Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3-1 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. BAB-3 PEMAHAMAN DIRI (SELF AWARENESS)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3-1 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. BAB-3 PEMAHAMAN DIRI (SELF AWARENESS)"— Transcript presentasi:

1 3-1 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. BAB-3 PEMAHAMAN DIRI (SELF AWARENESS)

2 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-2 APAKAH PEMAHAMAN DIRI? Kesadaran diri adalah mengetahui motivasi, preferensi dan kepribadian serta memahami bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi penilaian, keputusan dan interaksi dengan orang lain. Dalam bukunya Howard menjelaskan, melalui kesadaran diri adalah "mengembangkan kemampuan untuk tahu bagaimana merasa dan mengapa, dan dampak perasaan terhadap perilaku. Tetapi juga melibatkan kapasitas untuk memantau dan mengontrolnya.

3 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-3 MOTTO Orang hebat melakukan pencarian dalam dirinya sementara orang kejam mencari dalam diri orang lain. -Confucius-

4 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-4 Self-Awareness — Your Four Selves Open Self Open Johari Window Mengenal diriTdk Mengenal diri Diketahui Orang Lain Tdk Diketahui Orang Lain

5 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-5 Open Self Blind Self Open Blind Self-Awareness — Your Four Selves Johari Window Mengenal diriTdk Mengenal diri Diketahui Orang Lain Tdk Diketahui Orang Lain

6 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-6 Open Self Blind Self Hidden Self Open Blind Hidden Self-Awareness — Your Four Selves Johari Window Mengenal diriTdk Mengenal diri Diketahui Orang Lain Tdk Diketahui Orang Lain

7 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-7 Open Self Blind Self Hidden Self Unknown Self Open Unknown Blind Hidden Self-Awareness — Your Four Selves Johari Window Mengenal diriTdk Mengenal diri Diketahui Orang Lain Tdk Diketahui Orang Lain

8 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-8 MANFAAT PEMAHAMAN DIRI Memahami diri sendiri dalam hubungannya dengan orang lain. Mengembangkan dan melaksanakan program perbaikan diri yang sehat. Mengatur kehidupan yang sesuai dan tujuan karir. Mengembangkan hubungan dengan orang lain. Memahami nilai keanekaragaman. Mengelola orang lain secara efektif. Meningkatkan produktivitas. Meningkatkan kemampuan Anda berkontribusi untuk organisasi, komunitas Anda, dan keluarga.

9 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. 3-9 KURANGNYA PEMAHAMAN DIRI Kurangnya kesadaran diri dapat menyebabkan keputusan yang buruk, gagasan tidak realistis pada kompetensi seseorang, dan bahkan sampai tergelincirnya karir. Kesadaran diri memungkinkan orang untuk membuat keputusan yang baik: yang realistis terhadap seseorang dan kebutuhan orang lain, tujuan, sumber daya dan kemampuan yang dapat menyebabkan penilaian yang lebih akurat dan hasil yang lebih positif. Sebaliknya, kurangnya kesadaran sendiri dapat menghasilkan keputusan yang mengarah pada konsekuensi negatif. Kesadaran diri memungkinkan orang untuk memahami kekuatan dan kompetensi inti-elemen inti yang berkontribusi terhadap keberhasilan seseorang.

10 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM KURANGNYA PEMAHAMAN DIRI Kurangnya kesadaran diri dapat menghasilkan kebalikan-ketidakmampuan, karena individu tidak menyadari apa kesenjangan antara persepsi mereka tentang kekuatan dan sejauh mana mereka benar- benar memiliki kekuatan yang bersangkutan. Kurangnya kesadaran diri juga telah terbukti berkorelasi dengan tergelincirnya karir. Dalam sebuah studi oleh Center for Creative Leadership, faktor umum tergelincirnya karir adalah "kurangnya potret yang akurat tentang diri." Mereka yang tidak memiliki kesadaran diri kurang mampu untuk melihat diri mereka secara akurat dan karena itu kurang bisa melakukan perbaikan yang diperlukan untuk perubahan dan perbaikan.

