Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi promosional adalah komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan sebagai usaha untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi promosional adalah komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan sebagai usaha untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan."— Transcript presentasi:

1

2 Komunikasi promosional adalah komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan sebagai usaha untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan ataupun untuk menyampaikan berita tentang produk tersebut yang sifatnya membujuk.

3  Penampakkan  Perhatian  Pemahaman  Perubahan Sikap  Tindakan

4  Sebagai alat penyebaran informasi tentang suatu produk dari perusahaan ke masyarakat  Promosi memiliki kemampuan untuk menggugah minat semua orang yang menjadi target sasaran tergerak untuk melakukan pembelian  Tercapainya Informasi dan pengaruh yang diinginkan dari pelaksanaan strategi promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

5 Promotional mix merupakan gabungan dari berbagai jenis alat promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal.

6 1. Personal Selling Personal selling merupakan komunikasi personal antar orang dengan orang yang lain (face to face) dalam rangka menjual produk serta menciptakan relationship. 2. Non Personal Selling :  Advertising / Iklan  Sales Promotion  Public Relation  Direct Marketing

7 1. Pushing strategi, perusahaan dengan menggunakan personal selling berusaha mempromosikan produknya ke retailer dan wholesaler saja, tidak ke end user. 2. Pulling strategi, dimana produsen berusaha menciptakan product awareness sehingga konsumen akan mencari produk tersebut ke retailer.

8  Affordable method  Percentage-of-sales method  Competitive-parity method  Ojective-and-task method

9  Tahapan Produk dalam PLC (Product Life Cycle)  Market Share  Clutter / Crowded  Frequency  Product Differentiation

10 Proses perencanaan promosi meliputi 6 tahap, yaitu: 1. Review of the Marketing Plan 2. Promotional Program Situation Analysis 3. Analysis of Communication Process 4. Budget Determination 5. Developing the Integrated Marketing Communication 6. Monitor, Evaluate, and Control

11

12 Sesi 1 : 1. Apa perbedaan antara pesan persuasif dengan komunikasi promosional? Apakah sama penampakan dengan planning? Apakah ada faktor lain yang mempengaruhi im3 selain merknya?(Amalia – 097) 2. Jelaskan kode etik periklanan!(Razak – 029) 3. Jelaskan element-element di dalam developing the integreted marketing comunication! Bagaimana promosi jika usahanya dimulai dari 0? (Aditya – 065)

13  Sesi 2 : 1. Apakah setiap iklan harus berbohong?bukankah iklan tersebut merugikan konsumen? (Ahmad R – 015) 2. Bagaimana cara menetapkan harga agar konsumen percaya dengan produk yang dipromosikan? (Melda – 136) 3. Bisakah personal selling disamakan dengan sales door to door? (Alfia – 112) 4. Bagaimana cara kita mengubah pola pikir konsumen tentang sales door to door yang sekarang sudah dianggap sebagai penipu? (Chaela – 057) 5. Bagaimana cara mengubah pola pikir konsumen agar mau membeli produk kadal goreng ? (Andreas – 102)

14  Razak – 029  Amalia – 097  M. Nur Fauzi – 004  Aditya – 065  Chaela - 057


Download ppt "Komunikasi promosional adalah komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan sebagai usaha untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google