Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEDY NATALIA, 5351303006 RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT ES KRIME "CONE" YANG EKONOMIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEDY NATALIA, 5351303006 RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT ES KRIME "CONE" YANG EKONOMIS."— Transcript presentasi:

1 DEDY NATALIA, RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT ES KRIME "CONE" YANG EKONOMIS

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DEDY NATALIA - NIM : PRODI : Teknik Elektro (Instalasi Listrik) - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik PEMBIMBING 1 : Drs. Agus Murnomo, M.T - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT ES KRIME "CONE" YANG EKONOMIS

4 Abstrak Rancang bangun mesin pembuat es krim ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat kalangan menengah kebawah dalam usaha es krim khususnya es krim jenis cone. Kriteria jenis es krim ini adalah bentuk adonannya lembek yang terdapat kristal es kecil – kecil lembut merata pada seluruh bagiannya (www.mesines.com). Dipasaran mesin seperti ini memang sudah ada, tetapi harganya cukup mahal jika dipandang oleh kalangan menengah kebawah. Perbedaan mesin ini dibandingkan dengan mesin yang ada di pasaran adalah komponen-komponen yang digunakan disini menggunakan komponen mesin pendingin bekas, tetapi masih layak pakai, sehingga dengan dibuatnya mesin ini diharapkan dapat dijangkau masyarakat yang ingin berusaha es krim untuk membeli maupun membuatnya sendiri. Mesin ini menggunakan kompresor 1/8 PK, kondensor kulkas 1 pintu, pipa evaporator, pipa kapiler, thermostart, tabung berdiameter 18 cm dan tinggi 35 cm yang kemudian dirangkai sama seperti prinsip kerja mesin pendingin. Dari hasil pengamatan adonan dapat dianalisa sebagai berikut : Posisi tombol termostart 1 menghasilkan es krim yang pinggirnya terbentuk gumpalan kristal es kecil – kecil setelah mesin bekerja selama 150 menit. Posisi tombol termostart 2 menghasilkan adonan es krim yang terdapat gumpalan kristal es kecil setelah mesin bekerja selama 90 menit. Posisi tombol thermostart 3 menghasilkan dua bentuk adonan es krim yang terdapat gumpalan kristal es kecil dalam waktu 60 menit dan gumpalan kristal es yang lebih besar selama 120 menit. Posisi tombol thermostart 4 sampai 7 menghasilkan tiga bentuk adonan yaitu adonan terdapat gumpalan kristal kecil dalam waktu 30 menit, gumpalan kristal yang lebih besar dalam waktu 90 menit dan adonan keras (beku) rata – rata butuh waktu 150 menit. Kesimpulan dari hasil pengujian mesin ini adalah : (1) Waktu yang diperlukan untuk membentuk es krim jenis ”cone” jika menggunakan mesin ini adalah kurang lebih 1 jam. (2) Untuk membentuk kriteria es krim ”cone” yang paling cepat adalah thermostart di set pada posisi 4 sampai 7, kemudian setelah 1 jam diubah ke posisi tombol thermostart 2.

5 Kata Kunci

6 Referensi Handoko K, 1981, Teknik Memilih, Memakai, Dan Memperbaiki Lemari Es, Jakarta : PT. Ichtiar Baru. Karyanto dan Emon Paringga, 2003, Teknik Mesin Pendingin, Volume 1, Jakarta : CV. Restu Agung. Kamajaya dan Suardhana Linggih, 1987, Penuntun Pelajaran Fisika Untuk SMU Kelas 1, Bandung : Erlangga. Ricky Gunawan, 1988, Pengantar Teori Teknik Pendingin, Jakarta : Depdikbud. Sumanto, 2000, Dasar - dasar Mesin Pendingin. Yogyakarta: Penerbit, Andi. Supratman Hara, 1992, Refrijerasi dan Pengkondisian Udara, Jakarta : Erlangga.

7 Terima Kasih


Download ppt "DEDY NATALIA, 5351303006 RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT ES KRIME "CONE" YANG EKONOMIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google