Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM. Diskusi Sebuah divisi pengecatan pada perusahaan mainan anak mengalami kendala bahwa kecepatan konstan barang-barang yang harus dicat bergerak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM. Diskusi Sebuah divisi pengecatan pada perusahaan mainan anak mengalami kendala bahwa kecepatan konstan barang-barang yang harus dicat bergerak."— Transcript presentasi:

1 SISTEM

2 Diskusi Sebuah divisi pengecatan pada perusahaan mainan anak mengalami kendala bahwa kecepatan konstan barang-barang yang harus dicat bergerak terlalu cepat sehingga mereka sulit mengikuti kecepatan tersebut. Kendala ini diduga akan memicu kenaikan tingkat absensi karyawan, turn over yang tinggi, dan moral rendah mereka. Bagaimana pendekatan sistemik akan berupaya menyelesaikan permasalahan ini? Bagaimana pula pendekatan linier menyelesaikannya?

3 System (Sistem) “Suatu kebulatan atau totalitas yang berfungsi secara utuh, disebabkan adanya saling ketergantungan di antara bagian-bagiannya” (A whole that functions as a whole by virtue of interdependence of its parts) (Buckley) “Sekelompok komponen yang terdiri atas manusia dan/atau bukan manusia (nonhuman) yang diorganisir dan diatur sedemikian rupa sehingga komponen-komponen tersebut dapat bertindak sebagai satu kesatuan dalam mencapai tujuan, sasaran bersama, atau hasil akhir” (Kerzner, 1980)

4 Sifat Sistem 1. Bersifat Dinamis, interdependesi antar elemen- elemen sistem (dapat diamati dari cara mengkonversi input menjadi output) 2. Sistem Terpadu Lebih Besar dari Penjumlahan Komponen-komponennya (akibat elemen-elemen yang tersusun dan terorganisir) 3. Memiliki Arti yang Berbeda (bergantung kepada siapa yang mengamati dan untuk kepentingan apa) 4. Mempunyai Sasaran yang Jelas (umumnya ditentukan oleh identifikasi tujuannya) 5. Mempunyai Keterbatasan (ditentukan oleh faktor ekstern/lingkungan dan intern/keterbatasan SD)

5 Ciri Teori Sistem (Litterer) 1. Interdependesi antar elemen 2. Holism, bukan analitis 3. Mencari tujuan (goal seeking) sehingga tercapai keseimbangan (equilibrium) 4. Input dan output 5. Transformasi 6. Hierarki (keseluruhan terdiri atas subsistem yang lebih kecil) 7. Diferensiasi (fungsi-fungsi sistemik yang terspesialiasi) 8. Equifinality (keadaan final dapat timbul karena kausa yang berbeda-beda)

6 Black Box Sistem dengan struktur intern (relasi antara elemen2 sistem) sama sekali tidak diperhatikan atau karena tidak dikenal InputOutput Bensin Pertamax vs Bensin Premium Gelar S1 vs S2 Upah Rendah vs Upah Tinggi Mobil Manusia Organisasi Bisnis Jarak yang Ditempuh, Kondisi Mesin Mobilitas kerja Tingkat Gaji Kualitas Kerja Absensi Karyawan

7 Closed and Open System Sistem Tertutup (Tidak memiliki hubungan (relasi) dengan lingkungan): input dideterminasi sekali saja Sistem Terbuka (Memiliki hubungan (relasi) dengan lingkungan): masuk input tambahan (additional) dari lingkungan yang mengililingi sistem yang bersangkutan

8 Pemikiran Linier dan Pemikiran Sistemik Pemikiran LinierPemikiran Sistemik a. Terdapat adanya sebuah problem b. Problem tersebut memiliki satu kausa tunggal c. Problem tersebut memerlukan sebuah pemecahan tunggal d. Problem tersebut dapat dievaluasi seluruhnya dipandang dari sudut dampaknya atas problem yang dihadapi e. Pemecahan tersebut akan menetap a. Terdapat sebuah problem tertentu b. Problem tersebut berakar dari sebuah situasi c. Problem tersebut memerlukan sebuah pemecahan d. Pemecahan akan menimbulkan dampak, terlepas dari dampak yang diintensi atas problem yang bersangkutan e. Berupaya untuk mengantisipasi dampak- dampak tersebut f. Pemecahan tersebut dapat dievaluasi dengan jalan mengidentifikasi dan menimbang bauran dampak yang diintensi dan dampak yang tidak diintensi g. Pemecahan yang ada, tidak akan menetap mengingat bahwa situasi yang dihadapi akan berubah

9 Kegunaan Konsep Sistem dalam Manajemen Proyek Siklus proyek adalah bagian dari siklus sistem (misal sistem produk) Pokok-pokok metodologi sistem mengarahkan pada tercapainya (suksesnya) tujuan sistem Analisis sistem, pola pengambilan keputusan Engineering sistem, proses mewujudkan gagasan menjadi sistem secara fisik Manajemen sistem, menekankan aspek koordinasi dan integrasi subsistem agar menjadi sistem terpadu

10 Pengelolaan Selama Siklus Proyek dan Siklus Sistem


Download ppt "SISTEM. Diskusi Sebuah divisi pengecatan pada perusahaan mainan anak mengalami kendala bahwa kecepatan konstan barang-barang yang harus dicat bergerak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google