Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida) Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi. Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumi Ozon merupakan gas langka pada bumi yang dapat ditemukan di stratosfer

3 Sifat Fisik Oksigen lebih larut dalam air daripada nitrogen. Air mengandung sekitar satu molekul O 2 untuk setiap dua molekul N 2 Kelarutan oksigen dalam air bergantung pada suhu. Oksigen mengembun pada 90,20 K (−182,95 °C, −297,31 °F), dan membeku pada K (−218,79 °C, −361,82 °F) Oksigen merupakan zat yang sangat reaktif dan harus dipisahkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar Warna oksigen cair adalah biru seperti warna biru langit.

4 Keberadaan Oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah ketiga di alam semesta, setelah hidrogen dan helium Sekitar 0,9% massa Matahari adalah oksigen Oksigen mengisi sekitar 49,2% massa kerak bumi Komponen utama dalam samudera yaitu 88,8% Gas oksigen merupakan komponen paling umum kedua dalam atmosfer bumi, menduduki 21,0% volume dan 23,1% massa (sekitar ton) atmosfer Mars hanya memiliki 0,1% O 2 Faktor utama yang mendorong siklus oksigen ini adalah fotosintesis. Fotosintesis melepaskan oksigen ke atmosfer, manakala respirasi dan proses pembusukan menghilangkannya dari atmosfer Laju produksi dan konsumsi oksigen adalah sekitar 1/2000 keseluruhan oksigen yang ada di atmosfer setiap tahunnya Ganggang hijau dan sianobakteri di lingkungan lautan menghasilkan sekitar 70% oksigen bebas yang dihasilkan di bumi, sedangkan sisanya dihasilkan oleh tumbuhan daratan

5 Siklus

6 Penolong Bumi Siapakah penghasil oksigen terbesar di bumi?? Kalau jawaban kalian adalah pohon, ups maaf masih salah. Pohon adalah salah satu penyumbang oksigen, akan tetapi hanya sebesar 20% untuk bumi. Pohon berguna untuk mitigasi (mengurangi) karbondioksida yang ada di bumi. Jadi jawaban yang benar adalah Plankton, khususnya adalah Fitoplankton.

7 Kenapa Plankton ?? Plankton adalah organisme yang menyumbang 80% kebutuhan oksigen yang ada di bumi ini. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus. Dengan kemampuannya berespisari menghasilkan gelembung-gelembung oksigen yang terdapat di dalam laut, oksigen tersebut terlepas ke udara dan menjadi gas yang bisa kita nikmati sekarang. Para ilmuwan dari Amerika Serikat menemukan plankton secara tidak langsung dapat membuat awan yang dapat menahan sebagian sinar matahari yang merugikan. Sehingga plankton bisa membantu memperlambat proses pemanasan bumi.

8


Download ppt "Pengertian Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google