Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Massive Online Open Course (MOOC)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Massive Online Open Course (MOOC)"— Transcript presentasi:

1 Massive Online Open Course (MOOC)
Anggota Kelompok : Hari Cahya Nugraha Alena Rizki Ratu Dewi Ayu M Teddy Marzen Zuageri Adhirahmana

2 Sejarah MOOC Bryn Alexander dan Dave Cormier
Perwujudan dari teori belajar connective Istilah MOOC pertama kali digagas oleh Bryn Alexander dan Dave Cormier dalam sebuah course terbuka yang diselenggarakan oleh George Siemens dan Stephen Downes. MOOC merupakan salah satu perwujudan dari teori belajar connective, bahwa suatu pengetahuan dibangun oleh jejaring yang relevan, sehingga MOOC dapat terselenggara jika memiliki kunci utama yaitu jejaring

3 Pengertian MOOC Kursus online Terbuka untuk umum
Pesertanya aktif partisipatif Terdistribusi tanpa diskriminasi Pembelajaran seumur hidup MOOC adalah kursus, bersifat terbuka untuk umum, pesertanya aktif partisipatif, terdistribusi tanpa diskriminasi dan sejalan dengan pembelajaran seumur hidup secara berkelompok.

4 Kursus online MOOC adalah kursus online dalam skala yang luas
Bukan sekolah Informasi dimana-mana MOOC adalah kursus online dalam skala yang luas, merupakan jawaban atas tuntutan penyebaran pengetahuan pada suatu lembaga, ketika dihadapkan pada keterbatasan waktu dan kesibukan. Dahulu, ketika Anda penasaran tentang sesuatu, Anda bertanya pada orang lain, Anda beli buku, Anda mencari jawabannya sendiri, atau menghubungi sekolah. Jika di sekolah itu tersedia program yang Anda minati, maka Anda bisa ikuti programnya. Di sekolah itu, Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, instruktur yang telah menata sumbernya dari jurnal atau buku-buku yang tersedia di perpustakaan. Mungkin juga Anda bertemu dengan orang lain yang tertarik pada minat yang sama. MOOC ini diperuntukkan bagi Anda yang hidup ditengah tebaran informasi dimana-mana, di mana jejaring sosial telah mampu merangkul orang lain yang memiliki kesamaan minat dengan Anda, tinggal klik saja, maka Anda memasuki dunia digital.

5 Terbuka untuk umum Bisa diikuti oleh pesertanya Tanpa harus berbayar
Tugas yang tersedia dalam kursus terbagikan pada semuanya MOOC bersifat terbuka untuk umum. Umum artinya adalah bahwa semua yang tersaji di dalam MOOC harus bisa diikuti oleh pesertanya untuk membacanya, merefleksikan atau mengomentari. Terbuka artinya Anda dapat menjalaninya tanpa harus berbayar mengikuti prosesnya. Anda mungkin diminta bayaran untuk mendapatkan pengakuan lembaga, tapi Anda tidak membayar untuk berpartisipasi dalam prosesnya. Terbuka juga berarti bahwa tugas-tugas yang tersedia dalam kursus terbagikan pada semuanya. Bahan kursus ditata oleh fasilitator, tugas-tugas diselesaikan oleh peserta, dan semua proses itu terpaparkan secara terbuka. Tugas yang Anda selesaikan akan terjaga sehingga peserta lain dapat untuk belajar dari situ

6 Pesertanya aktif partisipatif
Menjadi bagian dari kursus Peserta terlibat pada materinya Menghubungkan banyak ide-ide Peserta MOOC bersifat aktif partisipatif. Anda benar-benar menjadi bagian dari kursus dengan terlibat pada tugas-tugas peserta lain. Peserta tidak diharuskan untuk menyelesaikan tugas tertentu, melainkan untuk terlibat pada materinya, keterhubungan antara materi satu dengan materi lainnya yang mereka dapatkan melalui website. Anda membuat menghubungkan banyak ide-ide baik sendiri maupun dengan peserta lain dalam jaringan Anda. Karena salah satu hasil yang peserta dapatkan dari MOOC adalah koneksi jaringan yang terbangun melalui keterlibatan antara mereka satu sama lain.

