Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perangkat Keras Komunikasi Data. Peralatan Interaksi DCE ( Data Communication Equipment ) Peralatan yang digunakan untuk menyalurkan informasi antar lokasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perangkat Keras Komunikasi Data. Peralatan Interaksi DCE ( Data Communication Equipment ) Peralatan yang digunakan untuk menyalurkan informasi antar lokasi."— Transcript presentasi:

1 Perangkat Keras Komunikasi Data

2 Peralatan Interaksi DCE ( Data Communication Equipment ) Peralatan yang digunakan untuk menyalurkan informasi antar lokasi. DTE ( Data Terminal Equipment ) Peralatan tempat informasi masuk dan keluar bagi pemakai komputer

3 Data Communication Controller Unit ( DCCU ) Peralatan yang mengatur hubungan antara peralatan komunikasi data.

4 Tugas DCCU 1.Membentuk interface antara sistem I/O bus dan modem 2.Mengubah data yang akan dikirimkan menjadi serial atau sebaliknya 3.Melakukan konversi sandi 4.Melakukan sinkronisasi karakter 5.Melakukan pengujian kesalahan

5 Penanganan Kesalahan Transmisi 1.Echo Technique Pendeteksian kesalahan dengan cara data yang telah diterima dikirimkan/dipantulkan kembali ke penerima.

6 Penanganan Kesalahan Transmisi 3.Double Parity Checking Pendeteksian kesalahan dengan cara memeriksa pariti dari dua arah 2.Single Parity Checking Pendeteksian kesalahan dengan cara memeriksa pariti dari 1 arah

7 4.Cyclic Redundancy Checking Pendeteksian kesalahan dengan cara membagi nilai bilangan binari dari data dengan suatu nilai bilangan lainnya (constanta). Pengecekkan dilakukan dengan mencocokkan sisa baginya. Penanganan Kesalahan Transmisi

8 I/O Controller Kendali Masukan Menerima informasi dan menyimpannya dalam buffer bila perlu mencetaknya. Kendali Keluaran Informasi yg ada pada buffer memungkinkan terminal mengirimkan informasi ke komputer sekaligus.

9 Jenis Perangkat Keras Modem ( MO dulator- DEM odulator) Perangkat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital di penerima dan kembali merubah sinyal digital ke sinyal analog ketika data dikirimkan kembali ke sumber.

10 Jenis Perangkat Keras Multiplexer/Multiplexing Multiplex berarti membagi saluran menjadi bagian yang masing- masing berisikan informasi dari sumber yang terpisah.

11 Multiplexer Alasan penggunaan multiplexer: 1. Menghemat biaya penggunaan saluran komunikasi 2. Memanfaatkan sumber daya seefisien mungkin 3. Karakteristik komunikasi data umumnya memerlukan penyaluran data dari beberapa terminal ke titik yang sama.

12 Multiplexer Frequency Division Multiplexing Sistem ini menumpuk sinyal pada bidang frekuensi. Data yang ikirim akan dicampur berdasarkan frekuensi. Dimodulasikan dengan menggunakan FSK

13 Multiplexer Time Division Multiplexing Pengiriman data digital dilakukan dengan mencampur data berdasarkan waktu sinyal data tersebut dikirimkan. Sinkronisasi diperlukan agar masing-masing pihak dapat menerima data yang ditujukan padanya.

14 Jenis Perangkat Keras Concentrator Tugasnya menampung sinyal dari beberapa sumber, menyalurkannya bila saluran tersebut bebas. Data ditampung dan diproses terlebih dahulu sebelum dikirim keluar.

15 Latihan Dalam sebuah komunikasi data, terdapat 10 buah PC (A,B,C,dst…) yang saling berkiriman data dimana masing-masing lokasi menggunakan multiplexing jenis TDM menangani 5 PC. Jika sampling waktu yang digunakan adalah 7 detik dengan jatah waktu pengiriman adalah 1 detik, maka gambarkan proses pengiriman dan penerimaan data ke 10 perangkat tersebut jika : 1. A –H (3,7,1), B – J (5,2), C – G (3,4,6), D –F (5,1,6), E – I (5,2,4) 2. Asumsikan urutan PC menandakan tingkat prioritas.

16 Concentrator Tugas concentrator : 1. Line Servicing 2. Konversi Kecepatan dan Kode 3. Meratakan Trafik 4. Error Control


Download ppt "Perangkat Keras Komunikasi Data. Peralatan Interaksi DCE ( Data Communication Equipment ) Peralatan yang digunakan untuk menyalurkan informasi antar lokasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google