Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANZILUR ROCHMAH, 4150403005 APLIKASI TEOREMA PYTHAGORAS PADA LUKISAN RUAS GARIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANZILUR ROCHMAH, 4150403005 APLIKASI TEOREMA PYTHAGORAS PADA LUKISAN RUAS GARIS."— Transcript presentasi:

1 MANZILUR ROCHMAH, APLIKASI TEOREMA PYTHAGORAS PADA LUKISAN RUAS GARIS

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MANZILUR ROCHMAH - NIM : PRODI : Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - manzil_caem pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Wuryanto, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Moch Chotim, MS - TGL UJIAN :

3 Judul APLIKASI TEOREMA PYTHAGORAS PADA LUKISAN RUAS GARIS

4 Abstrak Matematika adalah ilmu pasti dimana dalam segala perhitungannya dapat dipertanggung jawabkan. Hakekat matematika bersifat deduktif aksiomatis, artinya untuk mempelajari matematika bertolak dari pengertian pangkal, pernyataan pangkal, kemudian aksioma. Pendekatan dari pengertian pangkal, pernyataan pangkal dan aksioma dapat memunculkan suatu Teorema yang menjadi dasar dalam menemukan solusi suatu masalah, kemudian muncul teorema-Teorema yang lain. Banyak cabang dalam ilmu matematika, salah satunya adalah bidang geometri. Adapun kegunaan ilmu geometri yaitu dalam rancang bangun, pengukuran suatu ketinggian, dan aplikasi yang lain. Ada beberapa Teorema yang mendasar dalam ilmu geometri, salah satunya adalah Teorema Pythagoras. Teorema ini ditemukan oleh seorang matematikawan yang bernama Pythagoras. Dalam hal ini penulis mencoba menganalisis melalui Teorema Pythagoras dan sifat-sifat yang diturunkan dari Teorema Pythagoras dapat menjawab problem pengukuran ruas garis yang tidak mungkin dilakukan secara manual. Sebagai ilustrasi kita tidak mungkin melukis ruas garis yang berukuran 3satuan. Meskipun diketahui ruas garis berukuran satu satuan hanya dengan menggunakan satu alat penggaris saja, sekurang-kurangnya kita harus menggunakan alat bantu jangka di samping alat bantu penggaris. Beberapa lukisan bentuk aljabar untuk pengukuran suatu ruas garis, mutlak menggunakan Teorema Pythagoras sebagai basis untuk memperoleh ukuran ruas garis yang dikehendaki. Sebagai contoh untuk melukis ruas garis y apabila diketahui y = 22dbca+−, dengan ketentuan ruas a, b, c, d diketahui dan > bc. 22da+

5 Kata Kunci pythagoras

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "MANZILUR ROCHMAH, 4150403005 APLIKASI TEOREMA PYTHAGORAS PADA LUKISAN RUAS GARIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google