Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dasar-dasar Multimedia Pertemuan ke-1. Introduction Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dasar-dasar Multimedia Pertemuan ke-1. Introduction Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan."— Transcript presentasi:

1 Dasar-dasar Multimedia Pertemuan ke-1

2 Introduction Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif (hiburan). Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia

3 Lanjutan Menurut Riset Computer Technology Research (CTR) Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

4 Multimedia Menurut Vaughan (2004) multimedia merupakan kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi, dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digital dan dapat disampaikan dan/atau dikontrol secara interaktif.

5 Jenis-jenis Multimedia Multimedia interaktif Menurut Hofstetter (2001), Multimedia Interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) menjadi satu kesatuan dengan link dan tool yang tepat sehingga memungkinkan pemakai multimedia dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

6 Lanjutan Multimedia hiperaktif Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya.Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada.

7 Lanjutan Multimedia linear Pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.

8 Pengembangan Bidang Multimedia Berikut ini beberapa bidang pengembangan Multimedia 1. Bidang Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy 2. Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object 3. Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance

9 Berbagai Aplikasi dalam Multimedia Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi: Presentasi, company profile Pemasaran (Telemarketing) Periklanan Demo produk Katalog dll Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi Tutorial Simulasi dan pelatihan E-Learning dll

10 Lanjutan Aplikasi Multimedia dalam Hiburan meliputi Games; virtual game, virtual driving Film : animasi Olah raga dan hobi Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll) Aplikasi kepentingan publik atau institusi Militer Pariwisata Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll

11 Alasan mengapa perlu aplikasi multimedia? Aplikasi Keterangan Presentasi bisnisMultimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien. Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing) Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang penguetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh,CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membersihkan busi yang dapat di visualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi ditest juga diperdengarkan PendidikanMultimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif. HiburanMultimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengcara konvensional Penyajian InformasiMultimedia dapat Dipakai untuk membentuk enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku maupun Koran Kios interaktifKios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berinterakasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi TelekonferensiMultimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masing komputer pemakai yang digunakan

12 Contoh aplikasi multimedia dalam kesehatan buatan microsoft

13 Contoh aplikasi dalam pembelajaran

14 Aplikasi multimedia dalam pembelajaran bahasa

15 Aplikasi multimedia dalam jaringan;

16 Pengaruh Multimedia Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu: Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting! Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

17 Lanjutan Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e- book. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

18 Masa Depan Multimedia Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti : Sistem perancangan grafis komputer Sistem operasi dan teknik implementasi Sistem Jaringan (network) Content Management Sytem HCI (Human Computer Interaction)

19 Konversi Multimedia ke Depan

20 Lanjutan Berikut ini beberapa teknologi multimedia yang terus berkembang pesat: Video Digital video Digitalization ASF (Advanced System Format) MPEG (Motion Picture Expert Group) DivX dsb

21 Contoh pengembangan kedepan dalam multimedia A. Virtual reality teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya. Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.

22 Contoh Virtual Reality

23 Cara Kerja VRS Cara kerja virtual reality system pada prinsipnya adalah seperti berikut. 1.Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. 2.Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities. 3.Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

24 Lanjutan B. Video conference 1.Video conferencing adalah alat komunikasi jarak jauh yang menampilkan suara dan gambar secara langsung artinya dengan waktu yang bersamaan melalui jaringan komputer. 2.Sekarang ini video conference juga dapat diakses melalui handphone 3G. Semua peserta Video Conference harus mempunyai 3G ponsel dan dalam wilayah layanan 3G untuk dapat berpartisipasi dalam Video Conference. 3.Tiap peserta yang ikut serta dalam video conference tersebut bertanggung jawab atas biaya video call mereka masing-masing.Oleh sebab itu aplkasi video call termasuk aplikasi yang cukup mahal dalam soal biaya koneksi.

25 KARIR DALAM MULTIMEDIA Bidang teknologi multimedia merupakan profesi baru yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang. Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini. Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia : Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.

26 Desain Sistem Multimedia Dalam mendesain suatu sistem media, terdapat tiga hal pokok yang harus dipertimbangkan, yaitu: Media yang paling tepat untuk suatu task Lingkungan yang tepat untuk media tersebut Efek yang diharapkan dengan mengkombinasikan media-media tersebut.

27 Memilih Media yang Tepat dalam Desain Multimedia Gunakan media audio jika: Informasi sederhana Informasi pendek Informasi hanya dibutuhkan saat itu Informasi berisi event dalam waktu Informasi yang dibawakan membutuhkan respon langsung Sistem visual dari manusia terlalu sibuk Lokasi terlalu gelap atau terlalu terang Manusia harus terus bergerak dalam melakukan tugasnya

28 Gunakan media visual jika: Informasi kompleks Informasi panjang Informasi masih dibutuhkan beberapa saat kemudian Informasi berisi lokasi dalam ruang Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan respon langsung Sistem audio dari manusia terlalu sibuk Lokasi terlalu bising Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu dalam melakukan tugasnya.


Download ppt "Dasar-dasar Multimedia Pertemuan ke-1. Introduction Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google