Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Amae. KANJI & ASAL KATA Amae Asal Kata 甘え Kata benda 甘える Kata kerja 甘い Kata sifat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Amae. KANJI & ASAL KATA Amae Asal Kata 甘え Kata benda 甘える Kata kerja 甘い Kata sifat."— Transcript presentasi:

1 Konsep Amae

2 KANJI & ASAL KATA Amae

3 Asal Kata 甘え Kata benda 甘える Kata kerja 甘い Kata sifat

4 Amae 甘え Emotional dependence Kemanjaan

5 Amaeru 甘え る Emotionally depend on Bermanja- manja

6 Amai 味 Rasa manis におい・音 Wangi lembut Suara lembut たいど Memanja kan Enteng

7 味(あじ) 例 甘いもの 甘い食べ物 甘いみそ

8 におい・音 例 甘い香り(かおり) 甘い声 甘い言葉

9 態度(たいど) 例 甘い先生 女に甘い男 生き方が甘い

10 Amae by Takeo doi Istilah Amae muncul dalam dunia psikologi Jepang setelah dipopulerkan oleh Dr. Takeo Doi, seorang pakar psikolog Jepang ternama. Dalam bukunya, Amae no Kozo (The anatomy of dependence, 1971) Doi menyatakan bahwa “amae” tak sekedar suatu fenomena di Jepang tapi juga sebuah kata yang hanya dimiliki dan dipahami oleh orang Jepang. Amae juga menjadi landasan budaya, hubungan sosial dan psikologi orang Jepang.

11 Amae by Takeo doi Menurut Doi juga, kata Amae adalah bentuk kata benda dari kata amaeru yang didefinisikan sbg “bergantung kepada kebaikan orang lain” Indikasinya  hasrat untuk dicintai Amaeru juga bisa didefinisikan sebagai “keinginan untuk dicintai” dan “kebutuhan akan kebergantungan”, pencarian perlindungan dan kasih sayang melalui orang lain Jepang (dependence) VS Amerika (independent)

12 Amae Konsep amae berasal dari insting primitif hubungan antara ibu dan anak Anak (bayi) : pengalaman anak yang merasakan ketergantungan/ketidakberdayaan/ hasrat untuk dicintai Ibu  merasakan kepuasan hati dengan menyayangi bayinya

13 Amae Adalah tingkah laku manusia ketika menginginkan untuk dicintai, menginginkan untuk diperhatikan, tanpa sadar ingin bergantung pada orang lain (orang tua, suami/istri, atasan

14 Amae adalah… …keengganan anak-anak untuk dipisahkan dari kehangatan kasih sayang sang ibu, dimana dapat terjadi juga pada orang dewasa, yang mengharapkan orang lain berbuat yang sama seperti yang dialaminya sewaktu kecil.

15 Indikasi Amae Cara bicara yang didesain menarik perhatian (bukan pada prilakunya, tapi emosi yang terkandung di dalamnya) Usaha untuk mendekat kepada orang lain Tindakan yang dilakukan untuk diterima orang lain Mengacu pada hubungan manusia

16 Tiga Karakteristik Amae Amae terhubung dengan psikologi di masa pertumbuhan Amae sebagai bahasa non verbal Amae termasuk dalam esensi hubungan personal seseorang (emosi dalam hubungan)

17 Jika Amae berhasil Jika Amae tdk berhasil Individu merasakan kesatuan/ketidakterpisaha n dengan individu sasaran amaeru-nya Ketidakterpisahan memberikan kepercayaan diri dan kebebasan menjadi diri sendiri Sebelum dicintai, percaya diri dulu bahwa pasti akan dicintai Kekecewaan/frustasi akibat penolakan amaeru Keinginan amaeru yang berlebihan Memungkiri keinginan utk beramaeru krn tdk berhasil mengekspresikan Tindakan menyimpang (wagamama, amanzuru, kigane dll) Keberhasilan Amae

18 Amae sebagai fenomena Amae sebagai fenomena di Jepang kadang dianggap berlebihan, misalnya bisa saja seorang perempuan berumur 40 tahun akan bertingkah seperti gadis 15 tahun..

19 Amae  Kawaii Amae ini berkembang ke konsep kawaii yang ada di Jepang Jepang : Amae  Amai X Amae  Kawaii Cth : Pria Jepang menyukai perempuan dengan wajah dan tingkah laku yang kekanakan, mereka lebih memilih tipe wanita seperti ini daripada wanita elegan dengan karakter kuat.

20 Wish to be loved Amae Aksi agar hasrat “amae” terpenuhi Kawaii Budaya Populer Soft Power Kawaii Bunka

21 Amae  Kawaii Di Jepang, pria/pacar/suami suka menjadi pelindung bagi wanitanya dan tidak menyukai jika perempuan yang lebih mengontrol.

22 Amae dan relasi sosial Amae memainkan peranan penting dalam masyarakat berkelompok dimana individualisme tidak terlihat dan masyarakat lebih menyukai berkelompok untuk mendapatkan kekuatan.

23 Kesimpulan Amae juga membantu proses untuk menciptakan harmoni dan kedamaian dalam keluarga, persahabatan, hubungan cinta dan hubungan di tempat kerja. Orang Jepang cenderung menghindari konfrontasi antar mereka sehingga jarang terlihat orang Jepang yang adu argumen..

24 Daftar Pustaka Is amae key to understanding Japanese culture. Doi Takeo, Understanding amae; The Japanese concept of need- love Japan, why so kawaii. Morita Akira, Amae and Belonging—An encounter of the Japanese Psyche and the Waning of Belonging in America. Nishimura Kaoru, Is Love Sweet? Analysis of ‘Amae’ and the Group Therapeutic Process.


Download ppt "Konsep Amae. KANJI & ASAL KATA Amae Asal Kata 甘え Kata benda 甘える Kata kerja 甘い Kata sifat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google