Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh : 1. Ardiansyah (201243500946) 2. M. Walad G A F (201243500916) 3. Nofita Sari Subekti (201243500912) Kelas = S1-G (Kelompok II) UNIVERSITAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh : 1. Ardiansyah (201243500946) 2. M. Walad G A F (201243500916) 3. Nofita Sari Subekti (201243500912) Kelas = S1-G (Kelompok II) UNIVERSITAS."— Transcript presentasi:

1 Disusun oleh : 1. Ardiansyah ( ) 2. M. Walad G A F ( ) 3. Nofita Sari Subekti ( ) Kelas = S1-G (Kelompok II) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA FTMIPA TUGAS MAKALAH DASAR – DASAR PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK Dosen : Nahot Frastian, S.Kom.

2 POKOK BAHASAN BAB III Perangkat Keras Kerja Komputer Bit, Byte dan Buzzword Inti dari Komputer Memory Komputer Alat Input Alat Output Alat Penyimpanan Sistem Komputer BAB III Perangkat Keras Kerja Komputer Bit, Byte dan Buzzword Inti dari Komputer Memory Komputer Alat Input Alat Output Alat Penyimpanan Sistem Komputer BAB IV Perangkat Lunak Pemrosesan & Program Aplikasi Software : Alat utk Pengguna Sistem Software : Hubungan Hardware, Software dan Brainware Interface Pengguna : Hubungan Manusia dengan Mesin Interface Pengguna yang Akan Datang BAB IV Perangkat Lunak Pemrosesan & Program Aplikasi Software : Alat utk Pengguna Sistem Software : Hubungan Hardware, Software dan Brainware Interface Pengguna : Hubungan Manusia dengan Mesin Interface Pengguna yang Akan Datang

3 BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Pada tahun 1940-an Teknologi yang digunakan pada komputer digital sudah berganti dan berkembang secara dramatis, kebanyakan komputer masih memakai arsitektur milik Von Neumann, yang diusulkan oleh John von Neumanndi pada awal tahun 1940-an. Von Neumann menggambarkan komputer dalam empat bagian utama yaitu; 1. unit Aritmatika dan Logis atau disingkat ALU, 2. unit kontrol, 3. memori, 4. alat masukan dan hasil (nama lainnya I/O). Kerja Komputer Pengertian Perangkat Keras (Hardware) Adalah Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat - perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.

4 BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Kerja Komputer Sistem kerja komputer terdiri dari : - Pemrosesan, yang biasa disebut CPU (Central Processing Unit) - Input dan Output - Instruksi (Perintah) - Arsitektur - Program - Sistem Operasi

5  Bit Bit adalah sebuah symbol angka dalam komputer yang hanya bernotasi ‘0’ dan ‘1’. Dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan istilah notasi digit biner, dalam bahasa Inggris disebut binary digit yang disingkat dengan istilah ’bit’.  Byte Kumpulan dari 8 bilangan biner (bit) yang membentuk pola urutan (kombinasi) tertentu ini disebut byte. Sehingga dapat disebut 1 byte = 8 bit. 1 byte nilainya setara dengan 1 karakter. 1 kilo bayte (KB) = 1024 byte 1 mega byte (MB) = 1024 x1024 byte 1 giga byte (GB) = 1024 x1024 x1024 byte 1 terra byte (TB) = 1024 x1024 x1024 x1024 byte  Buzzword Adalah Aplikasi Pengolah Kata Online Berbasis Web. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk kamus online. BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Bit, Byte dan Buzzword

6  DNS Lookup Sistem penamaan domain (DNS – Domain Name System) adalah dasar dari setiap infrastruktur jaringan.  Enthernet & ARP Ethernet adalah protokol untuk jaringan lokal areal (LAN). ARP (address resolution protocol) adalah protokol yang memetakan alamat Ethernet MAC ke alamat IP.  IP Addressing and Subnetting Setiap komputer di jaringan harus mempunyai 3 alamat Layer unik yang disebut alamat IP. alamat IP adalah 4 angka dipisahkan dengan 3 periode seperti  Default Gateway Adalah alamat agar komputer Kita dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang tidak berada pada jaringan LAN lokal. Inti Dari Komputer BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

