Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Bapa Surgawi Kita yang Pengasih 2. Anak 3. Roh Kudus 4. Keselamatan 5. Bagaimana Supaya Diselamatkan 6. Bertumbuh di Dalam Kristus 7. Hidup Seperti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Bapa Surgawi Kita yang Pengasih 2. Anak 3. Roh Kudus 4. Keselamatan 5. Bagaimana Supaya Diselamatkan 6. Bertumbuh di Dalam Kristus 7. Hidup Seperti."— Transcript presentasi:

1 1. Bapa Surgawi Kita yang Pengasih 2. Anak 3. Roh Kudus 4. Keselamatan 5. Bagaimana Supaya Diselamatkan 6. Bertumbuh di Dalam Kristus 7. Hidup Seperti Yesus 8. Gereja 9. Misi Kita 10. Hukum Allah 11. Sabat 12. Kematian dan Kebangkitan 13. Kedatangan Yesus Kedua Kali Daftar Isi:

2 Pelajaran 9 Misi Kita

3 Kata-kata Pembuka Kecuali setiap anggota jemaat secara aktif berpartisipasi di dalam penugasan Kristus untuk memuridkan orang, jemaat tidak akan berbuah, lambat laun mati.

4 Untuk mengingatkan setiap anggota jemaat bahwa tugas untuk menginjil atau menjadikan setiap orang menjadi murid Kristus adalah merupakan tugas setiap anggota jemaat. Hal ini disebutkan Yesus sebelum kenaikan-Nya ke Surga (Lihat Matius 28:18-20) Tujuan Pelajaran

5 "Dan Injil kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahan­ nya" (Matius 24:14). Ayat Hafalan

6 Selama empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya, Kristus menampakkan diri beberapa kali kepada murid- murid- Nya (1 Kor. 15:3-8), dan Ia meletakkan tanggung jawab memberitakan Injil di tangan mereka (Kisah. 1:2, 3). Berulang-ulang Ia mempercayakan kepada mereka tugas pemberitaan Injil.. Pendahuluan

7 ...penulis Injil...menyediakan bagi kita pemahaman yang berharga tentang tujuan, metodologi, dan ruang lingkup. Pendahuluan

8 b Understand the purposes of marriageA Misi Kita Selayang Pandang Misi Kita Selayang Pandang 1. U ntuk Menerangi Dunia (Matius 5:14-16) 2. Untuk Menjadikan Murid (Matius 28:19, 20) 3. Untuk Mengkhotbahkan Injil (Markus 16:15, 16)

9 b Understand the purposes of marriageA Misi Kita Selayang Pandang Misi Kita Selayang Pandang 1. U ntuk Menerangi Dunia (Matius 5:14-16)

10 Misi Kita 1.Untuk Menerangi Dunia Misi Kita 1.Untuk Menerangi Dunia Matius 5:14-16 “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

11 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang Di seluruh Alkitab, terang berkaitan erat dengan Allah... Allah adalah sumber terang. Kitab Suci sering menggunakan terang untuk melambangkan kebenaran, pengetahuan, dan ke­salehan. Terang berarti Allah, kegelapan berarti Satan.

12 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang Yesus Kristus, Anak Allah yang Kekal, adalah "terang manusia,... Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam duia" (Yoh. 1:4, 9). Melalui Dia kita boleh memiliki "terang dari penge­tahuan tentang kemuliaan Allah" (2 Kor. 4:6), itulah karakter-Nya.

13 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang Ketika kita menerima Kristus sebagai Juruselamat kita, kita menjadi "anak- anak terang" (Yoh. 12:36; I Tes. 5:5). Namun kita tidak memiliki terang di dalam diri kita sendiri. Seperti bulan, apa yang dapat kita lakukan adalah memantulkan terang yang bersinar pada kita. Ketika kita mengizinkan Yesus bersinar melalui kita, kita tidak akan melakukan perbuatan baik untuk memamerkan kebajikan kita sendiri tetapi untuk menuntun orang lain untuk memuliakan Allah.

14 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang 1.Untuk Menerangi Dunia Anak-anak Terang "Jika Kristus tinggal dalam hati, tidak mungkin untuk menyembunyikan terang kehadiran-Nya. Jika orang- orang yang mengaku pengikut Kristus.... tidak memiliki terang untuk diberikan, itu disebabkan mereka tidak memiliki hubungan dengan Sumber terang. Ellen G. White, Khotbah di Atas Bukit, hlm. 51.

