Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGURUS HKI: MENGAPA DAN BAGAIMANA? (PERSEPSI & PENGALAMAN PRIBADI) LATIPUN Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGURUS HKI: MENGAPA DAN BAGAIMANA? (PERSEPSI & PENGALAMAN PRIBADI) LATIPUN Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang."— Transcript presentasi:

1 MENGURUS HKI: MENGAPA DAN BAGAIMANA? (PERSEPSI & PENGALAMAN PRIBADI) LATIPUN Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

2 Latar belakang  Setiap individu pada dasarnya memiliki karya. Setiap akademisi memiliki karya intelektual (sederhana  kompleks).  Perlu mengenal dan mempublikasikan karya intelektual yang dimilikinya.  Karya intelektual tsb (untuk saat ini) perlu perlindungan, agar:  Tidak diambil orang lain  Tidak berbalik kepemilikan: pencipta dianggap “pencuri”

3  Perlindungan kekayaan intelektual dilakukan siapa?  Diri sendiri  Masyarakat  Negara  Pemilikan HKI pada dasarnya suatu perlindungan karya intelektual oleh negara:  Pencipta merasa lebih aman

4 Manfaat:  Manfaat karya intelektual didaftarkan HKI:  Rasa aman atas karya yang dimiliki dari kemungkinan diambil orang lain.  Biodata, untuk kepangkatan  Mengukur produktivitas.  Kelembagan: akreditasi, prestasi lembaga, dll.

5 Karya apa yang perlu HKI?  Apa yang perlu perlindungan melalui HKI?  Karya yang tidak memungkinkan dipublikasikan melalaui media lain: e.g: jurnal.  Karya pribadi/kelompok yang unik  Karya “besar” yang memeri implikasi ekonomi dan sosial yang luas. “siapa yang mengurus pertama kali itulah yang berhak atas karya itu”.

6 Contoh karya sudah HKI NamaTahun IPPA (Intervensi Pencegahan Perilaku antisosial) (2012) Modul intervensi konseling kelompok untuk penanganan anak-anak di Lembaga Pemasyarakatan (Latipun) Modul tesis 2014 IDDI (Instrumentasi dan Dokumentasi untuk Diagnosis dan Intervensi) (2011) Sistem pencatatan secara manual untuk melakukan dokumentasi atas proses disgnosis dan intervensi psikologi: digunakan untuk kepentingan praktik terapi) (Latipun & Zainul Anwar) Modul kuliah praktik Proses Kaunseling dan Perdamaian (2010) Keberkesanan kaunseling berfokus resolusi konflik antara rakan sebaya bagi peningkatan tingkah laku aman dalam kalangan remaja (Latipun) Disertasi2014

7 Beberapa karya yang sudah HKI Nama Meningkatkan keterampilan memperkenalkan diri anak borderline melalui modeling (2013) CD modul penanganan anak yang bondeline: mengajarkan mengenalkan diri (Niken FP, Riski Sovayunanto, Diah Karmiyati, Diana Savistri, Latipun, M Nuruddin Janky, Rico Irvanto, Zainul Anwar) Modul skripsi 2014 Konseling berfokus resolusi konflik antar sebaya: dari perselisihan ke perdamaian di kalangan remaja (2013) Modul intervensi Konseling Resolusi Konflik antar teman sebaya untuk remaja (Latipun) Modul disertasi 2014 DLL (persiapan)

8 Bagaimana pengalaman mengurus?  Ikuti saja ketentuan pengurusan HKI:  Lengkapi tulisan sebagai satu keutuhan (pengantar, daftar isi, isi, dan lainnya yang dianggap perlu)  Hindari adanya plagiarisme (termasuk penggunaan gambar bukan milik sendiri, gambar orang lain)  Cetak yang rapi bahan yang diusulkan.  Lengkapi berkas yang diperlukan  Selesai…

9 Berorientasi bisnis?  Selama ini tidak berfikir untuk kepentingan bisnis: semata-mata untuk perlindungan hak cipta.  Karena ada biaya pengurusan dan perlu pengembangan: perlu mengupayakan ada aspek bisnis dalam menyusunan karya intelektual (tetapi tidak meninggalkan semangat berinfak melalui ilmu)

10 Agenda peningkatan HKI  Setiap dosen perlu mengagendakan program pengurusan HKI, misal: satu HKI/tahun.  HKI merupakan karya intelektual yang sederajad dengan artikel di jurnal (kum 10)  Perlunya variasi karya intelektual di kalangan dosen.

11 Berapa lama?  Pengalaman selama ini enam bulan selesai, beberapa karya memerlukan waktu lebih lama.  Pengurusan langsung ke Pusat akan mempercepat penyelesaian  perlu anggaran khusus.

12  Sekian


Download ppt "MENGURUS HKI: MENGAPA DAN BAGAIMANA? (PERSEPSI & PENGALAMAN PRIBADI) LATIPUN Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google