Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Kalimat Aktif Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai pelaku.Prediketnya berupa kata yang mendukung suatu perbuatan. Ciri-Ciri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Kalimat Aktif Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai pelaku.Prediketnya berupa kata yang mendukung suatu perbuatan. Ciri-Ciri."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian Kalimat Aktif Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai pelaku.Prediketnya berupa kata yang mendukung suatu perbuatan. Ciri-Ciri kalimat Aktif 1.S = melakukan pekerjaan 2. =merupakan kata kerja yang berimbuhan (me-,meng- kan,meng-I,ber,memper-I, memper-kan,kata kerja aus)

3 1.Kalimat Aktif Intransitif Yaitu kalimat aktif yang prediketnya tidak diikuti oleh objek penderita.Prediketnya berupa kata kerja berafik(me-,ber,dan kata kerja aus) Contoh: 1.Padinya menguning. 2.Angin berembus kencang. 3.Burung hinggap di pohon.

4 Kalimat Aktif Transitif (ekatransitif) yaitu kalimat aktif yang prediketnya diikuti oleh objek. Prediketnya berupa kata kerja yang berafik (me,me-I,me-kan,mem- per,memper-I, memper-kan Contoh: 1.Nilai ujian nasional menentukan nasib siswa. 2.Peraturan itu mempersempit lapangan kerja. 3.Dia memperhatikan nasihat guru.

5 Kalimat Aktif Bitransitif (dwitransitif) yaitu kalimat aktif yang memerlukan kehadiran dua buah objek.Prediket biasanya berafik (meng-kan,meng-i) Contoh: 1.Kamu harus membuatkan nenek segelas kopi. 2.Ayah mengirimi kami uang tiap bulan. 3.Dia menugasi saya tugas itu.

6 Kalimat Aktif Medial yaitu kalimat yang prediketnya bermakna menyatakan pekerjaan untuk diri sendiri. Contoh: 1.Ida sedang mencari pekerjaan. 2.Ayah memasukan kue ke mulutnya

7 Kalimta Aktif Repsiprokal yaitu kalimat yang prediketnya menyatakan pekerjaan berbalasan. Contoh: 1.Kami bersalam-salaman setiap lebaran. 2.Mereka berpandang-pandangan di bawah pohon akasia.

8 Pengertian kalimat pasif Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai penderita atau pasien/ subjeknya dikenai oleh suatu pekerjaan.

9 1.S = dikenai pekerjaan 2.P = berafik(di,di-i,di-kan,diper-I,diper-kan,diper-,ter-,ter-kan,ke-,ke-an 3.Prediket yang diikuti pelaku kata ganti orang bentunya berkombinasi dengan dengan kata ganti orang Contoh: 1.Sawah sudah kubeli. 2.Khabar itu kami dengar dari ibu.

10 1.Kalimat pasif tindakan,yaitu kalimat pasif yang prediketnya berafik (di,ter,ke,dan kata ganti) Contoh: 1.Adik dipanggil ibu. 2.Bangunan itu didirikan setahun yang lalu. 3.Penumpang bus itu terlempar keluar. 4.Nasi itu mereka makan tadi malam

11 2.Kalimat pasif keadaan,yaitu kalimat pasif yang prediketnya berafik (ke-an) Contoh: 1.Rudi kehujanan tadi sore. 2.Dia kemasukan roh jahat.

12 1.Menggunakan verba berprefik di-, Caranya: a.Tukarkan S dengan O b.Ganti Prefik me- dengan di- pada prediket. c.Tambahkan kata “oleh” di muka unsur yang tadinya S.Contoh: Pak toha mengangkat seorang asisten baru = KA Seorang Asisten baru diangkat oleh PakToha =KP

13 2.Menggunakan verba tanpa prefik di- Caranya; a.Pindahkan o keawal kalimat b.Tanggalkan prefik me-,pada P c.Pindahkan S ketempat yang tepat sebelum Verb.Contoh: Saya sudah mencuci mobil itu. =KA Mobil itu sudah saya cuci.=KP


Download ppt "Pengertian Kalimat Aktif Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai pelaku.Prediketnya berupa kata yang mendukung suatu perbuatan. Ciri-Ciri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google