Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamu’alaikum wr.wb. Salam sejahtera Muslimin Ibrahim

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamu’alaikum wr.wb. Salam sejahtera Muslimin Ibrahim"— Transcript presentasi:

1 Assalamu’alaikum wr.wb. Salam sejahtera Muslimin Ibrahim

2 Muslimin Ibrahim PEMBELAJARAN BIOLOGI ABAD 21 DALAM DESAIN, STRATEGI, MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN GLOBAL

3 Tantangan Pendidikan Global Pendidikan Global Desain & Strategi Pembelajaran Biologi untuk Menghadapi tantangan ISSUE Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

4 GLOBALISASI Apa yang berubah….  Otomatisasi  Globalisasi  Tempat kerja  Demografi  Risiko personal & tanggungjwab Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

5 OTOMATISASI, BANYAK PEKERJAAN MANUSIA DIAMBIL ALIH KOMPUTER Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

6 Apa saja jenis pekerjaan yang dapat dilakukan komputer? Mengikuti aturan rutin: Beragam pekerjaan di mana informasi dapat didigitalkan dan tugas kunci dapat di uraikan menjadi seperangkat aturan yang dapat diprediksi. –Contoh: Reservasi pesawat udara, KA, tiket, boarding pas. Sekarang Anda dapat melakukan semua proses tsb tanpa pernah berbicara dengan seorangpun! –Mesin Belajar, kalau yang dididik guru “rutin” bisa diganti komputer----pulpen bicara, buku bicara Mengenali Pola Sederhana. –Contoh: Pada telepon, dapat mengenali kalimat sederhana untuk merespon “stimulus”, kemudian menyediakan informasi yang diperlukan atau menghubungkan kita dengan orang lain. Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

7 Atomatisasi sangat berpengaruh pada Pendidikan Komputer dapat mengikuti perintah rutin lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah dari pada manusia. Jumlah tugas-tugas yang dapat dilakukan komputer semakin bertambah setiap tahun Kurikulum-kurikulum yang menekankan pada kerja “mengikuti perintah” untuk menemukan satu jawaban tunggal --- sama dengan mengarahkan siswa pada pekerjaan yang MUNGKIN SUDAH TIDAK ADA LAGI SAAT MEREKA LULUS Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

8 Source: Levy, F. & Murnane, R. J. (2004). The new division of labor: How computers are creating the next job market. Princeton, NJ: Russell Sage Foundation. (p. 50, Figure 3.5) Perubahan Kebutuhan Tenaga Kerja Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

9 Mendidik siswa kita untuk berkompetisi dengan komputer, berarti mendidik mereka untuk berkompetisi yang tidak mampu dimenangkannya Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

10 PEKERJAAN APA YANG BELUM DAPAT DILAKUKAN KOMPUTER Expert Thinking Complex Communication Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

11 Expert Thinking— Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang tak terduga yang penyelesaiannya tidak bisa diprogram dan tidak bisa diprediksi hasilnya. Complex Communications—Interaksi dengan orang lain untuk memperoleh informasi, menjelaskannya, atau melakukan persuasi. Untuk melakukan hal itu semua memerlukan kreativitas, sementara komputer belum dapat melakukannya. Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

12 Globalisasi Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

13 Globalisasi Ditandai dengan:  Dunia berubah dengan cepat, semakin datar, tanpa batas negara,  teknologi informasi berkembang pesat--- internet,  Informasi terdapat di mana-mana, dapat diakses dengan mudah, Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

14 Globalisasi Ada dua dimensi:  Dimensi teknologi  Dimensi ideologi Thomas L. FriedmanDimensi teknologi adalah informasi yang membuat dunia seperti tak memiliki jarak.Dimensi teknologi adalah informasi yang membuat dunia seperti tak memiliki jarak. Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

15 Globalisasi Amerika Eropa Asia Dokter Pasien Obat Peluang Kolaborasi dan Interaksi Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

16 Globalisasi Ada dua dimensi:  Dimensi teknologi  Dimensi ideologi Thomas L. FriedmanDimensi ideologi adalah sebuah pemahaman atas kapitalisme dan pasar bebas.Dimensi ideologi adalah sebuah pemahaman atas kapitalisme dan pasar bebas. Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

17 DUNIA BERUBAH CEPAT  GLOBALISASI INFORMASI  GLOBALISASI EKONOMI  GLOBALISASI BUDAYA Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

18 TUGAS GURU MENYIAPKAN SISWA…. Untuk bisa bekerja pada suatu lapangan kerja, padahal boleh jadi pada saat sekarang PEKERJAAN ITU BELUM ADA, belum ditemukan. Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

19 TUGAS GURU MENYIAPKAN SISWA…. Untuk menggunakan teknologi yang boleh jadi pula, teknologi yang dimaksud BELUM DITEMUKAN. Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