11 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM BAGAIMANA MENDAPATKANNYA? Langkah pertama untuk menyadari diri kita sendiri adalah mengakui kelemahan kita, kekuatan, bias, sikap, nilai, dan persepsi. Ada banyak cara untuk meningkatkan kesadaran sendiri kita. Beberapa di antaranya adalah menganalisis pengalaman kita sendiri, melihat diri kita melalui mata orang lain, membuka diri, memperoleh pengalaman beragam, dan meningkatkan kecerdasan emosional kita.

12 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM SARANA UNTUK MEMPEROLEH PEMAHAMAN DIRI

13 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM MENUMBUHKAN KESADARAN DIRI Dialog dengan diri sendiri Tak seorangpun mengetahui diri Anda daripada Anda sendiri. Masalahnya kita jarang sekali, kalaupun pernah, menanyai diri sendiri tentang diri sendiri. Salah satu caranya adalah melakukan tes “Siapa Saya”? “Saya adalah...” inilah dasar dari Anda membuat analisa diri yang bisa dijabarkan menjadi analisa SW (Strengths/ Weaknesses) kemudian dari analisa tersebut buatlah “Tujuan Perbaikan-Diri” atau analisa OT (Opportunities/Threats). Mendengarkan Kita dapat mengenal diri sendiri dengan melihat diri sendiri seperti yang dilakukan orang lain. Orang lain senantiasa memberikan umpan balik yang sangat kita perlukan untuk meningkatkan kesadaran-diri.

14 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM MENUMBUHKAN KESADARAN DIRI Mengurangi Daerah Buta Secara aktif carilah informasi untuk mengurangi daerah buta Anda. Orang akan mengungkapkan informasi seperti itu bila Anda mendorong mereka. Manfaatkanlah situasi- situasi tertentu setiap hari untuk mendapatkan informasi diri. Amatilah Diri Anda yang berbeda-beda semua Masing-masing kita dipandang secara berbeda oleh setiap kawan dan keluarga. Bagi setiap mereka, kita adalah orang yang berbeda-beda—tetapi kita sebenarnya adalah semua pandangan mereka itu. Berlatihlah melihat diri sendiri seperti cara orang yang berinteraksi dengan kita melihat kita.

15 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM MENUMBUHKAN KESADARAN DIRI Memperluas Daerah Terbuka Kesadaran-diri umumnya meningkat bila Anda memperluas daerah terbuka Anda. Bila Anda mengungkapkan diri Anda kepada orang lain, Anda sekaligus juga mengungkapkan diri Anda kepada diri sendiri. Anda melihat lebih jelas apa yang selama ini tidak tampak. Dengan mendiskusikan diri Anda sendiri, Anda mungkin menemukan hubungan-hubungan yang selama ini hilang. Dengan bantuan umpan balik dari orang lain, Anda mendapatkan pandangan- pandangan baru. Semua ini membantu meningkatkan kesadaran-diri Anda.

16 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM PENGUNGKAPAN DIRI Bila kita mengungkapkan informasi dari daerah tertutup (hidden self) kita, kita melakukan pengungkapan-diri. Dalam bagian ini kita mengamati sejumlah aspek pengungkapan diri (self disclosure): hakikatnya, faktor-faktor yang mempengaruhinya, penghindarannya, manfaat atau kegunaannya, dan kemungkinan bahayanya.

17 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM HAKIKAT PENGUNGKAPAN DIRI Pengungkapan-Diri adalah jenis komunikasi dimana kita mengungkapkan informasi tentang diri kita sendiri yang biasanya kita sembunyikan. Pengungkapan-Diri adalah informasi tentang diri sendiri, tentang pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang atau tentang orang lain yang sangat dekat yang sangat dipikirkannya. Pengungkapan-Diri melibatkan sedikitnya satu orang lain. Agar pengungkapan-diri terjadi, tindak komunikasi harus melibatkan sedikitnya dua orang. Pengungkapan-Diri tidak bisa merupakan tindak intrapribadi.