15 Kesaksian orang percaya bisa memiliki kuasa yang meyakinkan hanya melalui kehadiran Roh Kudus yang tinggal di dalam hati mereka. Setelah menerima Roh,... mereka mampu untuk berbicara, secara terbuka dan dengan kuasa yang besar, tentang apa yang mereka sendiri telah saksikan dan alami. Kesaksian kita tentang Kristus harus selalu menyertakan pengalaman kita sendiri dengan Dia. 1.Untuk Menerangi Dunia Menjadi Saksi 1.Untuk Menerangi Dunia Menjadi Saksi

16 DISKUSIKAN Menurut Anda, bagaimana pengalaman pribadi Anda bersama Tuhan? Apakah yang telah Allah lakukan terhadap hidup Anda yang dapat Anda saksikan kepada orang lain tentang Allah sehingga Anda benar-benar dapat menjadi terang dunia?

17 b Understand the purposes of marriageA Misi Kita Selayang Pandang Misi Kita Selayang Pandang 2. Untuk Menjadikan Murid (Matius 28:19, 20)

18 Misi Kita 2.Untuk Menjadikan Murid Misi Kita 2.Untuk Menjadikan Murid Matius 28:19, 20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

19 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu Mengutus... melibatkan tujuan, karena orang diutus untuk melaksanakan satu misi. Yesus diutus oleh Bapa untuk menyelamatkan dunia (Yoh. 3:17), dan kita diutus oleh Yesus untuk memproklamasikan keselamatan melalui Dia. Terbukti, tugas kita adalah lanjutan dari pekerjaan Kristus, yang terdiri dari pelayanan lengkap kepada semua orang

20 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu Yesus memberikan Roh Kudus untuk menyanggupkan para murid melaksanakan misi mereka. Pengurapan yang sama sangat diperlukan saat ini untuk menggenapi tugas yang dipercayakan kepada kita.

21 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu Dalam memberikan perintah agung Yesus menggunakan empat kata kerja: Pergi, jadikan murid, baptis, dan ajar. Dalam bahasa Yunani, satu-satunya kata kerja bentuk perintah adalah menjadikan murid, sementara tiga kata kerja lainnya adalah participle. Ini mengartikan bahwa penekanan pada kalimat itu ada pada menjadikan murid, tiga aktivitas lainnya bergantung pada hal ini.

22 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu 2.Untuk Menjadikan Murid Jadi Aku Mengutus Kamu Tiga aktivitas tidak harus terjadi secara berurutan; sebaliknya, mere­ka saling melengkapi satu dengan yang lain. Baptisan... adalah bagian dari proses menjadikan seseorang murid. Tugas kita adalah mengundang orang untuk mengikut Yesus, yang berarti percaya kepada-Nya, menuruti pengajaran-Nya, mengadopsi jalan hidup-Nya, dan mengundang orang lain untuk juga menjadi murid-Nya.

23 DISKUSIKAN Dengan cara apa gereja Anda setempat meneruskan pelayanan Ye­sus kepada komunitas Anda? Bagaimanakah Anda bisa membantu meningkatkan pelayanan misionaris gereja?

24 b Understand the purposes of marriageA Misi Kita Selayang Pandang Misi Kita Selayang Pandang 3. Untuk Mengkhotbahkan Injil (Markus 16:15, 16)

25 Misi Kita 3.Untuk Mengkhotbahkan Injil Misi Kita 3.Untuk Mengkhotbahkan Injil Markus 16:15, 16 “Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum..”

26 3.Untuk Mengkhotbahkan Injil Merupakan Satu Keharusan 3.Untuk Mengkhotbahkan Injil Merupakan Satu Keharusan Sebagaimana dalam Injil Matius, kata kerja pergi dalam bahasa Yunani adalah bentuk participle yang mengindikasikan bukan sebuah tugas tetapi gerakan yang dibutuhkan untuk memenuhi tugas tersebut. Misi itu sendiri diekspresikan oleh bahasa Yunani dengan kata kerja kerusso, yang di sini diberikan dalam bentuk perintah. Kerusso berarti "mewartakan dengan kuat, mengumumkan, mengkhotbahkan.“ Gereja harus mengkhotbahkan Injil.

