Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Koneksi Database Java dan Access. Pendahuluan Ada beberapa proses dasar di dalam pemrograman database, diantaranya adalah: –koneksi database yang suatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Koneksi Database Java dan Access. Pendahuluan Ada beberapa proses dasar di dalam pemrograman database, diantaranya adalah: –koneksi database yang suatu."— Transcript presentasi:

1 Koneksi Database Java dan Access

2 Pendahuluan Ada beberapa proses dasar di dalam pemrograman database, diantaranya adalah: –koneksi database yang suatu teknik untuk menghubungkan aplikasi dengan sebuah DBMS (DataBase Management System). –Menampilkan data dari database menggunakan query –Mengelola data, seperti menambah data, menghapus data dan memperbaikia data.

3 Koneksi Java dengan Access Berikut ini akan dicontohkan koneksi antara database Access dengan bahasa pemrograman Java. Sebelumnya, buat database dengan nama DataMahasiswa di dalamnya, buat tabel dengan nama MasterMhs yang memiliki struktur sebagai berikut :

4 Membuat ODBC ODBC merupakan aturan yang digunakan untuk mengakses sebuah database. Agar dapat mengakses database DataMahasiswa yang kita buat, buat DataSourceName (DSN) dengan menggunakan ODBC driver Access (*.mdb) yang diberi nama AksesDataMhs. Tekan tombol select untuk memilih database DataMahasiswa Kemudian tekan tombol Advanced untuk memasukkan user : admin dan password : admin.

5 Koneksi Database Untuk melakukan koneksi database Access dengan Java, ketik program berikut ini kemudian jalankan :

6 import javax.swing.*; import java.awt.*; import java.sql.*; public class Koneksi { void KoneksiDatabase() { try { Class.forName("sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver"); Connection con = DriverManager.getConnection("jdbc:odbc:AksesDataMhs;uid='admin';pw='admin'"); JOptionPane.showMessageDialog(null,"Koneksi Berhasil !!!","Report Koneksi",JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE); con.close(); } catch(Exception e) { System.err.println("Exception: " + e.getMessage()); } public static void main(String args[]) { Koneksi konek=new Koneksi(); konek.KoneksiDatabase(); System.exit(0); }

7 Hasil

8 Aplikasi sederhana Berikut ini adalah beberapa aplikasi sederhana dalam berhubungan dengan database, diantaranya bagaimana memasukkan data ke dalam database, mencari data dan mengedit data. Program diberi nama AplikasiPenilaian.java

9 Menampilkan data melalui Tabel Agar tidak selalu membuka dan menutup database untuk melihat data mahasiswa, kita juga dapat membuat sebuah aplikasi yang secara spesifik digunakan untuk melihat data melalui sebuah tabel. Programnya ada di AplikasiViewData.java

10 Tugas Buat program menu yang memiliki struktur : –Data –Laporan –Keluar Jika menu Data di-click akan dipanggil program Aplikasi Penilaian yang telah dibuat sebelumnya. Jika menu Laporan di-click akan dipanggil program untuk menampilkan data melalui tabel seperti yang telah dibuat sebelumnya.


Download ppt "Koneksi Database Java dan Access. Pendahuluan Ada beberapa proses dasar di dalam pemrograman database, diantaranya adalah: –koneksi database yang suatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google