20 DAHULU CONTOH Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

21 TUGAS GURU MENYIAPKAN SISWA…. Untuk terampil menyelesaikan masalah yang boleh jadi masalahnya BELUM ADA pada saat sekarang atau tidak sama dengan masalah yang dihadapi pada masa sekarang. Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

22 Pendidikan Global Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

23 Memberi pengalaman Relevan dg Semua org Memberi pengalaman Relevan dg Semua org Transfor matif Transfor matif Yang menyadarkan pentingnya kebersamaan Yang menyadarkan pentingnya kebersamaan Aktif berbasis nilai universal Aktif berbasis nilai universal Menyiapkan siswa agar berhasil hidup Menyiapkan siswa agar berhasil hidup Membekali siswa dg Ketr, pengeta- huan, sikap Membekali siswa dg Ketr, pengeta- huan, sikap Kreatif ke arah perubahan Kreatif ke arah perubahan Pendidikan Global adalah proses pendidikan yang… Pendidikan Global adalah proses pendidikan yang… SISWA Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

24 SISWA Alat utk bekerja Penguasaan ICT dan Literasi Informasi Cara Berpikir Kreatif, kritis, problem solving, pengambilan keputusan, pebelajar mandiri Kecakapan Hidup Bagaimana hidup sebagai warga negara dg tanggungjawab pribadi & sosial serta kehidupan & karir Cara bekerja Kemampuan untuk bekerja di era digital seperti komunikasi & kolaborasi SISWA DIBEKALI APA? Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

25 Rancangan Bagaimana? Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

26 Menggunakan biologi sebagai sarana untuk membekali siswa dengan “semua” keperluannya Mempelajari biologi jangan terlalu di”rangkum” sehingga jadi sederhana, tetapi diperlu dimaksnai dari berbagai sisi

27 Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd. MODEL PERILAKU BIOLOGI DIDEFINISIKAN SEBAGAI… Berbagai fenomena merupakan contoh Skeptis, objektif Metode ilmiah Pengamatan, eksperimen Fakta, konsep, teori SIKAP ILMIAH PROSES ILMIAH PRODUK ILMIAH

28 Landasan Berpikir-1 Dalam setiap fenomena biologi selalu terdapat “pesan” dan model perilaku/sikap Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd. Perlu dimaknai oleh GURU agar bisa diinternalisasi oleh siswa, sehingga mereka Memiliki Pengetahuan, kemudian merasakan, dan selanjutnya mereka berbuat atau meniru

29 Landasan Berpikir Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd. Pengendalian diri--- produktivitas

30 Biologi didefinisikan sebagai produk, proses, sikap, & Model (Ibrahim, 2011, 2012, 2013, 2014) Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

31 75% orang belajar melalui pengamatan khususnya keterampilan dan sikap Landasan Berpikir-2 Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

32 Siapa modelnya? Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

33

34 Landasan Berpikir-3 Belajar biologi yang paling baik dilakukan melalui cara sebagaimana biologi itu ditemukan (Leslie & Briggs, 1987) Belajar aktif melalui pendekatan saintifik mengembangkan keterampilan berpikir, problem solving, kreativitas (Dyers, J.H. et al [2011]) Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

35 Landasan Berpikir-4 Sikap tidak dapat diajarkan tetapi ditularkan melalui modeling dan pembiasaan---perlu model Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd. Tahapan pembentukan sikap: knowing –Feeling – Acting

36 Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

37 TEMUAN (JAWABAN MASALAH) Penyelesaian Masalah Melalui pengamatan & percobaan Internalisasi: Knowing-Feeling-Acting Pendekatan Saintifik Pemodelan Perilaku Prof. DR. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

38 Ciri esensial Ciri esensial Tahap dan umur Tahap dan umur Proses terjadi Proses terjadi Pengertian Dst. Peran Konsep Metamor- fosis Konsep Metamor- fosis Menggunakan pendekatan saintifik (pengamatan), hands-on activity siswa belajar tentang konsep Metamorfosis pada kupu-kupu, keterampilan memelihara dan merawat Menggunakan pendekatan saintifik (pengamatan), hands-on activity siswa belajar tentang konsep Metamorfosis pada kupu-kupu, keterampilan memelihara dan merawat

39 Perubahan perilaku buruk (ulat) menjadi baik (kupu) dilakukan lewat pengendalian diri (kepompong) Diwajibkan kepadamu Berpuasa Agar kamu menjadi takwa Diwajibkan kepadamu Berpuasa Agar kamu menjadi takwa Kupu-kupu baru sulit keluar dari kepompong, sebaliknya bila lubang diperbesar, kupu-kupu mudah keluar tetapi tak bisa terbang Setelah kesulitan Pasti ada kemudahan Setelah kesulitan Pasti ada kemudahan PENDIDIKAN: BELAJAR BERBAGAI SIKAP POSITIP YANG DIMODELKAN OLEH FENOMENA YANG DIAMATI DALAM PROSES METAMORFOSIS PENDIDIKAN: BELAJAR BERBAGAI SIKAP POSITIP YANG DIMODELKAN OLEH FENOMENA YANG DIAMATI DALAM PROSES METAMORFOSIS PROSES PENDIDIKAN

