Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HARI PUTRI SASANTI RAHAYU, 3301404190 KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) MA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN KENDAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HARI PUTRI SASANTI RAHAYU, 3301404190 KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) MA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN KENDAL."— Transcript presentasi:

1 HARI PUTRI SASANTI RAHAYU, KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) MA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN KENDAL

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : HARI PUTRI SASANTI RAHAYU - NIM : PRODI : Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Akuntansi) - JURUSAN : Pendidikan Ekonomi - FAKULTAS : Ekonomi - hari87 pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Sukardi Ikhsan, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Tarsis Tarmudji - TGL UJIAN :

3 Judul KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) MA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN KENDAL

4 Abstrak Kinerja adalah kemampuan kerja berdasarkan pelaksanaan sesuatu pekerjaan yang diminta. Manajemen berbasis sekolah adalah otonomi luas di tingkat sekolah yang menuntut partisipasi aktif tenaga kependidikan dan masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan efisiensi, mutu, dan pemerataan pendidikan.Madrasah aliyah memiliki kelebihan berupa kurikulum pendidikan agama yang lebih banyak, diantaranya aqidah akhlak, fiqih, alqur’an hadits, dan sejarah kebudayaan islam. Selain itu, sebagian besar siswa madrasah aliyah tinggal di pondok pesantren. Berdasarkan pengelolanya madrasah aliyah dibagi menjadi 2 yaitu madrasah aliyah negeri dan madrasah aliyah swasta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal?Adakah perbedaan antara kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal, dan mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal. Populasi penelitian ini adalah seluruh madrasah aliyah negeri dan swasta se-Kabupaten Kendal meliputi 1 madrasah aliyah negeri dan 10 madrasah aliyah swasta. Pengambilan sampel sebanyak 1 MA negeri dan 5 MA swasta menggunakan teknik simple random sample, berdasarkan undian dengan quota 50% dari populasi. Variabel menggunakan variabel tunggal guna mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dan 7 (tujuh) komponen manajemen berbasis sekolah. Alat pengumpul data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Instrumen yang disusun diuji validitas menggunakan rumus Product Moment, dan diuji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis mengunakan analisis interpretasi skor dan analisis inferensial dengan bantuan software SPSS 1.5. Berdasarkan hasil analisis deskripsi data interpretasi skor, kinerja Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal sudah optimal. Berdasarkan hasil analisis inferensial pada MA negeri dan swasta berakreditasi “A” terdapat perbedaan kinerja antara MA negeri dengan swasta di Kabupaten Kendal. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi semua warga sekolah, serta pihak-pihak yang terkait dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, semua pihak diharapkan dapat mewujudkan manajemen sekolah yang efektif dan efisien untuk kemajuan mutu sekolah.

5 Kata Kunci Kinerja, MBS, MA Negeri dan Swasta

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta:Rajawali Press Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta:Rajawali Press Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta:Rajawali Press Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Praktek Revisi IV. Jakarta:Rajawali Press Azwar, Saifudin Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Cranston, Neil C Collaborative decision-making and school-based management : challenges, rhetoric and reality. Australia : Journal of Educational Enquiry, Vol. 2, No. 2, 2001 Leadership & Management Research Unit Faculty of Education Queensland University of Technology diunduh 7 April 2009 Departemen Agama.2005.Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah.Jakarta : Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Depdiknas Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Buku I Konsep dan Pelaksanaan Goker, Suleyman Davut A School-based Management and Supervision Model in EFL Schools. diunduh 7 April 2009 : Eastern Mediterranean University (Gazimagusa, Turkey) Handoko, Hani Manajemen.Yogyakarta:BPFE Diunduh 3 September Diunduh 3 September 2008 Isjoni Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan.Bandung: Sinar Baru Algesindo Lubis, Mochtar.1993.Budaya Masyarakat dan Manusia Indonesia.Jakarta : Yayasan Obor Indonesia Miyono,dkk. Bersekolah Negeri dan Swasta Sama di Mata Pemerintah 25 Maret Menteri Pendidikan Nasional.2007.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Kendal : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Mulyasa Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Nazir,Moh.1999.Metode Penelitian.Bogor:Ghalia Indonesia Nazir,Moh.2005.Metode Penelitian.Bogor:Ghalia Indonesia Nurkholis.2003.Manajemen Berbasis Sekolah.Jakarta:Grasindo +Ragil,dkk.Mengkritisi raperda Pendidikan. Diunduh 25 maret 2008 Sagala, Syaiful Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta Sudiyono, Anas.2003.Pengantar Statistik pendidikan.Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada Sudjana, Prof., Dr., M.A., M.Sc.2002.Metoda Statistika Edisi VI. Bandung : Tarsito Suprihatin.2004.Manajemen sekolah.Semarang:UNNES PRESS Sutomo,Drs.,M.Pd.,dkk.2007.Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES PRESS Yuliningtyas, Sri Analisis Portofolio Kinerja Manajemen Madrasah (MA) Negeri dan Swasta se-Kabupaten Rembang. Skripsi. Semarang ; Universitas Negeri Semarang (UNNES). Tidak dipublikasikan. Zanto Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dan Pengaruhnya terhadap peningkatan Kualitas Kelulusan Siswa di SMA Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang ; Universitas Negeri Semarang (UNNES). Tidak dipublikasikan.

7 Terima Kasih


Download ppt "HARI PUTRI SASANTI RAHAYU, 3301404190 KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) MA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN KENDAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google