang panjang, besarnyan populasi adalah tetap.

15 Kesimpulan : Tidak semua telur dan sperma dapat menjadi zigot. Tidak semua zigot menjadi dewasa, tidak semua makhluk dewasa dapat bertahan dan mengadakan reproduksi. Untuk dapat bertahan perlu adanya perjuangan.

16 Observasi 3 : Tidak semua anggota suatu spesies adalah sama, dengan perkataaan lain terjadi variasi dalam spesies. Kesimpulan :Dalam perjuangan untuk hidup, variasi yang baik akan menikmati hasil kompetisi terhadap varian lain. Varian tersebut akan berkembang menjadi lebih banyak secara proporsional dan akan mempunyai keturunan secara proporsional pula. Observasi 3 : Tidak semua anggota suatu spesies adalah sama, dengan perkataaan lain terjadi variasi dalam spesies. Kesimpulan :Dalam perjuangan untuk hidup, variasi yang baik akan menikmati hasil kompetisi terhadap varian lain. Varian tersebut akan berkembang menjadi lebih banyak secara proporsional dan akan mempunyai keturunan secara proporsional pula.

17 Pada dasarnya teori Darwin dapat dibedakan atas dua hal pokok yaitu tentang perubahan evolutif dan konsep mengenai seleksi alam. Secara evolutif Darwin menolak pendapat bahwa makhluk hidup adalah produk ciptaan yang tak dapat berubah.

18 Seleksi alam menurut Darwin dapat didiskripsikan sebagai berikut:  Di alam individu berbeda dengan sesamanya, perbedaan ini meskipun hanya sebagian kecil saja, ditentukan oleh factor yang diteruskan melalui pewarisan sifat dan, kapanpun perbedaan-perbedaan ini menyangkut ketahanan yaitu keberhasilan bertahan sampai usia reproduksi,. sehingga makhluk hidup memberikan keturunan

19  Individu yang mempunyai kecocokan yang lebih besar dengan lingkungannyalah yang mampu bertahan oleh sebab itu lingkungan sebagai penyeleksi terhadap kelestarian makhluk hidup dari generasi ke generasi, sehingga disebut dengan istilah seleksi alam.

20 Ajaran Darwin tentang evolusi didasarkan pada pokok-pokok pikiran sebagai berikut : Tidak ada dua individu yang sama. Setiap populasi cenderung bertambah banyak. Untuk berkembang biak perlu makanan dan ruangan yang cukup. Kenyataan menunjukkan bahwa pertambahan populasi tidak berjalan terus menerus,sehingga kenaikan polpulasi tidak tak terbatas.


Download ppt "EVOLUSI Materi Perkuliahan Disusun Oleh : Beny Supriyanto, S.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google