Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI. pendahuluan definisi letak gambar pengaruh fungsi Home KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI. pendahuluan definisi letak gambar pengaruh fungsi Home KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI."— Transcript presentasi:

1 KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI

2 pendahuluan definisi letak gambar pengaruh fungsi Home KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI

3

4 Lanjutan……. Pengendalian dan pengaturan pernapasan dilakukan oleh sistem persyarafan, mekanisme kimia, dan mekanisme non kimia (Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, 2008). Sistem syaraf secara ornmal mengatur kecepatan ventilasi alveolus hampir sama dengan permintaan tubuh, sehingga tekanan O 2 darah arteri (PO 2 ) dan tekanan CO 2 (PCO 2 ) hampir tidak berubah bahkan selama latihan sedang sampai berat dan kebanyakan stress pernapasan lainnya (Fisiologi Kedokteran, 2005). Kita dapat menahan napas secara sadar dalam waktu singkat namun hampir setiap terdapat mekanisme otomatis (kontrol otonom) yang mengatur pernapasan kita.

5 Apa itu kontrol otonom???? Kontrol otonom merupakan pengatur pernapasan dimana sistem kardiovaskuler mengkoordinasikan kerja sistem respirasi.

6 Oowww……. Dimana letak kontrol otonom ya??????

7 Pengendalia n…????? Pengaturan pernapasan oleh persarafan dilakukan oleh korteks cerebri, medulla oblongata, dan pons

8

9 Uraian…. Korteks Cerebri Berperan dalam pengaturan pernapasan yang bersifat volunter sehingga memungkinkan kita dapat mengatur napas dan menahan napas. Misalnya pada saat bicara atau makan. Medulla oblongata Terletak pada batang otak, berperan dalam pernapasan automatik atau spontan. Pada kedua oblongata terdapat dua kelompok neuron yaitu Dorsal Respiratory Group (DRG) yang terletak pada bagian dorsal medulla dan Ventral Respiratory Group (VRG) yang terletak pada ventral lateral medula. Kedua kelompok neuron ini berperan dalam pengaturan irama pernapasan.

10 Pusat kontrol berfungsi membantu mempertahankan homeostasis dengan cara memonitor kadar CO2 dalam darah dan mengatur jumlah CO2 yang di buang oleh alveoli ketika kita menghembuskan napas. Hemmm… Terus fungsinya pa ya…????

11 Pengaruh Pengaruh konsentasi CO2 terhadap penurunan pH  Konsentrasi CO2 muncul pada perubahan pH darah dan cairan jaringan (cairan sererospinal) yang mengenai otak. CO2 bereaksi dengan air untuk membentuk asam karbonat, yang akan menurunkan pH.  Ketika pusat kontrol mendeteksi penurunan pH (peningkatan CO2) cairan serebrospinal atau darah, pusat kontrol tersebut akan meningkatkan kedalaman dan laju pernapasan serta kelebihan CO2 dibuang di dalam udara yang dihembuskan.

12

13

14 Gambar

15 Pengatur pada medula oblongata

16 Proses kluar masuknya CO2 & O2

17


Download ppt "KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI. pendahuluan definisi letak gambar pengaruh fungsi Home KONTROL OTONOM PADA SISTEM RESPIRASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google