Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SITI AMANAH, 4201407064 PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SITI AMANAH, 4201407064 PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD."— Transcript presentasi:

1 SITI AMANAH, PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD TERHADAP BENCANA ALAM

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SITI AMANAH - NIM : PRODI : Pendidikan Fisika - JURUSAN : Fisika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - amma_nah pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Dr. Sutikno, M.T. - TGL UJIAN :

3 Judul PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD TERHADAP BENCANA ALAM

4 Abstrak Amanah, S Pendekatan Open-Ended Problem Solving Bervisi SETS untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD terhadap Bencana Alam. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Dr. Sutikno, M.T. Kata Kunci: Open-Ended Problem Solving, SETS, Pemahaman, Berpikir Kritis, Bencana Alam Indonesia adalah negara yang rawan bencana alam. Salah satu langkah antisipatif untuk mencegah dan meminimalisir dampak bencana tersebut adalah dengan memasukkan visi SETS ke dalam pendidikan anak sejak di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD terhadap bencana alam melalui pendekatan open-ended problem solving. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem solving bervisi SETS, sedangkan pada kelas kendali diterapkan pembelajaran pendekatan open-ended problem solving tanpa visi SETS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis yang dilakukan pada data hasil penelitian meliputi uji normalitas menggunakan teknik Chi Kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata pretest, perbedaan dua rata post test, peningkatan rata-rata, serta signifikansi peningkatan rata-rata menggunakan t-test. Berdasarkan analisis dengan uji gain ternormalisasi, diperoleh peningakatan pemahaman pada kelas eksperimen sebesar 0,43 dan pada kelas kendali sebesar 0,22. Adapun besarnya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kendali yaitu sebesar 0,50 dan 0,34. Kemampuan berpikir kritis yang diteliti adalah mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, menginterpretasi, berargumen, dan menyimpulkan. Dengan demikian, peningkatan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa SD terhadap bencana alam yang dikaitkan dengan fisika menggunakan pendekatan open-ended problem solving bervisi SETS lebih baik daripada dengan pendekatan open-ended problem solving tanpa visi SETS.

5 Kata Kunci Open-Ended Problem Solving, SETS, Pemahaman, Berpikir Kritis, Bencana Alam

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "SITI AMANAH, 4201407064 PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google