18 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN DIRI Besar Kelompok Pengungkapan-Diri lebih banyak terjadi dalam kelompok kecil daripada dalam kelompok besar. Diad (kelompok yang terdiri atas dua orang) merupakan lingkungan yang paling cocok untuk pengungkapan-diri. Perasaan Menyukai Kita membuka diri kepada orang-orang yang kita sukai atau cintai atau juga yang kita percayai, dan kita tidak akan membuka diri kepada orang yang tidak kita sukai. Efek Diadik Kita melakukan pengungkapan-diri bila orang yang bersama kita juga melakukan pengungkapan-diri. Efek Diadik ini barangkali membuat kita merasa lebih aman dan nyatanya memperkuat perilaku pengungkapan-diri kita sendiri.

19 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN DIRI Kompetensi Orang yang kompeten lebih banyak melakukan dalam pengungkapan-diri daripada orang yang kurang kompeten. Mereka yang lebih kompeten mempunyai rasa percaya diri yang diperlukan untuk lebih memanfaatkan pengungkapan-diri. Kepribadian Orang-orang yang pandai bergaul (sociable) dan ekstrover melakukan pengungkapan-diri lebih banyak daripada mereka yang kurang pandai bergaul dan lebih introver. Perasaan gelisah juga mempengaruhi derajat pengungkapan-diri.

20 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN DIRI Topik Kita lebih cenderung membuka diri tentang topik tertentu daripada topik lain. Sebagai contoh, kita lebih mungkin mengungkapan informasi diri tentang pekerjaan atau hobi kita daripada tentang kehidupan atau situasi keuangan kita. Kita juga mengungkapkan informasi yang bagus lebih cepat daripada informasi yang kurang baik. Jenis Kelamin Faktor terpenting yang mempengaruhi pengungkapan-diri adalah jenis kelamin. Umumnya pria lebih kurang terbuka daripada wanita.

21 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM IMBALAN PENGUNGKAPAN DIRI Pengetahuan-Diri Salah satu manfaat pengungkapan-diri adalah kita mendapatkan perspektif baru tentang diri sendiri dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perilaku kita sendiri. Kemampuan Mengatasi Kesulitan Argumen lain yang berkaitan erat adalah bahwa kita akan lebih mampu menanggulangi masalah atau kesulitan kita, khususnya perasaan bersalah, melalui pengungkapan-diri.

22 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM IMBALAN PENGUNGKAPAN DIRI Efisiensi Komunikasi Pengungkapan-diri memperbaiki komunikasi. Kita memahami pesan-pesan dari orang lain sebagian besar sejauh kita memahami orang lain secara individual. Kita dapat lebih memahami apa yang dikatakan seseorang jika kita mengenal baik orang tersebut. Kedalaman Hubungan Barangkali alasan utama pentingnya pengungkapan-diri adalah bahwa ini perlu untuk membina hubungan yang bermakna diantara dua orang. Tanpa pengungkapan-diri, hubungan yang bermakna dan mendalam tidak mungkin terjadi. Dengan pengungkapan-diri, kita memberi tahu orang lain bahwa kita mempercayai mereka, menghargai mereka, dan cukup peduli akan mereka dan akan hubungan kita untuk mengungkapkan diri kita kepada mereka.

23 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM BAHAYA PENGUNGKAPAN DIRI Penolakan Pribadi dan Sosial Bila kita melakukan pengungkapan-diri biasanya kita melakukannya kepada orang yang kita percaya. Kita melakukan pengungkapan-diri kepada seseorang yang kita anggap akan bersikap mendukung pengungkapan-diri kita. Tentu saja, orang ini mungkin ternyata menolak kita. Kerugian Material Adakalanya pengungkapan-diri mengakibatkan kerugian material. Politisi uang mengungkapkan bahwa ia pernah dirawat psikiater mungkin akan kehilangan dukungan partai politiknya sendiri dan rakyat akan enggan memberikan suara baginya. Kesulitan Intrapribadi Bila reaksi orang lain tidak seperti yang diduga, kesulitan intrapribadi dapat terjadi. Bila Anda ditolak dan bukan didukung, bila orangtua Anda malah mencemooh dan bukan membelai Anda, dan bila kawan-kawan Anda menghindar dari Anda dan bukan mendekati Anda seperti sebelumnya, Anda berada dalam jalur menuju kesulitan intrapribadi.

