Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. TAHAP 1 : Tactical Coordination Fokus pada koordinasi taktis dari berbagai kegiatan pemasaran, elemen komunikasi dan pencapaian konsistensi dan sinergy.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. TAHAP 1 : Tactical Coordination Fokus pada koordinasi taktis dari berbagai kegiatan pemasaran, elemen komunikasi dan pencapaian konsistensi dan sinergy."— Transcript presentasi:

1 1. TAHAP 1 : Tactical Coordination Fokus pada koordinasi taktis dari berbagai kegiatan pemasaran, elemen komunikasi dan pencapaian konsistensi dan sinergy diantara fungsi-fungsi yang ada. Penekanan kebijaksan komunikasi pada “satu suara” melalui Komunikasi Pemasaran Tujuannya : 1. Lebih efektif menyampaikan pesan ke marketplace 2. Menerapkan kekuatan teknik komunikasi secara menyeluruh

2  Kuncinya :  Kebutuhan Integrasi sangat diperlukan untuk komunikasi lintas fungsi di dalam organisasi, lintas bisnis unit dengan suppliers. Umumnya organisasi membuat prosedur, Standard Operational Procedure (SOP), ISO untuk memperoleh konsistensi.  Organisasi harus mengeluarkan biaya untuk proses integrasi. Lebih efisien jika dilakukan sendiri dibandingkan menggunakan sponsor.

3 2. TAHAP 2 : Redefining Scope of Marketing Communication Perencana Marcom memandang komunikasi itu dinamis dan terus menerus mencoba untuk mengontak pelanggan. Aktivitas marcom meliputi : karyawan pemasaran internal, suppliers dan partner bisnis lainnya yang berhubungan dengan program komunikasi eksternal. Redefining of the Scope of Marcom dilakukan dengan mengubah koordinasi yang sederhana menjadi komunikasi yang lebih efektif dengan cara :

4 1. Komunikasi Pemasaran dimulai tidak hanya dengan departemen Marcom tetapi meliputi semua yang berhubungan dengan pelanggan 2. Organisasi berusaha untuk lebih memahami pelanggan & prospeknya. Tidak hanya perasaannya tetapi juga apa yang mereka lakukan & mengapa mereka lakukan itu. 3. Menekankan usaha pada identifikasi, pemahaman dan ciptakan kesempatan komunikasi semua fungsi dalam perusahaan dengan pelanggan.

5 Kuncinya : 1. Organisasi mencari informasi tentang pelanggan dengan menggunakan Riset Pasar untuk mengetahui perilaku konsumen & menggunakan informasi tsb untuk perencanaan, mengembangkan dan evaluasi kegiatan marcomnya. 2. Organisasi yang kreatif akan menghasilkan berbagai masukan yang dapat dipakai sebagai informasi tentang pelanggan yang bermanfaat bagi organisasi secara keseluruhan 3. Tantangan terberat untuk integrasi adalah program komunikasi eksternal.

6 TAHAP 3 : Application of Information technology Tuntutan untuk penggunaan data empiris pelanggan menggunakan IT untuk data base mengenai identitas,nilai dan memonitor program komunikasi internal dan eksternal yang terintegrasi. Mengintegrasikan data konsumen dari berbagai sumber untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

7 Penggunaan Teknologi dengan cara : 1. Menggunakan data base untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengelola informasi tentang pelanggan & prospek 2. Mengembangkan teknologi untuk menyampaikan bagaimana dan kapan pesan disampaikan kepada target market 3. Menggunakan komunikasi elektronik untuk penyebaran informasi untuk dan tentang konsumen dan menyimpan berbagai informasi yang ada di pasar. Kuncinya : Organisasi harus mencari sumber data sehingga dapat mempunyai akses data yang baik untuk membuat rencana program Komunikasi Pemasaran.

8 TAHAP 4 : Financial & Strategic Integration Menekankan penggunaan ketrampilan dan data di tahap awal untuk perencanaan strategic perusahaan berdasarkan informasi dari pelanggan. Membuat bentuk laporan keuangan yang dapat mengukur tingkat pengembalian investasi yang diharapkan Kuncinya : 1. Perlu perbaikan sistem dan proses untuk mengukur aktifitas komunikasi secara efektif 2. Penerapan alat-alat IMC secara objectif

9


Download ppt "1. TAHAP 1 : Tactical Coordination Fokus pada koordinasi taktis dari berbagai kegiatan pemasaran, elemen komunikasi dan pencapaian konsistensi dan sinergy."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google