Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

S. Kompetensi Home ISI PRESENTASI K. Dasar Indikator Uraian Materi Lembar Tugas Lembar Jawaban Kesimpulan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "S. Kompetensi Home ISI PRESENTASI K. Dasar Indikator Uraian Materi Lembar Tugas Lembar Jawaban Kesimpulan."— Transcript presentasi:

1

2 S. Kompetensi Home ISI PRESENTASI K. Dasar Indikator Uraian Materi Lembar Tugas Lembar Jawaban Kesimpulan

3

4 NAMA : SRIWATI NIM : D DOSEN PEMBIMBING: AHMAD FAUZI, M.Pd

5

6 Umumnya sujud dilakukan dalam keadaan shalat. Baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Namun, ada pula sujud yang dilakukan diluar shalat. Sujud yang dilakukan diluar shalat meliputi sujud tilawah, dan sujud syukur. Kedua sujud tersebut, merupakan sujud yang dilakukan pada saat tertentu. Sujud tilawah, dilakukan ketika seseorang membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. Sedangkan sujud syukur, dilakukan sebagai wujud rasa syukur terhadap Allah SWT sebab terhindar dari bahaya maupun ketika mendengar atau memperoleh hal yang baik. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sujud tilawah dan sujud syukur, maka dalam pembahasan berikut ini akan dipaparkan kedua sujud tersebut secara garis besar.

7 STANDAR KOMPETENSI Melaksanakan tata cara sujud diluar shalat Melaksanakan tata cara sujud diluar shalat

8

9 SSiswa mengetahui dan memahami serta mampu menyebutkan pengertian sujud tilawah dan sujud syukur SSiswa mengetahui dan menunjukan ayat-ayat sajdah SSiswa mampu menjelaskan sebab, syarat, dan rukun sujud tilawah dan sujud syukur SSiswa mampu mempraktekan sujud tilawah dan sujud syukur

10

11 Pengertian Sujud Tilawah Pengertian Sujud Tilawah

12

13

14

15

16 Selesai membaca atau mendengar ayat Sajdah Niat Bertakbiratul Ihram dan bersujud satu kali Berdo'a (membaca bacaan sujud tilawah) Duduk kembali Salam Tata Cara Melaksanakan Sujud Tilawah

17

18

19  Niat  Takbiratul ihram dan bersujud satu kali  Berdo’a (bacaan sujud syukur)  Duduk kembali  Salam

20 AApa yang dimaksud dengan sujud tilawah dan sujud syukur?  Apa saja syarat dan rukun sujud tilawah dan sujud syukur?  Bagaimana hukum sujud tilawah dan sujud syukur?

21

22  Syarat Sujud Tilawah dan Sujud Syukur : suci, menghadap kiblat, menutup aurat, ketika membaca atau mendengar ayat sajdah. Rukun Sujud Tilawah dan Sujud Syukur : niat, takbiratulihram, sujud satu kali, duduk kembali, salam, dan tertib.  Hukum melakukan sujud tilawah dan sujud syukur ialah sunnah.

23 Sujud yang dilakukan diluar shalat meliputi sujud tilawah dan sujud syukur. Sujud tilawah dilakukan sebab membaca atau mendengar ayat sajdah. Sedangkan sujud syukur dilakukan sebab terhindar darri bencana atau memperoleh sesuatu yang baik. Sujud tilawah dan sujud syukur memiliki syarat dan rukun yang sama, seperti halnya tata cara pelaksanaanya. Dalam pelaksanaanya, sujud diluar shalat ini berbeda dengan sujud dalam shalat. Jika dalam shalat sujud dilakukan dua kali, maka sujud diluar shalat ini dilakukan hanya sekali saja. Hukum sujud tilawah maupun sujud syukur ialah sunnah.

24


Download ppt "S. Kompetensi Home ISI PRESENTASI K. Dasar Indikator Uraian Materi Lembar Tugas Lembar Jawaban Kesimpulan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google