24 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM PEDOMAN UNTUK PENGUNGKAPAN DIRI Motivasi Pengungkapan-Diri Pengungkapan-diri haruslah didorong oleh rasa berkepentingan terhadap hubungan, terhadap orang lain yang terlibat, dan terhadap diri sendiri. Pengungkapan-diri tidak boleh digunakan untuk menghukum diri sendiri (barangkali karena perasaan bersalah atau konflik yang tak terpecahkan). Pengungkapan-diri hendaknya bermanfaat dan produktif bagi semua pihak yang terlibat. Kepatutan Pengungkapan-Diri Pengungkapan-diri sesuai dengan lingkungan (konteks) dan hubungan antara pembicara dan pendengar.

25 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM PEDOMAN UNTUK PENGUNGKAPAN DIRI Pengungkapan-Diri Orang Lain Selama pengungkapan-diri Anda, berikan lawan bicara kesempatan untuk melakukan pengungkapan-dirinya sendiri. Jika lawan bicara ini tidak melakukan pengungkapan-diri juga, maka pikirkanlah kembali pengungkapan-diri Anda. Ketiadaan pengungkapan-diri timbal balik ini mungkin merupakan isyarat bahwa orang tersebut pada saat itu dan dalam suasana itu tidak menyambut baik pengungkapan-diri Anda. Beban yang Mungkin Ditimbulkan Pengungkapan- Diri Pertimbangkanlah dengan cermat kesulitan yang mungkin Anda timbulkan akibat pengungkapan-diri. Mampukah Anda menanggung resiko kehilangan pekerjaan jika Anda mengungkapkan bahwa Anda bekas narapidana? Apakah Anda bersedia menanggung resiko putus hubungan jika Anda mengungkapkan masalah hubungan yang lalu.

26 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM PEDOMAN UNTUK MENANGGAPI PENGUNGKAPAN DIRI ORANG LAIN Manfaatkan Ketrampilan Mendengarkan yang Efektif dan Aktif Dengarkanlah secara aktif, dengarkanlah berbagai makna yang dikemukan, dengarkanlah dengan empati, dan dengarkanlah dengan pikiran terbuka. Utarakan pengertian terhadap perasaan pembicara untuk memberikan kesempatan kepada pembicara melihat hal ini secara lebih objektif dan melalui kacamata orang lain. Dukung dan Kukuhkan Pengungkapan Nyatakan dukungan bagi orang ini selama dan setelah pengungkapan-dirinya. Hindarkanlah evaluasi selama pengungkapan-diri, pusatkanlah pada pemahaman dan empati kepada pembicara, biarkan pembicara menentukan sendiri tempo pembicaraannya.

27 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM PEDOMAN UNTUK MENANGGAPI PENGUNGKAPAN DIRI ORANG LAIN Menjaga Kerahasiaan Bila seseorang membuka diri kepada Anda, itu adalah karena ia ingin Anda mengetahui perasaan dan pikirannya. Janganlah menceritakan pengungkapan-diri ini kepada orang lain, banyak dampak negatif yang akan timbul. Jangan Manfaatkan Pengungkapan-Diri Orang Lain untuk Merugikannya Banyak pengungkapan-diri memaparkan kelemahan atau kekurangan. Jika belakangan kita berbalik memanfaatkan ini untuk menjatuhkan pembicara, kita telah bertindak tidak jujur, kita menghianati kepercayaan yang diberikan kepada kita. Jika kita memanfaatkan pengungkapan-diri ini untuk menjatuhkan pengungkapnya, hubungan kita pasti menjadi rusak dan tidak akan pernah pulih kembali sepenuhnya.


Download ppt "3-1 KECAKAPAN ANTAR PERSONAL Copyright © 2012 By. Ir. Arthur Daniel Limantara, MT, MM. BAB-3 PEMAHAMAN DIRI (SELF AWARENESS)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google