7  NAT (Network Address Translation) and Private IP Addressing  Firewalls Adalah alat pelindung jaringan dari penyerang berbahaya.  LAN (Lokal Area Network) dan WAN (Wide Area Network) LAN biasanya terdapat dalam gedung atau satu ruang kerja. WAN adalah jaringan besar dimana LAN dihubungkan ke jaringan Internet.  Routers Router rute lalu lintas antara subnet IP yang berbeda. Router bekerja pada Layer 3 dari model OSI. Biasanya, router rute lalu lintas dari LAN ke WAN tetapi, dalam perusahaan besar atau lingkungan kampus, router rute lalu lintas antara beberapa IP subnet pada LAN besar yang sama.  Switches Switch bekerja pada lapisan 2 dari model OSI dan menghubungkan semua perangkat di LAN. Inti Dari Komputer BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

8  OSI Model encapsulation Salah satu konsep jaringan inti adalah Model OSI. Ini adalah suatu model teoritis yang menetapkan bagaimana berbagai protokol jaringan, yang bekerja di berbagai lapisan model, bekerja sama untuk mencapai komunikasi di jaringan (seperti Internet). Model OSI terdiri dari : Application Presentasi Session Transportasi Network Data Link Physical Inti Dari Komputer BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Dan di setiap lapisan model OSI, semua data dari lapisan atas adalah encapsulated oleh lapisan bawah dengan data tambahan dari lapisan itu. Dan, sebaliknya, sebagai data perjalanan kembali pada lapisan, data de-encapsulated.

9 Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.media penyimpanandatakomputerprosesorberbasis diskRandom Access Memory (RAM)dinamishard disk Memory Komputer BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

10  Jenis – jenis Memori Register prosesor RAMRAM atau Random Access Memory Cache Memory (SRAM)Cache Memory (SRAM) (Static RAM) Memori fisik (DRAM)Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM) Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis Perangkat penyimpanan berbasis disk optik Memori yang hanya dapat dibacaMemori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory) Flash Memory Punched CardPunched Card (kuno) CDCD atau Compact Disk DVD Memory Komputer BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

11  Keyboard  Barcode Alat Input (Masukan) BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Contoh Aplikasi Bar-Code : o super-markets o stock inventory o Sistem perpustakaan untuk katalog buku o Absensi karyawan  Peralatan Input Grafis - Hand Scanner - Flatbed and Keyboard Scanner - Drum Scanner

12 - Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. - Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. - Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Umumnya yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive. Alat Output (Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

13  Printer dan Plotter  Monitor  Infocus  Handsfree Alat Output (Keluaran) BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

14 Alat Penyimpanan Data Floopy Disk Hard Disk CD (Compact Disk) CD – RW (Rewrite) DV D DVD – RW HD - DVD CD / DVD Room Memory CardUSB Flash DriveUniversal Media DiskZip Drive BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

15 Sistem Komputer Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Pengertian Sistem Komputer BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

16 Sistem Komputer 1. Hardware ( Perangkat Keras ) Processing Device Input Device Output Device Storage Device 2. Software ( Perangkat Lunak ) Operating System Application Program Language Program 3. Brainware ( Orang Yang Mengoperasikan Komputer ) Komponen Komputer BAB III PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

17 BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) Sistem adalah : Kumpulan dari unsur/elemen-elemen yang saling berkaitan/berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Program adalah : Daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Pemrosesan Dengan Program Pengertian Perangkat Lunak (Software) Adalah Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang diinstruksikan.

18 Aplikasi Software adalah sebuah software dari komputer yang didesain untuk menolong user untuk melakukan task/tugas tertentu secara singular atau multiple sehingga bisa membantu penyelesaian masalah dengan cepat. Contohnya antara lain adalah : Enterprise Software, Accounting Software, seperti MYOB. Office Suites, seperti Mocrosoft Office dan Open Office Graphic Software, seperti AUTOCAD, Photoshop, Photoline dan Media Players, seperti Windows Media Players, Winamp, QuickTime Player. Aplikasi Software dan Alat Untuk Pengguna BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

