Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Selamat Datang Peserta Training Website Building & Installasi E-Learning FICOS TRAINING CENTER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Selamat Datang Peserta Training Website Building & Installasi E-Learning FICOS TRAINING CENTER."— Transcript presentasi:

1 Selamat Datang Peserta Training Website Building & Installasi E-Learning FICOS TRAINING CENTER

2 nama : aris puja w. Prodi : pendidikan teknik mesin 2008 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

3 apa itu domain Name ? Identitas Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet. (Berdasarkan artikel di wikipedia)

4 pengalamatan domain dengan angka Pada awal internet di kembangkan, satu sistem bernama IP address digunakan untuk memberikan alamat kepada masing- masing server yang tergabung ke dalam jaringan internet. IP Address ini berupa deretan angka kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari hingga

5 Kendala pengalamatan domain dengan angka manusia umumnya tidak mudah untuk mengingat kombinasi angka dalam jumlah besar. Solusinya adalah mengasosiasikan nomor IP tersebut dalam kombinasi huruf yang membentuk sebuah nama yang mudah diingat. Nah, nama host sebagai pengenal di jaringan internet inilah yang kita sebut sebagai domain, sedangkan sistem pengalamatan berbasis domain dikenal sebagai Domain Name Sistem (DNS)

6 apa itu DNS ? Domain Name Sistem (DNS) adalah: aturan yang dipakai dalam penamaan nama domain. Name Server (NS) merupakan alamat atau lokasi dari suatu server. Misalnya kita mempunyai domain domainku.com yang tersimpan di server. Untuk menuju kesana, pihak server menyediakan NS supaya memudahkan dalam pengaksesan data. Selain DNS dan NS ada istilah Propagasi DNS yaitu: proses penyebaran dari DNS supaya dikenali oleh seluruh jaringan internet.

7 Penamaan Domain aturan-aturan teknis agar domain tersebut dapat dipandang sebagai domain yang valid. Pengalamatan berbasis domain menggunakan sistem berjenjang mulai dari level paling atas (dikenal sebagai TLD, Top Level Domain), hingga jenjang di bawahnya Ambil contoh situs (http://blog.uns.ac.id) merupakan subdomain dari domain yang bernaung dibawah TLD.ac.id

8 Penetapan TLD internasional tersebut berada dalam wewenang ICANN (The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, sebuah organisasi nirlaba internasional yang khusus menangani hal-hal yang berkaitan dengan alokasi IP di Internet, protokol-protokol yang digunakan, serta manajemen sistem penamaan berbasis domain.

9 pengelolaan TLD secara administratif merupakan wewenang dari IANA (Internet Assigned Numbers Authority, yang juga merupakan sebuah organisasi nirlaba yang mengemban fungsi koordinasi global di internet.

10 TLD Lokal Selain TLD internasional, kita juga mengenal TLD lokal yang mencakup suatu negara tertentu (dikenal sebagai Country Code Top Level Domain, ccTLD) Misal :.id pengelolaannya diserahkan kepada IDNIC (www.idnic.net.id)www.idnic.net.id

11 Cybersquatter dan Domain Pelesetan Untuk memiliki sebuah domain, maka kita haruslah mendaftar pada badan / lembaga / perusahaan yang yang memiliki hak untuk menambahkan domain baru dibawah TLD yang sudah ada.

12 domain sering dimanfaatkan sebagai objek spekulasi yang menguntungkan. Para "spekulan domain" bekerja dengan modus membeli domain- domain tertentu untuk kemudian dianggurkan dengan harapan suatu saat ada pihak yang membutuhkan domain tersebut dan kemudian bersedia membeli dengan harga tinggi. Aktifitas ini dikenal sebagai cybersquatting, dan pelakunya biasa disebut cybersquatter.

13 Hosting Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user. Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet.

14 Bagaimana cara Mengelola Web Hosting : Setelah anda memiliki / menggunakan jasa layanan web hosting, selanjutnya bagaimana mengelolanya, hal ini merupakan hal yang mudah, karena secara umum pengelolaan web hosting disajikan dalam tampilan GUI, Salah satu aplikasi yang di gunakan adalah C-Panel dengan menu-menu yang komplit, sesuai dengan kebutuhan pengelola web.

15 cPanel cPanel adalah sebuah control panel web hosting pada Linux memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting disebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standard. Selain memberikan GUI (Guide User Interface) untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan berdasarkan API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk automasi sistem standar proses administrasinya

16 cms CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format- format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain.

17 Apa itu wordpress? Wordpress adalah salah satu aplikasi atau script berbasis web yang dapat anda gunakan untuk membangun sebuah website atau blog. Wordpress digunakan oleh sebagian besar pengguna web karena instalasinya yang sangat mudah bahkan untuk yang masih pemula

18 Apa itu moodle? Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam "ruang kelas" digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment.

19 Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License

20 Apa itu elearning? E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing- masing


Download ppt "Selamat Datang Peserta Training Website Building & Installasi E-Learning FICOS TRAINING CENTER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google