Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konteks_komunikasi_joice cs 1 KONTEKS KOMUNIKASI Pelopor Konteks Komunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konteks_komunikasi_joice cs 1 KONTEKS KOMUNIKASI Pelopor Konteks Komunikasi."— Transcript presentasi:

1 konteks_komunikasi_joice cs 1 KONTEKS KOMUNIKASI Pelopor Konteks Komunikasi

2 konteks_komunikasi_joice cs2 Membentuk Teori Komunikasi: PARA PELOPOR  Empat Tokoh menurut Wilbur Schramm:  Harold Lasswell  Paul Lazarsfeld  Kurt Lewin  Carl Hovland  Keempatnya berasal dari latar belakang ilmu yang berbeda dan memiliki pengalaman penelitian dan teoretis yang berbeda-beda.

3 konteks_komunikasi_joice cs3 Membentuk Teori Komunikasi: PARA PELOPOR  Harold Lasswell  Melihat propaganda sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dalam masyarakat modern.  Sumbangan yang paling besar dan abadi adalah deskripsinya mengenai proses komunikasi: Who Says What in Which Channel to Whom with What Effect?.

4 konteks_komunikasi_joice cs4 Membentuk Teori Komunikasi: PARA PELOPOR  Paul Lazarsfeld  Penelitiannya mengenai voting dan dampak yang ditimbulkan oleh media terhadap pilihan yang dijatuhkan para pemilih.

5 konteks_komunikasi_joice cs5 Membentuk Teori Komunikasi: PARA PELOPOR  Kurt Lewin  Meneliti kelompok kecil dan bagaimana mereka berfungsi.  Mengonseptualisasi apa yang disebut life space, yang merupakan lingkungan psikologis anggota kelompok.  Termasuk dalam life space: tujuan hidup, nilai- nilai, kebutuhan, kenangan, kepercayaan, dan dorongan lain dalam diri seseorang yang dapat mempengaruhi perilaku.

6 konteks_komunikasi_joice cs6 Membentuk Teori Komunikasi: PARA PELOPOR  Carl Hovland  Mempelajari tentang perubahan sikap.  Menyelidiki bagaimana ingatan jangka panjang dan pendek mempengaruhi sikap dan kepercayaan seseorang.  Orang pertama yang bereksperimen dengan menggunakan simulasi komputer dan proses pembelajaran.

7 konteks_komunikasi_joice cs7 Membentuk Teori Komunikasi: PARA PELOPOR  Sesungguhnya Wilbur Schramm dapat dianggap sebagai pelopor dalam ilmu komunikasi.  Di mana kita saat ini?  Bernard Berelson (1959) menulis sebuah essay yang provokatif, yang berpendapat bahwa tidak ada ide hebat dan menantang yang muncul. Tanggapan Anda?  Perkembangan bidang ilmu komunikasi sangat pesat.

8 konteks_komunikasi_joice cs8 KONTEKS KOMUNIKASI  Context: lingkungan di mana komunikasi terjadi.  Situational Context: lingkungan yang dibatasi oleh beberapa hal, termasuk orang, jarak atau ruang, dan umpan balik.  Faktor yang mempengaruhi: jumlah orang yang terlibat, jarak antarinteraktan, umpan balik yang diberikan, dan saluran-saluran yang ada.

9 konteks_komunikasi_joice cs9 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Intrapersonal  Intrapersonal Communication: komunikasi yang terjadi dengan diri sendiri.  Merupakan dialog internal dan bahkan dapat terjadi saat bersamaan dengan orang lain sekalipun.  Mencakup ketika kita membayangkan, mempersepsikan, melamun, dan menyelesaikan masalah dalam benak kita.  Melibatkan banyak penilaian akan perilaku orang lain.  Memberi kesempatan bagi komunikator untuk menilai dirinya sendiri.  Memperkuat self-esteem.  Fokus penelitian komunikasi intrapersonal berfokus pada kognisi, simbol, dan niat yang dimiliki seseorang.

10 konteks_komunikasi_joice cs10 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Interpersonal  Interpersonal Communication: komunikasi yang terjadi secara langsung antara dua orang.  Memberikan kesempatan kepada komunikator untuk memaksimalkan fungsi berbagai macam saluran (indera) untuk digunakan dalam sebuah interaksi.  Beberapa subkonteks: keluarga, pertemanan, pernikahan, dan relasi di dunia kerja.  Juga dipelajari kaitannya dengan media massa, organisasi, dan kelompok.  Dan mulai menaruh perhatian pada hubungan gay dan lesbian, ‘kumpul kebo’, dan hubungan melalui internet.  Banyak membahas tentang bagaimana hubungan dimulai, dipertahankan, dan keretakan yang terjadi.

11 konteks_komunikasi_joice cs11 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Kelompok Kecil  Small Group: individu-individu yang berkumpul untuk tujuan bersama.  Implikasi jumlah anggota lebih penting daripada berapa jumlah anggota kelompok, ketika jumlah angota sudah menjadi terlalu banyak, ada kecenderungan untuk membentuk kelompok yang lebih kecil lagi.  Orang dipengaruhi oleh keberadaan orang lain.  Cohesive, yaitu rasa kebersamaan dalam kelompok; akan mempengaruhi kefektifan dan efisiensi fungsi.

12 konteks_komunikasi_joice cs12 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Kelompok Kecil  Synergy: proses di mana berbagai sudut pandang dapat diberikan dalam menghadapi suatu permasalah atau kejadian.  hal ini menjelaskan mengapa kelompok kecil dapat menjadi lebih efektif dibandingkan dari seorang individual dalam mencapai tujuan.  Network: suatu pola komunikasi di mana informasi disalurkan.