40 Ulat rakus: selalu mendatangkan kerusakan, membawa kerugian dan kegalan panen sehingga menyusahkan Kupu-kupu: berperilaku penyenangkan, makanan terpilih hanya yang baik dan yang dikeluarkan juga baik (madu), kalau hinggap tidak menggoyangkan dahan Pengendalian diri, puasa PUASA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS, DAN MAMPU MENGUBAH PERILAKU BURUK MENJADI BAIK PROSES PENDIDIKAN

41 Kesulitan yang dialami oleh kupu saat keluar dari kepompong melalui lubang yang sempit adalah CARA TUHAN mengalirkan cairan tubuh ke dalam sayap kupu sehingga menjadi kuat untuk terbang

42

43 Memahami konsep perkecambahan biji Menampilkan sikap apresiasi terhadap hak dan kewajiban Mengolah dan mengembangkan rasa humanistis. MODEL Hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah yang mereka khawatir akan kesejahteraan (QS 4/9) PENDIDIKAN PENGAJARAN

44 Meskipun memiliki kekurangan, tetap berusaha mengemban amanah yang dipercayakan

45 Pertumbuhan batang tumbuhan didominasi oleh pertumbuhan pujuk memanjang karena adanya auksin terminal (a) Kalau pucuk dipotong, auksin terminal dihilangkan---tumbuh cabang karena aksin aksial (b) PRINSIP DOMINASI PUNCAK Harta tidak akan habis karena sedekah justru akan bertambah, bertambah, dan bertambah. HAKIKAT SEDEKAH DAN ZAKAT 2,5% PENGAJARAN PENDIDIKAN

46 Peserta didik Belajar “Dogma sentral” DNA RNA PROTEIN SCIENTIFIC APPROACH Melalui berbagai strategi pengamatan,eksperimen diskusi, mengamati simulasi, praktek siswa belajar tentang: 1.Proses replikasi 2.Proses transkripsi 3.Translasi 4.Mencakup pengertian, proses, contoh, hasil 5.Siswa menemukan bahwa DNA anak sampa dengan DNA induk 6.Pesan DNA dikirim lewat RNA –tetap sama replikasi Transkripsi Translasi

47 Peserta didik Belajar “Sikap” PEMIMPIN CALON PEMIMPIN DUTA TARGET Kaderisasi Pendelegasian tugas Pelaksanaan Tugas PEMODELAN DAN INTERNALISASI Menggunakan fenomena dogma sentral, siswa belajar tentang: 1.Semua kita adalah pemimpin 2.Karakter pemimpin melakukan pembinaan (kaderisasi) 3.Pendelegasian Tugas, menanamkan kepercayaan pada bawahan 4.Duta atau pelaksana tugas bersifat amanah—pesan disampaaikan utuh

48 Scientific approach Hukum Tekanan Pascal Tekanan (P)=Gaya (F)/Luas Daerah (A). P= F/A Ketika Anda sedang tertekan, jangan biarkan hati Anda yang menanggung keseluruhannya. Berbagilah dengan bagian tubuh Anda yang lainnya berbagilah dengan orang lain, sehingga luas daerah semakin besar dan tekanan dalam diri Anda berkurang.

49 Scientific approach Lewat eksperimen siswa menemukan bahwa lintasan gerak peluru terjauh kalau sudut elevasi 45 derajat

50 Pemaknaan Hidup yang dimulai dari titik 0 berangsur naik dan membentuk sebuah sudut elevasi tertentu (semakin menuju 45 derajat, semakin menuju pada sebuah keselarasan hidup, di mana relasi antara sesama manusia dan sang pencipta seimbang). Pada gerak parabola, ada titik dimana kita naik dan ada pula titik dimana kita akan jatuh. Hiduplah pada sudut 45 derajat. Itu adalah kehidupan yang penuh dengan keseimbangan antara Hidupmu dan TuhanMu. Kebanyakan dari kita menggunakan gerak parabola ini dalam kehidupan.

51 Desian & strategi ini ditunjukkan kefektivannya menstimulasi terbentuknya sensitivitas moral, kemampuan berpikir, penyelesaian masalah dalam biologi, (Habibie, 2010; Bagio, 2014; Pertiwiningrum, 2014), fisika Budiastuti, (2012) Irwansyah (2014), Kimia, Endang (2011), pada siswa SD (Nugroho, 2013, Umimah, 2013)

52 TERIMA KASIH


Download ppt "Assalamu’alaikum wr.wb. Salam sejahtera Muslimin Ibrahim"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google