Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNITAS DESA. DEFINISI DESA Suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri. (Sutardjo.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNITAS DESA. DEFINISI DESA Suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri. (Sutardjo."— Transcript presentasi:

1 KOMUNITAS DESA

2 DEFINISI DESA Suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri. (Sutardjo Kartohadikusumo) Suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung dibawah camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (C.S. Kansil)

3 U NSUR - UNSUR D ESA Daerah tanah yang produktif, lokasi, luas dan batas yang merupakan lingkungan geografis, Penduduk, jumlah penduduk, pertambahan penduduk, persebaran penduduk dan mata pencaharian penduduk, Tata Kehidupan, pola tata pergaulan dan ikatan pergaulan warga desa termasuk seluk beluk kehidupan masyarakat desa, Kebudayaan dan unsur-unsur kebudayaannya

4 C IRI -C IRI K EHIDUPAN M ASYARAKAT D ESA Ciri khas desa sebagai suatu komunitas pada masa lalu selalu dikaitkan dengan kebersahajaan ( simplicity ), keterbelakangan, tradisionalisme, subsistensi, dan keterisolasian Secara umum ciri-ciri kehidupan masyarakat pedesaan dapat diidentifikasi sebagai berikut : Mempunyai sifat homogen dalam (matapencaharian, nilai-nilai dalam kebudayaan serta dalam sikap dan tingkah laku), Kehidupan desa lebih menekankan anggota keluarga sebagai unit ekonomi. Artinya; semua anggota keluarga turut bersama-sama memnuhi kebutuhan ekonomi keluarga, Faktor geografi sangat berpengaruh atas kehidupan yang ada. Misalnya, keterikatan anggota keluarga dengan tanah atau desa kelahirannya, Hubungan sesama anggota masyarakat lebih intim dan awet dari pada kota, Jumlah anak yang ada dalam keluarga inti lebih besar Mengutamakan kepentingan bersama


Download ppt "KOMUNITAS DESA. DEFINISI DESA Suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri. (Sutardjo."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google