27 3.Untuk Mengkhotbahkan Injil Merupakan Satu Keharusan 3.Untuk Mengkhotbahkan Injil Merupakan Satu Keharusan Mengkhotbahkan Injil ke segala makhluk, bagaimanapun juga, tidak secara otomatis berarti bahwa setiap orang akan menerimanya. Hanya, "siapa yang percaya dan dibaptiskan akan diselamatkan" (Mrk. 16:16). Kita harus berkhotbah dengan semangat, berharap bahwa setiap pendengar akan menyerah kepada undangan Injil.

28 DISKUSIKAN Menurut Anda hal apa sajakah yang sering sekali menghalangi anggota jemaat untuk mengabarkan Injil? Apakah yang membakar imajinasi Anda, mendorong semangat Anda untuk terlibat dalam Amanat Agung Kristus?

29 Kutipan Roh Nubuat Kristus "mengadakan persediaan penuh untuk meneruskan pekerjaan itu, dan Ia sendiri bertanggung jawab atas kemajuannya. Selama mereka menurut sabda-Nya, dan bekerja bersama-sama dengan Dia, mereka tidak dapat gagal.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 6, hlm. 477.

30 Kutipan Roh Nubuat "Tiap murid yang sejati dilahirkan di dalam kerajaan Allah sebagai seorang pe­ngabar Injil. Orang yang minum dari air hidup itu menjadi mata air hidup pula. Penerima itu menjadi pemberi. Kasih karunia Kristus dalam jiwa adalah bagaikan mata air di padang belantara yang meluap-luap untuk menyegarkan semua orang, dan menjadikan mereka yang sudah hampir binasa ingin minum air hidup itu.“ Ellen G.White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm "Tiap murid yang sejati dilahirkan di dalam kerajaan Allah sebagai seorang pe­ngabar Injil. Orang yang minum dari air hidup itu menjadi mata air hidup pula. Penerima itu menjadi pemberi. Kasih karunia Kristus dalam jiwa adalah bagaikan mata air di padang belantara yang meluap-luap untuk menyegarkan semua orang, dan menjadikan mereka yang sudah hampir binasa ingin minum air hidup itu."— Ellen G.White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 198.

31 Kutipan Roh Nubuat "Perintah Juruselamat kepada murid-murid meliputi semua orang percaya. Pe­rintah ini meliputi segala orang percaya dalam Kristus sampai akhir zaman. Ada­lah suatu kekeliruan yang berbahaya bila menganggap bahwa pekerjaan menyela­matkan jiwa- jiwa hanya bergantung kepada pendeta yang sudah diurapi.... Semua orang yang menerima hidup Kristus ditentukan untuk bekerja bagi keselamatan sesama manusia. Untuk pekerjaan inilah jemaat itu didirikan, dan semua orang yang mengadakan janji suci itu berjanji untuk bekerja bersama-sama dengan Kris­tus." Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 6, hlm "Tiap murid yang sejati dilahirkan di dalam kerajaan Allah sebagai seorang pe­ngabar Injil. Orang yang minum dari air hidup itu menjadi mata air hidup pula. Penerima itu menjadi pemberi. Kasih karunia Kristus dalam jiwa adalah bagaikan mata air di padang belantara yang meluap-luap untuk menyegarkan semua orang, dan menjadikan mereka yang sudah hampir binasa ingin minum air hidup itu."— Ellen G.White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 198.

32 RANGKUMAN Jemaat ada oleh karena misi yang dituntun oleh Roh sebagai­mana api ada oleh karena oksigen yang membakar. Mereka yang menjadikan murid-murid yang tulus sedang memenuhi tujuan Allah bagi jemaat- Nya.

33 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Misi jemaat terpusat pada tugas penginjilan yang telah diperintahkan Kristus Setiap anggota gereja wajib berpartisipasi dalam tugas yang diurapi Allah yakni untuk menjadikan orang-orang menjadi murid Kristus. Saya tidak menyadari hal ini. Minggu depan ini saya akan berdoa dengan sungguh- sungguh agar Allah membukakan pintu-pintu, agar saya dapat membagikan iman saya kepada setiap orang yang berinteraksi dengan saya.

34 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "1. Bapa Surgawi Kita yang Pengasih 2. Anak 3. Roh Kudus 4. Keselamatan 5. Bagaimana Supaya Diselamatkan 6. Bertumbuh di Dalam Kristus 7. Hidup Seperti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google