Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAN PEMIMPIN DI DALAM ORGANISASI Herpratiwi. Fokus Bagaimana pemimpin berinteraksi dengan orang2 dalam organisasi, untuk memberikan inspirasi, dorongan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAN PEMIMPIN DI DALAM ORGANISASI Herpratiwi. Fokus Bagaimana pemimpin berinteraksi dengan orang2 dalam organisasi, untuk memberikan inspirasi, dorongan,"— Transcript presentasi:

1 PERAN PEMIMPIN DI DALAM ORGANISASI Herpratiwi

2 Fokus Bagaimana pemimpin berinteraksi dengan orang2 dalam organisasi, untuk memberikan inspirasi, dorongan, antusiasme, dan memberdayakan mereka.

3 4 kompetensi pemimpin dalam LO (Peter Senge) 1. Engagement, mengidentifikasi masalah, menghadapi masalah, mengatur orang utk belajar memecahkan masalah. 2. System thinking, mengenal sistem dan menemukan penyebab masalah. 3. Leading learning, menggali potensi yang dimiliki dari orang yang dipimpin. 4. Self awareness, kesadaran diri, tahu kekuatan dan kelemahan.

4 Peran Pemimpin 1. Pemimpin sebagai pendesain 2. Pemimpin sebagai penolong 3. Pemimpin sebagai guru

5 Pemimpin sebagai pendesain Pemimpin tidak berada pada pusat tindakan dan arena popularitas, karena pendesain mengerjakan desainnya di balik panggung. Pemimpin mengintegrasikan 5 disiplin belajar: personal mastery, mental models, shared vision, team learning, system thinking.

6 Pemimpin sebagai penolong Pemimpin melihat organisasi lebih dari sistem, yaitu nilai manusia dalam organisasi sebagai manusia yang berharga dan dapat berkembang. Mendengar visi orang lain, dan melihat visi pribadinya sebagai bagian “visi besar” dr orang2 di sekitarnya

7 Pemimpin sebagai guru Pemimpin menumbuhkan semangat dan kemauan untuk belajar pada setiap orang dalam organisasi. Pemimpin membantu anggotanya untuk memahami “why” bukan “how to” terhadap arah dan mengapa organisasi bergerak sedemikian rupa.

8 Manajer Vs Pemimpin (Warren Bennis) 1. Mengatur 2. Copy 3. Fokus pd sistem dan struktur 4. Tergantung pd pengawasan 5. Pandangan jangka pendek 6. Bertanya bagaimana dan kapan 1. Melakukan inovasi 2. Aslinya 3. Fokus pada SDM 4. Menginspirasi kepercayaan 5. Perspektif jangka panjang 6. Bertanya apa dan mengapa

9 Manajer Vs Pemimpin (Nanus) 7. Memperhatikan hal- hal mendasar 8. Menjiplak 9. Prajurit klasik yang baik 10. Melakukan hal-hal secara benar 7. Mengutamakan pandangan jauh ke depan 8. menciptakan 9. Dirinya sendiri 10. Melakukan hal-hal yg benar


Download ppt "PERAN PEMIMPIN DI DALAM ORGANISASI Herpratiwi. Fokus Bagaimana pemimpin berinteraksi dengan orang2 dalam organisasi, untuk memberikan inspirasi, dorongan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google