Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal. 2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal. 2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta."— Transcript presentasi:

1

2

3 1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal. 2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta belajar maupun guru/instruktur. 3. Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi 4. Memungkinkan siswa atau pebelajar dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

4 Kelebihan a. Memberikan umpan balik segera b. Menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas sehingga terarah ketujuan. c. Menerapkan pembelajaran yang sistematis. d. Modul bersifat fleksibel. e. Kerjasama terjalin dan persaingan dapat diminimalisir. f. Waktu untuk remidi cukup tersedia.

5 a. Interaksi antara pembelajar dan pebelajar berkurang. b. Pendekatan tunggal menyebabkan monoton dan membosankan. c. Kemandirian yang bebas, menyebabkan pebelajar tidak disiplin dan menunda mengerjakan. d. Perencanaan harus matang, memerlukan kerjasam tim, memerlukan dukungan fasilitas, media, sumber dan lainnya. e. Memerlukan biaya yang lebih mahal

6  1. Self Instruction  2. Self Contained  3. Berdiri Sendiri ( Stand Alone )  4. Adaptif  5. Bersahabat/Akrab ( User Friendly )

7

8  Menurut Hall-Quest (dalam Tarigan 1986:11). Menurutnya buku teks adalah rekaman pikiran rasial yang di susun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional  Lange (dalam Tarigan 1986:11) menjelaskan bahwa buku teks adalah buku standar, buku setiap cabang khusus dan studi dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan.  buku teks adalah buku pelajaran yang disusun oleh para ahli atau pakar dalam bidangnya untuk menunjang program pengajaran yang telah digariskan oleh pemerintah.

9  Buku teks disusun untuk menunjang program pembelajaran.  Buku teks ditulis untuk tujuan instruksional tertentu.  Untuk mengembangkan bahan dan program dalam kurikulum pendidikan

10  Buku teks mudah dicari  Buku teks praktis untuk dibawa kemana saja  Buku teks relatif murah  Buku teks berisi berbagai macam. Mulai dari materi, rangkuman sampai pada evaluasi.

11  Kekurangan buku teks adalah terkadang berisi materi yang tidak sesuai dengan kurikulum yang akan diajarkan.

12 Menurut Greene dan Petty, terdapat sepuluh kriteria buku teks yang berkualitas.

13

14

15  Pengertian Brosur Brosur adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat tetapi lengkap tentang perusahaan atau organisasi (Kamus besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Balai Pustaka, 1996 dalam Dharmasraya, 2008).

16 Tujuan Brosur a. menjalankan informasi brosur dengan baik b. menjadikan media yang sangat berpengalaman c. menawarkan informasi pada media cetak d. mejadikan brosur untuk masalah informasi brosur

17 Keunggulan dan kelemahan Brosur Keunggulan :  Sederhana namun langsung to-the-point  Satu-satunya di dunia.  Harga yang semakin murah.  Penghematan biaya  Tetap beriklan walaupun tidak ada orang yang menjaganya.

18 Kelemahan :  Produk yang berlebihan bisa menyebabkan biaya yang sia – sia  Ketajaman warna cetak berada di level rendah  Brosur hanya berbentuk selembar kertas.

19 Brosur yang baik adalah brosur yang :  Elemen dasar dari sebuah desain brosur yang baik adalah prioritas memutuskan hal terpenting apa yang akan dimasukkan dalam brosur  Pilih warna dan foto yang tepat untuk brosur.  Pastikan bahwa materi di brosur adalah mudah dibaca, karena jika tidak, tujuan seluruh brosur hilang  Jangan membuat font brosur rumit seperti buku  Gunakan judul sederhana, namun mencolok

20 Contoh Brosur :

21

22  Pengertian Leaflet Lembaran kertas berukuran kecil mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada umum sebagai informasi mengenai suatu hal atau peristiwa.

23  Tujuan Leaflet 1. Untuk mengingat kembali tentang hal-hal yang telah diajarkanatau dikomunikasikan 2. Diberikan sewaktu kampanye untuk memperkuat ide yang telahdisampaikan 3. Untuk memperkenalkan ide-ide baru kepada orang banyak

24  Keunggulan dan Kelemahan Leaflet Keunggulan a. Leaflet dipilih karena dianggap memiliki nilai praktis. b. Dalam leaflet, hanya di informasikan secara garis besar c. media leaflet dianggap lebih praktis Kelemahan a. Bila cetakannya tidak menarik orang enggan menyimpannya b. Pada umumnya orang tidak mau membaca karena hurufnya terlalu kecil c. Tidak bisa digunakan oleh sasaran yang buta huruf

25  Leaflet yang baik adalah leaflet yang : 1. Menggunakan bahasan sederhana dan mudah dimengerti oleh pembacanya 2. Judul yang digunakan harus menarik untuk dibaca 3. Jangan banyak tulisan, sebaiknya dikombinasikan antara tulisan dan gambar 4. Materi harus sesuai dengan target sasaran yang dituju.

26  Contoh Leaflet

27


Download ppt "1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal. 2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google