7 Terdistribusi tanpa diskriminasi
Kursus ini berjaringan Peserta tidak terkelompok secara khusus Material MOOC terdistribusi tanpa diskriminasi. Semua yang terposting pada blog dan posting pada diskusi, tanggapan lewat video, artikel, tweet, dan tag semua terjalin bersama-sama untuk menjadikan kursus ini berjaringan. Pesarta tidak terkelompokkan secara khusus melainkan secara umum bagi pengguna Internet di seluruh dunia dari berbagai golongan yang berbeda-beda. Ada ragam cara dalam mengikuti kursusnya, tapi tidak ada jalan pintas dari tahapan minggu pertama sampai terakhir. Hal tersebut memungkinkan untuk pengembangan ide-ide baru dan menyatukan berbagai perbedaan sudut pandang. Terdistribusi juga berarti bahwa salah satu nilai tambah dari suatu MOOC adalah membangunan pengetahuan yang disalurkan dengan memanfaatkan jaringan.

8 Pembelajaran seumur hidup
Menekankan kemandirian Berkarya pada ruang mereka sendiri Berkembang terus Informasi tentang MOOC yang akan berjalan biasanya menyebar di jaringan online MOOC sejalan dengan pembelajaran seumur hidup. MOOC menekankan kemandirian antara pesertanya dan mendorong pesertanya untuk berkarya pada ruang yang ada pada mereka dan memastikan jejaring otentik sehingga mereka dapat melanjutkannya setelah proses kursus selesai. Sebuah MOOC dapat berkembang terus menjadi suatu jaringan baru yang sejalan dengan pembelajaran seumur hidup mengenai topik apapun. Pembagian tahapan kursus hanyalah awal topik baru, tantangannya adalah bagaimana Anda bisa menjalaninya agar mendapatkan sesuatu yang baru dari bagian tersebut. Informasi tentang MOOC yang akan berjalan biasanya menyebar di jaringan online. Orang yang punya reputasi tentang keahlian tertentu atau yang memiliki pemikiran inovatif tentang topik tertentu bekerja bersama-sama dalam menawarkan kursus online secara terbuka pada topik yang mereka kuasai.

9 Ruang Lingkup MOOC hanyalah kursus biasa Ada fasilitator dan materinya
Ada tanggal awal dan akhirnya Ada pesertanya

10 Prinsip MOOC Cara agar terhubung dan bekerja sama sambil meningkatkan kemampuan secara digital. Cara agar terlibat dalam proses pembelajaran yang memberikan penekanan mental pada makna diri sebagai seorang pencari ilmu. agenda bagi orang-orang yang peduli tentang minat yang sama agar bisa berkumpul dan bekerja dan bertukar pikiran dengan cara yang terstruktur. Tapi MOOC bukanlah sekolah, dan pada prinsipnya, MOOC juga bukan hanya kursus online biasa. Prinsip MOOC antara lain: MOOC adalah cara agar terhubung dan bekerja sama sambil meningkatkan kemampuan secara digital. MOOC adalah cara agar terlibat dalam proses pembelajaran yang memberikan penekanan mental pada makna diri sebagai seorang pencari ilmu (pelajar, mahasiswa, dosen, guru, ustadz, santri atau masyarakat biasa) Dan terakhir (mungkin yang paling penting), MOOC adalah agenda bagi orang-orang yang peduli tentang minat yang sama agar bisa berkumpul dan bekerja dan bertukar pikiran dengan cara yang terstruktur.

11 Contoh MOOC EDX (https://www.edx.org/) Coursera (coursera.org)
Codecademy (http://www.codecademy.com/)

12 Peluang pendapatan Sertifikat Rekrut pegawai Sponsorship
Jasa pencarian pekerjaan

13 Keuntungan MOOC Dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun Hemat biaya
Materi yang disajikan up-to date

14 Tantangan MOOC Menuntut tingkat melek digital yang cukup tinggi
Menuntut kemandirian partisipan/mahasiswa yang sangat tinggi, baik dari sisi waktu dan usaha Penilaian performa partisipan MOOC memberikan harapan yang sangat besar akan keterbukaan pembelajaran. Namun ada beberapa tantangan yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya: Menuntut tingkat melek digital yang cukup tinggi Menuntut kemandirian partisipan/mahasiswa yang sangat tinggi, baik dari sisi waktu dan usaha Penilaian performa partisipan, test yang dikerjakan tidak dapat dijamin keasliannya.

15 Kesimpulan Perkembangan teknologi dalam pendidikan jarak jauh terus mempengaruhi konteks pendidikan dan pembelajaran, MOOC membawa perspektif baru dari pendidikan yang tradisional Namun, dalam waktu ketika pendidikan tinggi sedang dikritik karena rendahnya produktivitas dan tingginya biaya MOOCs memberikan alternatif yang layak, produktivitas yang tinggi, biaya rendah dan pemanfaatan teknologi yang mutakhir.

16 Saran

17 Thank You


Download ppt "Massive Online Open Course (MOOC)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google