Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI PERANGKAT KERAS  KELOMPOK 4: 1.ANDINI EKAPUTRI HANDAYANI 2.IGO TAHIR RAMADHAN 3.HETO ALDIANO 4.NUR RAHMAH HASTIATI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI PERANGKAT KERAS  KELOMPOK 4: 1.ANDINI EKAPUTRI HANDAYANI 2.IGO TAHIR RAMADHAN 3.HETO ALDIANO 4.NUR RAHMAH HASTIATI."— Transcript presentasi:

1

2 FUNGSI PERANGKAT KERAS  KELOMPOK 4: 1.ANDINI EKAPUTRI HANDAYANI 2.IGO TAHIR RAMADHAN 3.HETO ALDIANO 4.NUR RAHMAH HASTIATI

3 FUNGSI PERANGKAT KERAS JARINGAN

4 KOMPUTER SERVER Komputer Server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer.

5 Terdapat 3 macam server : 1.Server Web Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever. 2.Server Applikasi Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language ). 3.Server Database Server Database adalah peangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi.

6 KOMPUTER CLIENT Komputer Client adalah seperangkat komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.

7 KARTU JARINGAN Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN CARD atau Etherned Card. merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer.

8 Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama: 1.Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer. 2.Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik.

9 CONNECTOR Connector adalah Perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan komputer

10 HUB Berfungsi untuk menggabungkan beberapakomputer menjadi satu buah kelompok jaringan. Kelemahan HUB: membroadcast semua paket yang akan dikirim ke salah satu IP tujuan,maksudnya apabila data atu informasi yang diterima.

11 CARA KERA HUB Memisahkan sinyal (signal splitter). Mengambil bit-bit yang datang dari satu port dan mengirimkan copynya ke tiap-tiap port yang lain.

12 BRIDGE Bridge adalah sebuah perangkat yang menghubungkan beberapa jaringan untuk mendapatkan jaringan yang efiesien.

13 ROUTER Router merupakan alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. Router berfungsi mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.

14 Router merupakan sebuah peralatan jaringan yang mempunyai dua fungsi utama: 1.Menentukan rute terbaik untuk menuju ke tujuan. 2.Memindahkan data dari sumber ke tujuan.

15 Router dapat berupa Hardware maupun sofware: 1.Router hardware, contohnya Cisco, Juniper, 3COM dan sebagainya. 2.PC Based Router, menggunakan PC sebagai hardware dan Unix/nix like OS sebagai sistem operasi. Software yang digunakan adalah Zebra, GateD dan software lainnya.

16 REPEATER REPEATER berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel. Repeater juga berfungsi sebagai memperbesar batasan panjang satu segmen.

17 KABEL COAXIAL Berfungsi untuk instalasi dalam ruang/gedung, dan transceiver data. Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar

18 Beberapa jenis kabel coaxial: 1.Kabel Coaxial Thinnet atau Kabel RG-58, biasa disebut dengan kabel BNC, singkatan dari British Naval Connector 2.Kabel Coaxial Thicknet atau Kabel RG-8 adalah kabel coaxial yang dipakai untuk instalasi antar gedung

19 MODEM EKSTERNAL Modem eksternal berada di luar CPU. Berfungsi untuk menyambung PC ke server yang perangkat kerasnya berada di CPU.

20 Keuntungan menggunakan Modem Eksternal: 1.Portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. 2.Tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. 3.Dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem.

21 Kerugian menggunakan Modem Eksternal: 1.Harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. 2.Membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil. 3.Menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor.

22 MODEM INTERNAL Modem internal berada di dalam CPU. Berfungsi seperti modem eksternal, yaitu untuk menyambung PC ke server yang perangkat kerasnya berada di CPU.

23 Keuntungan menggunakan Modem Internal: 1.Lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. 2.Tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi.

24 Kerugian menggunakan Modem Internal: 1.Tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). 2.Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. 3.Dapat menambah suhu dalam kotak CPU. Karena adanya pengaruh Panas dari komponen - komponen dalam rangkaian modem internal

25


Download ppt "FUNGSI PERANGKAT KERAS  KELOMPOK 4: 1.ANDINI EKAPUTRI HANDAYANI 2.IGO TAHIR RAMADHAN 3.HETO ALDIANO 4.NUR RAHMAH HASTIATI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google