Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENILAIAN ASPEK PASAR DAN PEMASARAN Pertemuan V-VI Topik 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENILAIAN ASPEK PASAR DAN PEMASARAN Pertemuan V-VI Topik 1."— Transcript presentasi:

1 PENILAIAN ASPEK PASAR DAN PEMASARAN Pertemuan V-VI Topik 1

2 PENGERTIAN ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN DALAM SKB  Analisis pasar penting untuk dilakukan karena tidak ada proyek yang berhasil di kemudian hari tanpa adanya permintaan produk/jasa tersebut.

3 PENGERTIAN ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN DALAM SKB  Analisis pasar berfungsi untuk mencari gagasan proyek dan menilai kelayakan proyek dari aspek pasarnya.

4 PENGERTIAN ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN DALAM SKB Analisis pasar merupakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang pada umumnya meliputi  deskripsi pasar,  analisis permintaan masa lalu, sekarang dan akan datang,  analisis penawaran barang/jasa masa lalu, sekarang dan masa datang,  perkiraan pangsa pasar, kondisi persaingan dan  program atau strategi pemasaran yang akan dilakukan.

5 PENGERTIAN ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN DALAM SKB Tahap-tahap yang perlu dialakukan antara lain adalah :  menentukan tujuan studi,  mengadakan studi informal dan studi formal yang mencakup pengumpulan data sekunder dan atau data primer,  meneliti karakteristik permintaan saat ini,  memperkirakan permintaan masa datang, merencanakan strategi pemasaran dan menilai kelayakan proyek dari aspek pasarnya.

6 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN Pertemuan V-VI TOPIK 2

7 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN  Salah satu hal yang paling penting di dalam melakukan analisis pasar dan pemasaran adalah mengukur dan meramalkan permintaan pasar.  Pada dasarnya Pasar terdiri atas sekelompok konsumen potensial dan konsumen riil dari suatu penawaran.

8 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN  Salah satu hal yang paling penting di dalam melakukan analisis pasar dan pemasaran adalah mengukur dan meramalkan permintaan pasar.  Pasar terdiri atas sekelompok konsumen potensial dan konsumen riil dari suatu penawaran.

9 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN Prosedur yang bisa diikuti dalam mengadakan pengukuran dan peramalam pasar adalah  pertama, mengadakan analisis ekonomi secara global,  kedua, melakukan analisis industri,  ketiga, mengukur dan meramalkan permintaan proyek dan terakhir mengadakan pengawasan peramalan.

10 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN Mengukur permintaan sekarang dapat dilakukan untuk memprediksi permintaan yang akan datang yang terdiri atas mengukur pasar potensial dan pangsa pasar.

11 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN  Meramal permintaan dilakukan dengan teknik-teknik peramalam baik kualitas maupun kuantitatif.  Teknik kualitatif yang digunakan misalnya judgment forcast, dan beberapa teknik survai.

12 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN  Sedangkan teknik peramalan kuantitatif lebih dikenal dengan metode statistik yang terdiri atas analisis runtut waktu dan analisis regresi-korelasi.

13 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN  Setelah mengadakan peramalam dengan menggunakan teknik-teknik peramalan tertentu, perusahaan perlu mengadakan pengawasan peramalan.  Hal ini dilakukan untuk mengetahui telah sesuai tidaknya teknik peramalan yang digunakan.

14 ESTIMASI DAN ANALISIS BARANG/JASA YANG DIMINTA DAN YANG TERSEDIA SERTA ANALISIS PERSAINGAN  Jika belum sesuai dapat digantikan dengan teknik yang lain atau disesuaikan dengan kondisi yang ada.  Terakhir adalah perlu diadakannya analisis pesaing terutama dalam kaitannya dengan peramalam penjualan proyek dan penyususnan strategi pemasaran.

15 TEKNIK DAN USAHA MEMASARKAN BARANG/JASA DARI PROYEK Pertemuan V-VI TOPIK 3

16 TEKNIK DAN USAHA MEMASARKAN BARANG/JASA DARI PROYEK  Usaha-usaha memasarkan produk proyek diperlukan agar target penjualan tercapai,  Dengan kata lain bahwa usaha memasarkan produk diperlukan agar proyeksi penjualan yang telah ditentukan di dalam laporan studi kelayakan dapat menjadi kenyataan.

17 TEKNIK DAN USAHA MEMASARKAN BARANG/JASA DARI PROYEK  Usaha pemasaran tersebut diwujudkan dalam strategi pemasaran untuk selanjutnya disusun suatu program pemasaran.

18 TEKNIK DAN USAHA MEMASARKAN BARANG/JASA DARI PROYEK Strategi pemasaran meliputi  pengambilan keputusan atas rencana pengluaran atau biaya pemasaran,  bauran pemasaran dan  alokasi biaya pemasaran.

19 TEKNIK DAN USAHA MEMASARKAN BARANG/JASA DARI PROYEK  Agar strategi pemasaran dapat dilaksanakan, maka perlu disusun suatu program pemasaran yang mencakup kebijakan produk, harga saluran distribusi dan promosi.

20 TEKNIK DAN USAHA MEMASARKAN BARANG/JASA DARI PROYEK Kebijakan produk meliputi  kualitas produk,  pembungkusan,  pemberian merek dan pelayanan. Sedangkan kebijakan harga mencakup  penentuan harga pada berbagai tahap dalam distribusi,  potongan, pembayaran kredit dan sebagainya yaitu yang berkaitan dengan penentuan harga untuk yang pertama kali.

21 TEKNIK DAN USAHA MEMASARKAN BARANG/JASA DARI PROYEK  Kebijakan saluran distribusi merupakan berbagai usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka penyediaan produk guna memudahkan konsumen menjangkau dan mendapatkan produk yang diinginkan.  Kebijakan promosi merupakan usaha perusahaan untuk menginformasikan produknya kepada konsumen dan mempengaruhi mereka agar membeli produk.


Download ppt "PENILAIAN ASPEK PASAR DAN PEMASARAN Pertemuan V-VI Topik 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google