13 konteks_komunikasi_joice cs13 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Kelompok Kecil  Role: posisi masing-masing anggota kelompok dan relasi mereka dengan kelompok.  Peranan sangat beragam, mulai dari pemimpin tugas, pengamat pasif, pendengar aktif, perekam, dan sebagainya.  Penelitian dalam konteks ini mencakup kekuasaan, adanya penengah, gossip yang beredar, konflik, kreativitas, dan keragaman budaya.

14 konteks_komunikasi_joice cs14 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Organisasi  Organizational Communication: mencakup komunikasi yang terjadi di dalam dan di antara lingkungan yang besar dan luas.  Juga meliputi komunikasi interpersonal, kesempatan berbicara di depan publik, kelompok kecil, dan komunikasi menggunakan media.  Dalam konteks ini terdapat adanya hierarki.

15 konteks_komunikasi_joice cs15 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Organisasi  Hierarchy: prinsip-prinsip pengaturan di mana orang diberikan urutan di atas atau di bawah yang lain.  Organisasi memiliki sifat hierarkis, seperti: pembagian kerja, kesatuan perintah, dan kesatuan arah.  Organisasi juga bersifat unik, karena komunikasi yang terjadi sangat terstruktur dan pembagian peran sering kali terspesialisasi dan dapat diprediksi.

16 konteks_komunikasi_joice cs16 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Organisasi  Hawthorne Experiments: penelitian yang menemukan bahwa produktivitas di lingkungan kerja bertambah ketika terjadi perubahan dalam lingkungan.  Memberikan pengaruh yang besar terhadap teori modern organisasi karena mencetuskan pendekatan hubungan antarmanusia terhadap organisasi.  Satu kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian- penelitian ini adalah bahwa organisasi harus dipandang sebagai kesatuan sosial; untuk meningkatkan produksi, para atasan harus mempertimbangkan sikap dan perasaan karyawannya.

17 konteks_komunikasi_joice cs17 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Organisasi  Beberapa orientasi organisasi lainnya: mencakup tanggapan terhadap isu tentang kecelakaan dalam organisasi, ketidakpastian dalam pekerjaan, pembocoran rahasia perusahaan, rumor, pelatihan kerja, pelecehan seksual, serangan di tempat kerja, pengaruh etnis, dan budaya.

18 konteks_komunikasi_joice cs18 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Publik  Public Communication: penyebaran informasi dari satu orang kepada banyak orang.  Dalam berbicara di depan publik, para pembicara biasanya memiliki tiga tujuan utama, yaitu: memberi informasi, menghibur, dan membujuk.  Persuasi menjadi inti komunikasi retorika.  Prinsip-prinsip yang harus ada dalam persuasi: analisis khalayak, kredibilitas pembicara, dan penyampaian pesan.

19 konteks_komunikasi_joice cs19 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Publik

20 konteks_komunikasi_joice cs20 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Publik  Rhetoric: didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki seorang pembicara untuk mempengaruhi khalayaknya.  Dibutuhkan ketrampilan.  Communication Apprehension: hambatan dalam komunikasi, perasaan yang tidak nyaman atau tegang berbicara di depan khalayak.  Menjadi sorotan penelitian dalam konteks ini, walaupun sering mencakup isu-isu intrapersonal.  Untuk itu dilakukan pengamatan terhadap populasi- populasi yang berbeda, anak-anak yang berisiko, karyawan, keluarga, budaya.

21 konteks_komunikasi_joice cs21 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Massa  Mass Communication: komunikasi kepada khalayak luas dengan menggunakan media massa.  Mass Media: saluran-saluran atau cara pengiriman bagi pesan-pesan massa.  New Media: media elektronik, yang biasanya merupakan teknologi yang berbasis komputer, seperti internet, , dan kabel digital.

22 konteks_komunikasi_joice cs22 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Massa  Keunikan konteks ini:  Memberikan kemampuan baik pada pengirim maupun penerima untuk melakukan kontrol.  Pengirim dapat membuat keputusan mengenai pesan yang akan dikirim, sedangkan penerima memiliki kendali untuk memilih.  Komunikasi yang terjadi lebih terkendali dan terbatas.  Komunikasi dipengaruhi oleh biaya, politik, dan oleh kepentingan-kepentingan lain. Tetapi yang terutama adalah: uang.

23 konteks_komunikasi_joice cs23 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Lintas Budaya  Intercultural Communication: merujuk pada komunikasi yang terjadi antara individu-individu yang latar belakang budayanya berbeda.  Culture: komunitas makna dan sistem pengetahuan bersama yang bersifat lokal.  Co-cultures: kelompok-kelompok individu yang merupakan bagian dari kelompok kebudayaan yang lebih besar – tetapi berbeda dalam hal ras, etnis, orientasi seksual, agama, dsb - dan menciptakan kesempatan bagi diri mereka sendiri.

24 konteks_komunikasi_joice cs24 KONTEKS KOMUNIKASI: Komunikasi Lintas Budaya  Konteks ini merupakan satu-satunya yang secara khusus membahas tentang budaya.  Dalam penelitian, para peneliti menerima fakta bahwa budaya merupakan dasar dari perilaku manusia; budaya menentukan bagaimana kita bertindak.  Penting pula ketika mempelajari tentang budaya, juga diperhatikan bidang pengalaman.


Download ppt "Konteks_komunikasi_joice cs 1 KONTEKS KOMUNIKASI Pelopor Konteks Komunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google