19 Kita semua tahu bahwa PC atau komputer sangat berguna bagi kehidupan kita. Komputer dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer yang lainnya ataupun penggunaan khusus seperti dalam bidang kedokteran ataupun dalam bidang Sains. Sesuatu ada pasti dengan dasar atau pondasi untuk membangunnya. Sama dengan sebuah komputer yang memiliki pondasi untuk membangunnya. Pondasi atau elemen pada sebuah komputer ada tiga, yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Hardware, Software, dan Brainware. merupakan elemen atau pondasi penting untuk membangun sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan berguna bagi manusia. Sistem Software serta Hubungan Hardware, Software dan Brainware BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

20 1. Sistem manusia – Mesin Secara Manual : - Masukan ( Input) akan langsung ditransformasikan oleh manusia menjadi keluaran (output) - Manusia memegang kendali secara penuh dalam menjalankan aktifitas - Mesin hanya sekedar menambah kemampuan dalam menyelesaikan aktifitas. - Manusia sebagai sumber tenaga (Power) dan sekaligus fungsi kendali (Control) 2. Sistem manusia – mesin secara Semi-otomatis : - Adanya mekanisme khusus yg akan mengolah masukan (input) atau informasi dari luar sebelum masuk kedalam system manusia - Reaksi yg berasal dari Sistem Manusia akan diolah atau dikontrol terlebih dahulu melalui suatu mekanisme tertentu, sebelum suatu output berhasil diproses oleh mesin - Mesin yg memberikan sumber tenanga (Power) - Manusia yg melakukan proses kendali (Control) Interface Pengguna : Hubungan Manusia dengan Mesin BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

21 3. Sistem manusia – mesin secara Otomatis : - Mesin memegang peranan penuh secara langsung - Mesin sebagai penerima rangsangan dari luar - Mesin juga sebagai pengendali aktifitas - Manusia hanya memonitor agar mesin dapat bekerja secara baik - Manusia dapat memasukan data atau mengganti program apabila diperlukan - Mesin berfungsi penuh sebagai sumber tenaga (Power) & Pengendali (Control) aktifitas. Interface Pengguna : Hubungan Manusia dengan Mesin BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

22 Di Wikipedia Bahasa Indonesia, interface atau dalam istilah Indonesianya Antar Muka dapat diartikan sebagai sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda.Wikipedia Bahasa Indonesia INTERFACE merupakan jembatan penghubung antara program yang satu dengan yang lain, antara software satu dengan software lain. Sebuah Interface mendefinisikan protokol untuk berkomunikasi antar 2 object. Interface Pengguna Yang Akan Datang BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

23 Interface Pengguna Yang Akan Datang BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

24 Interface Pengguna Yang Akan Datang BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

25 Interface Pengguna Yang Akan Datang BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

26 Interface Pengguna Yang Akan Datang BAB IV PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) Abstract Generasi user interface pada masa akan datang menuju kepada penambahan unsur-unsur animasi objek dan audio (suara dan bunyi). Unsur tiga dimensi (dimensi spatial/ruang) juga user interface moden dalam realiti maya.user interface masa depan lebih berorientasikan-objek daripada segi pengolahan intuksi dan fungsi. Di samping itu, bentuk dialog tidak lagi berbentuk arahan. Interaksi yang akan digunakan lebih berbentuk natural langguage (bahasa alami) dan membenarkan penggunaan input yang tidak berformat.user interface depan juga membolehkan komputer membuat analisa terhadap aktiviti-aktiviti dari user gaya interaksi ini sering ditampilan dalam film-film fiksi ilmiah

27 KESIMPULAN Dari Tugas Makalah ini penyusun dapat mengambil beberapa kesimpulan, diantaranya adalah : Kerja Komputer didasari oleh 3 komponen yang sangat penting, yaitu Hardware, Software dan Brainware. Tanpa adanya ketiga komponen tersebut, komputer tidak akan dapat bekerja dengan baik untuk saat ini. Mengikuti perkembangan zaman, komputer sangat dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan banyak sekali pekerjaan manusia.


Download ppt "Disusun oleh : 1. Ardiansyah (201243500946) 2. M. Walad G A F (201243500916) 3. Nofita Sari Subekti (201243500912) Kelas = S1-G (Kelompok II) UNIVERSITAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google