Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Evaluasi Kualitatif Karya Ilmiah Scientific Writing Faculty of Computer Science University of Indonesia Zainal A. Hasibuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Evaluasi Kualitatif Karya Ilmiah Scientific Writing Faculty of Computer Science University of Indonesia Zainal A. Hasibuan."— Transcript presentasi:

1 Evaluasi Kualitatif Karya Ilmiah Scientific Writing Faculty of Computer Science University of Indonesia Zainal A. Hasibuan

2 Mengapa Karya Ilmiah Mesti Dievaluasi?

3 Alasan Mengevaluasi Karya Ilmiah Evaluasi mendorong si pembaca untuk melakukan “kritik” (critique paper). –Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. –Agar bisa mempertahankan “best practice”. Evaluasi menggambarkan “tingkat pemahaman” si pembaca. Evaluasi memberikan masukan untuk perbaikan dan pengembangan “isu penelitian” yang sedang dibahas.

4 Apa Yang Harus Dievaluasi?? Yang harus dievaluasi adalah komponen-2 dokumen karya ilmiah tersebut.

5 Komponen Dokumen Karya Ilmiah Judul: –Apakah judul yang disampaikan mudah dipahami? Tema Sentral: –Apakah tema sentral dirumuskan secara jelas? Tuliskan tema sentral dari karya ilmiah tersebut. Identifikasi Masalah: –Apakah masalahnya (problem statement, research issue, dll.) di ungkapkan secara eksplisit dan efektif? –Tuliskan masalah (problem statement) dalam karya ilmiah tersebut.

6 Tujuan karya ilmiah : –Apakah tujuan dari kajian tersebut dituliskan secara jelas di dalam karya ilmiah? –Apakah ada keterkaitan tujuan kajian dengan pernyataan masalah di dalam karya ilmiah tersebut? Manfaat kajian: –Apakah manfaat kajian dituliskan secara jelas? –Apakah manfaat tersebut berupa manfaat praktis atau teoritis? –Sejauh mana manfaat tersebut dapat menggambarkan bobot tulisan dari karya ilmiah tersebut. –Tuliskan manfaat dari kajian dalam karya ilmiah tersebut.

7 Kerangka Pemikiran: –Apakah alur pikir di dalam karya ilmiah disampaikan secara eksplisit? –Dalam bentuk apa alur pikir tersebut disampaikan? Tinjauan Pustaka: –Sejauh mana originalitas dan aktualitas karya ilmiah tersebut? –Sejauh mana masalah yang digarap relevan dengan “state of the art” dari disiplin ilmu yang terkait TIK? Metode Penelitian: –Apakah metode yang dipilih relevan dengan masalah yang disampaikan? –Apa yang menjadi dasar pemilihan metode tersebut?

8 Analisis dan Interpretasi: –Merupakan “personal response”, akibatnya setiap pembaca bisa mempunyai interpretasi yang berbeda. –Interpretasi harus konsisten dengan semua fakta yang ada dalam tulisan. –Apakah analisis dan interpretasi dilakukan secara sistematis? –Bagaimana data maupun fakta-2 lainnya disajikan dan diinterpretasikan? –Apakah ada alur pemikiran yang logis dalam penyampaian pembahasan?

9 Analisis dan Interpretasi: Sejauh mana analisis dan interpretasi ini sesuai dengan masalah penelitian? Apa kontribusi yang diberikan oleh penulis? Adakah penemuan baru (novelty) yang disampaikan oleh penulis? Interpretasi bukan sekedar membuat ringkasan. Ringkasan hanya merupakan laporan, atau pernyataan dari fakta.

10 Penarikan Kesimpulan: –Apakah kesimpulan yang diambil didukung oleh data empiris yang telah diinterpretasikan baik kualitatif maupun kuantitatif? –Apakah penulis menggunakan logika deduktif atau induktif dalam menarik kesimpulannya? –Sejauh mana karya ilmiah ini memberikan sumbangan untuk kemajuan ilmu pengetahuan? –Apakah penulis memberikan dorongan untuk melakukan penelitian lanjutan? Komentar Umum: –Tunjukkan berbagai kesalahan ejaan, kalimat yang tidak efektif, paragraf yang tidak mempunyai tema dalam skripsi yang sedang anda amati. Tuliskan beberapa contoh kesalahan tersebut dan perbaikannya.


Download ppt "Evaluasi Kualitatif Karya Ilmiah Scientific Writing Faculty of Computer Science University of Indonesia Zainal A. Hasibuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google