Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO TEORI POLITIK RENDRA EKO WISMANU SAP MAP. LOGO Definisi Politik Secara etimologis, politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang berarti kota.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO TEORI POLITIK RENDRA EKO WISMANU SAP MAP. LOGO Definisi Politik Secara etimologis, politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang berarti kota."— Transcript presentasi:

1 LOGO TEORI POLITIK RENDRA EKO WISMANU SAP MAP

2 LOGO Definisi Politik Secara etimologis, politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang berarti kota atau negara kota. Turunan dari kata tersebut yaitu: polites berarti warga negara politikos berarti kewarganegaraan politike te ekne’ berarti kemahiran politik politike episteme berarti ilmu politik Secara terminologis Menunjuk kepada satu segi kehidupan manusia dalam bermasyarakat yang lebih mengarah pada “usaha untuk memperoleh kekuasaan, memperbesar atau memperluas serta mempertahankan kekuasaan” (POLITICS) Menujuk kepada satu rangkaian tujuan yang hendak dicapai, atau cara-cara atau arah kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan, yang lebih mengarah pada kebijakan atau kebijaksanaan (POLICY)

3 LOGO Perkembangan Ilmu Politik Aristoteles (KLASIK) 5 tahapan pemilihan politik: Perumusan masalah Pengumpulan kasus Pengklasifikasian kasus Pengkorelasian antara jumlah penguasa dengan kadar stabilitas. Penganalisaan tipe pemerintah yang stabil. Nicollo Machiavelli Machiavelli (MODERN) Ilmuwan politik mempelajari alokasi dan transfer kekuasaan dalam pembuatan keputusan, peran dan sistem pemerintahan termasuk pemerintah dan organisasi internasional, perilaku politik dan kebijakan publik. Dalam Islam, istilah untuk POLITIK adalah siyasah, yang berarti memelihara, mengatur, memerintah, memimpin Definisi Syara’ (penggalian dari berbagai hadits) : Politik adalah pengatur- an / pemeliharaan urusan umat baik dalam negeri maupun luar negeri.

4 LOGO Ilmu Politik Islam ISLAM FIKRAH THORIQOH IMAN KEPADA ALLAH, MALAIKAT, KITAB, ROSUL, HARI KIAMAT, QODLO-QODAR HUKUM IBADAH HUKUM AKHLAK, MAKANAN DAN MINUMAN HUKUM SOSIAL-MASY HUKUM PEMERINTAHAN AQIDAH PENYELESAIAN MASALAH KEHIDUPAN HUKUM PENDIDIKAN SISTEM PENGADILAN METODE MENERAPKAN ISLAM, OLEH NEGARA METODE MEMPERTAHANKAN ISLAM, DENGAN HUKUMAN DAN NEGARA METODE MENYEBARKAN ISLAM, MELALUI DAKWAH DAN JIHAD OLEH NEGARA

5 LOGO Definisi Umum Politik Politik : Usaha-usaha yang ditempuh warga negara untuk membicarakan dan mewujudkan kebaikan bersama. Politik : Segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan pemerintahan. Politik : Sebagai segala kegiatan yang diarahkan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat. Politik : Sebagai kegiatan yang berkaitan dengan perumusan dan pelaksanaan kebijakan umum. Politik : Sebagai konflik dalam rangka mencari dan/atau mempertahankan sumber-sumber yang dianggap penting. Politik : authoritative allocation of values The fundamental problem of politics is concern with the question of how members of a community are to live together peaceably and resolve their differences in an acceptable manner

6 LOGO Fokus Ilmu Politik FOKUS ILMU POLITIK Negara (state) Kekuasaan (power) Pengambilan Keputusan (decisionmaking) Kebijakan umum (public policy) Pembagian (distribution)

7 LOGO Fokus Ilmu Politik Negara (Barent, Soltau, Bluntschli, Yacobsen & Lipman) Ilmu Politik mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga- lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan itu; hubungan antara negara dengan warganegaranya serta dengan negara-negara lain. Kekuasaan (de Huszar & Stevenson, Lasswell & Kaplan, Flechtheim) Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku. Pengambilan keputusan (Mitchell, Deutsch) Keputusan adalah membuat pilihan diantara beberapa alternatif, sedang istilah pengambilan keputusan (decisionmaking) menunjuk pada proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai, yang diambil secara kolektif dan mengikat seluruh masyarakat

8 LOGO Fokus Ilmu Politik Kebijakan umum (Easton, Hoogerwerf) Objek dari ilmu politik adalah kebijakan pemerintah, proses terbentuknya, serta akibat-akibatnya. Sedangkan kebijakan umum adalah membangun masyarakat secara terarah melalui pemakaian kekuasaan. Distribusi dan alokasi (Lasswell) Pembagian (distribution) dan alokasi (allocation) adalah pembagian dan penjatahan dari nilai-nilai (values) dalam masyarakat secara mengikat. Asumsinya adalah pembagian ini sering tidak merata dan karena itu menyebabkan konflik. Politik adalah “masalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana”

9 LOGO Pendekatan Ilmu Politik POLITICAL APPROACH Old institutionalism : Pendekatan pada sistem kelembagaan Negara Behavioralism : Pendekatan pada aspek perilaku Rational choice : Pendekatan pada pilihan rasional New institutionalism : Pendekatan pada sistem kelembagaan baru

10 LOGO Sistem Politik

11 LOGO Sistem Politik & Lingkungan

12 LOGO Sistem Politik & Struktur

13 LOGO Sistem Politik ; Struktur & Fungsi


Download ppt "LOGO TEORI POLITIK RENDRA EKO WISMANU SAP MAP. LOGO Definisi Politik Secara etimologis, politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang berarti kota."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google